DETAIL KOLEKSI

Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkatan Pemahaman Akuntansi Dimoderasi Oleh Kepercayaan Diri


Oleh : Rico Perkasa Putra

Info Katalog

Penerbit : FEB - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2011

Pembimbing 1 : Deliza Henny I

Subyek : Perception;thought and thingking;intelect;psychology - accounting

Kata Kunci : emotional intelligence, self knowledge, self control, motivation, empathy, social skill, self confid


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 2011_TA_AK_023070444_7.pdf 4735.79
2. 2011_TA_AK_023070444_6.pdf 3697.86
3. 2011_TA_AK_023070444_5.pdf 3873.66
4. 2011_TA_AK_023070444_4.pdf 3680.82
5. 2011_TA_AK_023070444_3.pdf 3814.83
6. 2011_TA_AK_023070444_2.pdf 3710.22
7. 2011_TA_AK_023070444_1.pdf 3870.31

T Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kecerdasan emosional yang terbagi dalam lima dimensi (pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati dan keterampilan sosial) terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti, Jakarta. Penelitian ini juga menguji pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi yang dimoderasi oleh kepercayaan diri yang kuat. Penelitian ini adalah penelitian empiris yang menggunakan teknik purpose sampling dalam pengambilan sampel. Kriteria sampel adalah mahasiswa program studi akuntansi yang telah menempuh 120 SKS. Peneliti mengambil sampel dengan menyebar 300 lembar kuesioner kepada mahasiswa jurusan akuntansi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan sosial berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi, sedangkan pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi dan empati tidak berpengaruh terhadap signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi; ada pengaruh signifikan kepercayaan diri yang kuat sebagai variabel moderating terhadap hubungan penegndalian diri dan empati terhadap tingkat pemahan akuntansi. Sedangkan kepercayaan diri yang kuat tidak berpengaruh signifikan sebagai variabel moderating terhadap hubungan pengedalian diri, motivasi dan keterampilan sosial terhadap pemahaman akuntansi.

T The purpose of this study was to examine the influence of emotional intelligence are divided into five dimensions (self-knowledge, self-control, motivation, empathy and social skills) to the level of understanding of accounting students of the Faculty of Economics of Accounting Studies, Trisakti University, Jakarta. The study also examined the influence of emotional intelligence on the level of understanding of accounting which is moderated by a strong self-confidence. This study is an empirical study that uses a technique of sampling in the sampling purpose. Sample criteria is student of accounting has taken 120 credits. Researchers took samples by spreading 300 questionnaires to students majoring in accounting. The results showed that social skills significantly influence the level of understanding of accounting, while the introduction of self, self-control, motivation and empathy no significant effect on the level of understanding of accounting, there is a significant effect of strong self-confidence as a moderating variable on the relationship penegndalian and empathy towards the level pemahan accounting. While the strong confidence as no significant moderating variable on the relationship Pengedalian self, motivation and social skills to the understanding of accounting.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?