DETAIL KOLEKSI


Harga dan merek sebagai indikator dimensi kualitas untuk consumer durables


Oleh : Farida Jasfar

Info Katalog

Pengarang Kedua :

Pengarang Ketiga :

Pengarang Keempat :

Pengarang Kelima :

Pengarang Keenam :

Penerbit : FEB - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2002

Halaman :

Subyek : Quality of products;Consumer behaviour;Marketing

Kata Kunci : prices, trademarks, durable goods, quality of product, consumer durables, automobile, Japan products

Program Studi Pokok :


File Repositori
No. Nama File Ukuran Status
1. 2002_LP_MJ_Harga-dan-Merek_1.pdf 15106.22 (KB)
2. 2002_LP_MJ_Harga-dan-Merek_2.pdf 15104.76 (KB)
3. 2002_LP_MJ_Harga-dan-Merek_3.pdf 15318.35 (KB)
4. 2002_LP_MJ_Harga-dan-Merek_4.pdf 15112.41 (KB)
5. 2002_LP_MJ_Harga-dan-Merek_5.pdf 15160.18 (KB)
6. 2002_LP_MJ_Harga-dan-Merek_6.pdf 15111.1 (KB)

T Tujuan penelitian: 1). Untuk mengetahui apakah harga sebagai indikator yang dipilih oleh konsumen dalam menilai dimensi-dimensi kualitas. 2). Untuk mengetahui apakah merek sebagai indiklator yang dipilih oleh konsumen dalam menilai dimensi-dimensi kualityas. 3). Untuk mengetahui apakah merek lebih sering dipilih sebagai indikator atas dimensi kualitas dibandingkan dengan harga. 4). Untuk mengetahui preferensi konsumen, apakah konsumen kurang mencari informasi atribut produk yang lain, bila tersedia informasi mengenai harga dibandingkan bila tidak tersedia informasi harga. 5). Untuk mengetahui preferensi konsumen bila tersedia informasi mengenai merek, apakah konsumen kurang mencari informasi atribut produk yang lain, dibandingkan bila tidak tersedia informasi mengenai merek. 6). Untuk mengetahui preferensi konsumen atas harga dalam memprngaruhi penilaiannya atas berbagai atribut produk dari proses pencarian hingga tingkat mempercayainya. 7). Untuk mengetahui preferensi konsumen atas merek dalam mempengaruhi penilaiannya atas berbagai atribut produk dari proses pencarian hingga tingkat mempercayainya. Variabel harga dan merk berpengaruh terhadap penilaian atau preferensi konsumen dalam menentukan dimensi kualitas produk. Penelitian tentang beberapa variabel pemasaran ini dikaitkan dengan indikator dimensi kualitas barang tahan lama (durable) yang dalam hal ini berpijak pada penilaian konsumen atas 3 (tiga) jenis merk mobil produk Jepang. Pengujian dilakukan dengan menggunakan Uji rata-rata, MDS (Multi Dimensional Scaling) dan GLM (General Linear Model) untuk mengetahui apakah harga dan merek merupakan bagian dari indikator kualitas produk tahan lama (durable) selain daya tahan, kinerja, layanan, kemudahan. prestise, dan keragaman kualitas. Pengukuran untuk masing-masing dimensi pada tingkat indikator empiris menggunakan angka peringkat angka 1 sampai dengan 10 sesuai jumlah item dari indikator masing-masing dimensi jumlah kuestioner yang valid dalam pengujian ini sebanyak 956 unit dari respoden yaitu pemilik mobil yang berdomisili di kawasan Jabotabek. Dengan melakukan Uji rata-rata dan melalui prosedur pengujian Multi Dimensional Scaling (MDS) serta General Linear Model (GLM) ternyata harga dan merek menjadi dimensi kualitas kunci yang informasi mengenai kedua hal ini selalu dicari oleh konsumen sebelum mengambil keputusan pembelian. Selanjutnya keputusan pembelian diikuti persepsi konsumen terhadap dimensi-dimensi kualitas lainnya seperti keragaman, daya tahan, kinerja, kemudahan menggunakan produk, prestise dan layanan produk.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?