DETAIL KOLEKSI

Analisis Pengaruh Hubungan Pelanggan, Komitmen, Sumberdaya, Dan Kontrak Terhadap Penghematan Biaya Melalui Logistic Terbalik Pada Industry Ritel Di Jakarta Timur


Oleh : Achmad Jaliludin Azis

Info Katalog

Penerbit : FEB - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2011

Pembimbing 1 : Wahyuningsih

Subyek : Retail Trade

Kata Kunci : customer orientation, customer opportunism, resource commitments, contractual arrangement, reverse l


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 2011_TA_MJ_022070374_7.PDF.pdf 2190.66
2. 2011_TA_MJ_022070374_6.PDF.pdf 287.64
3. 2011_TA_MJ_022070374_5.PDF.pdf 647.54
4. 2011_TA_MJ_022070374_4.PDF.pdf 380.06
5. 2011_TA_MJ_022070374_3.PDF.pdf 474.21
6. 2011_TA_MJ_022070374_2.PDF.pdf 312.55
7. 2011_TA_MJ_022070374_1.PDF.pdf 448.8

P Produk yang rusak (cacat) dapat menciptakan resiko berupa peningkatan biaya yang ditanggung oleh industri ritel dalam melaksanakan bisnisnya, hal ini tidak sebanding dengan keuntungan yang diperoleh yang dapat mempengaruhi kelangsungan hidup industri ritel. Oleh karena itu, industri ritel akan meninjau dan melakukan logistik terbalik sebagai upaya untuk meminimalkan ataupun menghilangkan peningkatan biaya yang diakibatkan oleh produk msak (cacat) tersebut. Logistik terbalik dapat menggambarkan selumh aktivitas yang berkaitan dengan pengembalian produk kepada pemasok untuk diambil manfaatnya dan diberikan nilai. Penulisan skripsi ini betiujuan untuk menganalisis pengamh antara hubungan pelanggan, komitmen sumberdaya, dan kontrak terhadap penghematan biaya melalui logistik terbalik pada industri ritel yang terletak di Jakarta Timur. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengujian hipotesis. Alat analisis yang digunakan dalam menguji hipotesis ialah Structural Equation Modelling (SEM) dan menggunakan program SPSS. Adapun tahapan dalam menganalisis data yaitu statistik deskriptif, uji reliabilitas, uji validitas, uji normalitas, uji tingkat kesesuaian model, dan uji hipotesis. Data diperoleh dengan melakukan penyebaran kuesioner kepada 147 responden pada 49 unit supermarket di Jakarta Timur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengamh antara orientasi konsumen sebagai dimensi dari hubungan pelanggan terhadap logistik terbalik karena konsumen mempakan tujuan utama pemsahaan. Berdasarkan hasil analisis dalam penelitian ini mengindikasikan bahwa sikap opportunistik yang mempakan dimensi dari hubungan pelanggan memiliki pengamh terhadap logistik terbalik. Hasil pengujian dalam penelitian ini juga menemukan bukti bahwa komitmen sumberdaya dan kontrak berpengamh terhadap logistik terbalik. Berdasarkan hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa logistik terbalik juga memiliki pengamh terhadap penghematan biaya karena industri ritel dapat melakukan pengembalian produk agar dapat meminimalkan ataupun menghilangkan penambahan biaya pada perusahaan ritel yang disebabkan oleh produk rusak tersebut.

D Defective product could create the risk of increasing of the retail company's costs while conducting its business. This case is not comparable with profit gained that might effect to the viability of retail industry. Therefore, retail industry will observe and implement the reverse logistic as attempt to minimize or even eliminate the increasing of retail's costs that caused by defective product. Reverse logistic could illustrate whole the activity that related with returning product to its suppliers for taken the advantage and given the value. The purpose of this thesis is to analyze the influence of customer relationship, resource commitment, and contractual toward costs saving through of reverse logistic in the retail industry at East Jakarta. The research method that used in this research is hypothesis testing. Analysis tool that used in hypothesis test is Structural Equation Modeling (SEM) and using SPSS programs. As regard to phase in analysis data is descriptive statistic, reliabilitiy test, validity test, normality test, goodness of fit, and hypothesis test. Data were obtained with distributing questionnaire to 147 respondents in 49 units of supermarket at the East Jakarta. The results of this research show that there is an influence between customer orientation as a dimension of customer relationship to reverse logistic because customer is main purpose of the company. Based on the analysis results in this research indicated that customer opportunism which as dimension of customer relationship have an influence to reverse logistic. The test results in this research also found evidence that resource commitment and contractual have an influence to reverse logistic. Based on results in this research also referring that reverse logistic have an influence to costs saving because retail industry might returning product to minimize or even eliminate of increasing of the retail company's costs that caused by defective product.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?