DETAIL KOLEKSI

Pelatihan menggambar untuk siswa siswi SD di Perumahan BSD Tangerang Selatan


Oleh : Ratih Candrastuti

Info Katalog

Kata Kunci : drawing, drawing art, artistic potential.

Subyek : Drawing;Art - Study and teaching

Penerbit : FSRD - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2016

Halaman : 25 p.


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 2016_PKM_FSRD_Pelatihan-Menggambar-Untuk_Halaman-Judul.pdf 464.01
2. 2016_PKM_FSRD_Pelatihan-Menggambar-Untuk_Bab-1_Pendahuluan.pdf 458.01
3. 2016_PKM_FSRD_Pelatihan-Menggambar-Untuk_Bab-2_Pelaksanaan-Hasil-Kegiatan.pdf 454.95
4. 2016_PKM_FSRD_Pelatihan-Menggambar-Untuk_Bab-3_Landasan-Teori.pdf 460.12
5. 2016_PKM_FSRD_Pelatihan-Menggambar-Untuk_Bab-4_Program-dan-Evaluasi-Kegiatan.pdf 449.92
6. 2016_PKM_FSRD_Pelatihan-Menggambar-Untuk_Bab-5_Kesimpulan,-Tindak-Lanjut-dan-Saran.pdf 453.57
7. 2016_PKM_FSRD_Pelatihan-Menggambar-Untuk_Daftar-Pustaka.pdf 447.04
8. 2016_PKM_FSRD_Pelatihan-Menggambar-Untuk_Lampiran.pdf 4138.31

P Pelaksanaan kegiatan PKM ini berlangsung pada bulan Januari 2016yang awalnya akan diadakan akhir tahun 2015, akan tetapi karena disebabkanwaktu yang singkat kegiatan ini diundur awal tahun 2016. Di program lanjutanini, para peserta PKM berbeda dari yang sebelumnya, karena target pesertaberasal dari anak-anak SD di wilayah perumahan BSD Tangerang Selatan,tepatnya putra/putri yang orang tuanya bekerja sebagai buruh dan pedagang.Kegiatan diadakan di rumah ketua pelaksana untuk memudahkan prosespelatihan gambar, sehingga diharapkan hasil yang didapat dari program inidapat bermanfaat bagi para peserta. Pada umumnya tujuan pelajaran seni ialah agar siswa memilikipengetahuan dasar akan kepekaan artistic (keindahan) dan kemampuanmeningkatkan gagasan/ide melalui kegiatan kreatif. Salah satunya adalahkegiatan menggambar. Dalam bukunya yang berjudul : Perkembangan Anakoleh Elizabeth Hurlock menyatakan bahwa menurut definisi Drevdahl,Kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk menghasilkan komposisi,produk atau gagasan apa saja yang pada dasarnya baru, dan sebelumnya tidakdikenal pembuatnya. Ia dapat berupa kegiatan imajinatif atau sintesispemikiran yang hasilnya bukan hanya perangkuman, tetapi dapat mencakuppembentukan pola baru dan gabungan informasi yang diperoleh daripengalaman sebelumnya dan pencangkokan hubungan lama ke situasi ataukorelasi baru. Ia harus mempunyai maksud atau tujuan yang ditentukan, bukanfantasi semata, walaupun merupakan hasil yang sempurna dan lengkap.Mungkin dapat berbentuk produk seni, kesusasteraan, produk ilmiah, atauyang bersifat procedural atau metodologis.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?