DETAIL KOLEKSI


Pengembangan Maintenance Scorecard Dalam Rangka Peningkatan Mutu Pelayanan Transportasi Massal


Oleh :

Info Katalog

Pengarang Kedua : Didien Suhardini

Pengarang Ketiga : Emelia Sari

Pengarang Keempat :

Pengarang Kelima :

Pengarang Keenam :

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2012

Halaman :

Subyek : Plan maintenance;Strategic planning

Kata Kunci : maintenance scorecard, mass transport, Indonesia trains, analytical hierarchy process, performance o

Program Studi Pokok :


File Repositori
No. Nama File Ukuran Status
1. 2012_LP_TI_Pengembangan-Maintenance-Scorecard_7.pdf 316.33 (KB)
2. 2012_LP_TI_Pengembangan-Maintenance-Scorecard_6.pdf 8215.92 (KB)
3. 2012_LP_TI_Pengembangan-Maintenance-Scorecard_5.pdf 1281.34 (KB)
4. 2012_LP_TI_Pengembangan-Maintenance-Scorecard_4.pdf 447.49 (KB)
5. 2012_LP_TI_Pengembangan-Maintenance-Scorecard_3.pdf 1850.32 (KB)
6. 2012_LP_TI_Pengembangan-Maintenance-Scorecard_2.pdf 461.68 (KB)
7. 2012_LP_TI_Pengembangan-Maintenance-Scorecard_1.pdf 1724.69 (KB)

L Lokomotif adalah merupakan salah satu sarana penunjang perkeretaapian, sesuai dengan PP no. 56/2009 tentang penyelenggaraan perkeretaapian. Dalam rangka mewujudkan amanat UU no. 23/2007 di atas, maka tingkat availability lokomotif kereta api harus maksimal dan life-cycle costing harus optimal. Kedua hal tersebut uapat dicapai jika tingkat kerusakan diminimalkan dan sistem perawalan lokomotif dijalankan sesuai rencana. Pada penelitian ini dirancang sebuah sistem pendukung keputusan yang dapat membantu dan mempermudah aktivitas penilaian dan pengukuran kinerja perawatan Lokomotif di PT.Kereta Api Indonesia (KAJ). Secara garis besar metode penelitian dibagi menjadi lima tahapan, yaitu (1) Penentuan Bobot KPI, (2) Penentuan Nilai target dan Skala Penilaian KPI, (3) Perancangan Sistem Pendukung Keputusan, (4) Evaluasi dan Evaluasi Hasil Rancangan. Penentuan bobot KPI, penentuan nilai target KPI dan skala KPI ditentukan melalui Focus Group Discussion (FGD) Model Base yang digunakan adalah model pengukuran kinerja maintenance Scorecard yang terdiri dari enam perpektif yaitu perpektif produktivitas,efektifitas biaya, pembelajaran, kualitas, keselamatan dan Lingkungan. Base Data yang uigunakan aualah Ky Performance Indicator (KPI) unluk seliap prespektif, bobot setiap KPI, data historis perawatan Jokomotif, dan lain sebagainya. Sistem pendukung keputusan yang dibangun menyediakan fungsi penyimpanan database sehingga dapat memudahkan pengguna sistem dalam mengevaluasi kinerja perawatan lokomotif. Hasil pengujian sistem menunjukan bahwa sistem telah berjalan sesuai dengan rancangan.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?