DETAIL KOLEKSI


Hubungan Potensi Penghematan Pemakaian Jalan Dengan Total Biaya Pemeliharaan Jalan


Oleh : Setiawan Sentosa

Info Katalog

Nomor Panggil :

Subyek : Roads - Maintenance And Repair

Penerbit : FTSP - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2013

Pembimbing 1 : Bambang Endro Yuwono

Pembimbing 2 : Dewi Rintawati

Kata Kunci : potential savings, efficient use of road, total cost of maintenance, road maintenance


File Repositori
No. Nama File Ukuran Status
1. 2013_TA_SP_05108043_1.pdf 1086.79 (KB)
2. 2013_TA_SP_05108043_2.pdf 880.49 (KB)
3. 2013_TA_SP_05108043_3.pdf 852.09 (KB)
4. 2013_TA_SP_05108043_4.pdf 1141.67 (KB)
5. 2013_TA_SP_05108043_5.pdf 1057.91 (KB)
6. 2013_TA_SP_05108043_6.pdf 483.24 (KB)
7. 2013_TA_SP_05108043_8.pdf 1965.3 (KB)

T Tugas akhir ini ditulis untuk mendapatkan grafik-grafik hubungan antara potensi penghematan pemakai jalan dengan total biaya pemeliharaan jalan, sehingga dapat diketahui pada besar kerusakan jalan seperti apa didapat potensi penghematan yang sama dengan biaya pemeliharaan jalan. Penelitian ini menggunakan metode trade-off terhadap faktor biaya, waktu, dan kerusakan jalan. Agar data-data yang ada dapat dijadikan acuan yang baik pada trade-off maka perlu mengklasifikasikan kondisi permukaan jalan, menetapkan jenis pemeliharaan jalan, analisa biaya pemeliharaan jalan, analisa potensi penghematan biaya pemakai jalan. Dari hasil analisa volume pekerjaan pemeliharaan jalan dan dengan membandingan biaya operasional pengguna jalan pada saat kondisi normal dengan biaya operasional pengguna jalan pada saat pemeliharaan jalan, dapat dibuat grafik hubungan Potensi Penghematan Pemakaian Jalan dengan Total Biaya Pemeliharaan Jalan. Grafik tersebut menunjukan bahwa titik perpotongan antara grafik potensi penghematan dengan grafik biaya pemeliharaan adalah saat yang tepat untuk melaksanakan pemeliharana jalan karena tidak terlalu cepat sehingga tidak menimbulkan kerugian biaya pemeliharaan, serta tidak terlambat sehingga tidak menimbulkan kerugian pada pemakai jalan.

T This thesis was written to get the graphs the relationship between potential savings in total cost of road users with road maintenance, so much damage can be seen on the street as to what the potential obtained savings equal to the cost of road maintenance. This study uses trade off method againts costs, time, and road damages. In order for the data to be a good reference on the trade if, we need to classify the road condition, sets out road maintenance, road maintenance cost analysis, analysis of road users potential cost savings. From the result of maintenance work volume and by comparing the operational cost at normal condition whith the operational cost at maintenance work condition, graph showing the relationship between Potential savings of road users and maintenance work cost can be made. The graph shows that the point of intersection between the potential savings graph with the maintenance cost graph is the right time to do the road maintenance work because not to to early that will cause losses in maintenance cost and not to late to cause losses on road users, in that way the maintenance work cost are being covered by the potential savings of road users.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?