DETAIL KOLEKSI


Pentingnya Kualitas Jasa Dalam Membangun Kepercayaan Dan Keputusan Membeli


Oleh : Farida Jasfar

Info Katalog

Pengarang Kedua :

Pengarang Ketiga :

Pengarang Keempat :

Pengarang Kelima :

Pengarang Keenam :

Penerbit : FEB - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2004

Halaman :

Subyek : Service industry - quality control

Kata Kunci : customer relations, trust; oucome quality; consumer judgement

Program Studi Pokok :


File Repositori
No. Nama File Ukuran Status
1. 2004_LP_MJ_Pentingnya-Kualitas-Jasa.pdf 7540.9 (KB)

P Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh kualitas jasa dalam membina kepercayaan dan keputusan membeli pelanggan pada pasar swalayan, toko serba ada dan hypermarket. Jumlah responden yang diteliti sebanyak 325 pelanggan yang tersebar pada 12 pasar ritel modern yang berlokasi di Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatoris dengan teknik sampling proposi, karena jumlah pelanggan pasar ritel modern sulit dikertahui secara pasti. Untuk analisis data digunakan paket program statistik LISREL 8.03 untuk perhitungan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas jasa yang terdiri dari kualitas interaksi, kualitas lingkungan fisik dan kualitas outcome saling berkorelasi positif dan signifikan. Pengaruh ketiga unsur kualitas jasa tersebut terhadap kepercayaan pelanggan hanya sebesar 30%. Bila faktor kepercayaan menjadi unsur pelengkap dalam kualitas jasa terhadap keputusan membeli pelanggan, maka pengaruhnya masih tidak terlalu besar, yaitu menjadi 33%. Untuk peneliti lain disarankan untuk menjaring responden yang lebih besar agar hasilnya lebih reliable. Didalam konstruk, disarankan menggunkan elemen bauran pemasaran konvesional lain seperti, harga, komunikasi pemasaran dan distribusi sebagai faktor yang mempengaruhi keputusan membeli. Demikian juga bagi manager ritel di Indonesia, perlu diketahui bahwa aplikasi konsep kualitas jasa belum optimal berlaku di bisnis ritel modern Indonesia. Selain dari pada itu, ternyata membina hubungan baik dengan pelanggan (company customer relationship) melalui kepercayaan (trust) maupun komitmen, belum merupakan suatu strategi yang ampuh saat ini dalam mempengaruhi keputusan membeli. Strategi harga maupun produk mungkin masih merupakan faktor dominan.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?