DETAIL KOLEKSI

Hubungan Penggunaan Internet Dan Motivasi Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas Xii


Oleh : Linda Setyowati

Info Katalog

Nomor Panggil : 370.152 3 Set h

Penerbit : FK - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2015

Pembimbing 1 : Hans Utama Sutanto

Subyek : Motivation (psychology);Learning

Kata Kunci : Internet usage, motivation, learning achievement, Internet use, motivation to learn.


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 2015_TA_KD_03011168_Halaman-judul.pdf 1283.64
2. 2015_TA_KD_03011168_Bab-1-Pedahuluan.pdf 656.96
3. 2015_TA_KD_03011168_Bab-2-Tinjauan-literatur.pdf 981.57
4. 2015_TA_KD_03011168_Bab-3-Kerangka-konsep.pdf 796.73
5. 2015_TA_KD_03011168_Bab-4-Metode.pdf 790.59
6. 2015_TA_KD_03011168_Bab-5-Hasil.pdf 646
7. 2015_TA_KD_03011168_Bab-6-Pembahasan.pdf 646.88
8. 2015_TA_KD_03011168_Bab-7-Kesimpulan.pdf 650.1
9. 2015_TA_KD_03011168_Daftar-pustaka.pdf 925.66
10. 2015_TA_KD_03011168_Lampiran.pdf 1665.02

L Latar belakang:Prestasi belajar merupakan tingkat kemanusiaan yang dimiliki siswa dalammenerima, menolak, dan menilai informasi-informasi yang diperoleh dalamproses belajar mengajar dan dinyatakan dalam bentuk nilai atau rapor. Prestasibelajar siswa dapat dilihat dari rapor dan tingkat kelulusan Ujian Nasional (UN).Tingkat kelulusan UN jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah(MA) tahun 2014 mencapai 99,52%. Persentase ini turun 0,01% dibandingkantahun sebelumnya. Prevalensi prestasi belajar sendiri di Indonesia memiliki angka yang cukup besar, yakni 18,79%. Penurunan ini berkaitan dengan prestasi belajar siswa yang dipengaruhi oleh beberapa faktor termasuk di dalamnya penggunaan internet dan motivasi belajar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan internet dan motivasi dengan prestasi belajar. Jika terdapat hubungan antara penggunaan Internet dan prestasi belajar, maka Internet dapatdijadikan salah satu faktor yang berperan dalam peningkatan prestasi belajar, namun di sisi lain Internet merupakan media hiburan, sehingga siswa harus bijak dalam menggunakannya, agar prestasi belajar siswa tidak turun karena penggunaan Internetnya.Metode:Penelitian ini merupakan peneilitian analitik observasional dengan desain potongsilang.Responden pada penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Bosowa BinaInsani Bogor Tahun Ajaran 2014-2015 sebanyak 87 siswa. Analisis datamenggunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji fisher.Hasil:Responden yang tingkat prestasi belajarnya baik dominan pada penggunaaninternet normal, yaitu sebanyak 58 (66,7%) dengan nilai p sebesar 1,00. Motivasibelajar, responden yang tingkat prestasi belajarnya baik dominan pada siswa yangmotivasi belajarnya rendah, yaitu sebanyak 54 (62,1%) dengan nilai p 0,536.Simpulan:Tidak terdapat hubungan antara penggunaan internet dengan prestasi belajar dan motivasi dengan prestasi belajar.

B Background:Academic achievement is a human level of students in accepting, refusing, andevaluating all of the information that they obtained in the learning process and it isstated as a score or report cards. Student’s academic ahievement can be seen fromreport cards and National Examination passing rate. The National Examinationpassing rate for Senior High School (SHS)/Madrasah Aliyah (MA) on 2014 was99,52%. This percentage decreased 0,01% compared to the previous year. Theprevalence of academic achievement itself in Indonesia is 18,79%. This situationwas associated with student’s academic achievement that influenced by severalfactors where Internet use and motivation to learn included. The purpose of thisresearch is to determine the relation between Internet use and motivation withacademic achievement. . If there is a connection between Internet use andacademic achievement, then we can use the Internet as one of the contribuingfactors in improving sudents academic achievement. In the other hand, theinternet is also an entertainment media, so students should be wise in using it toavoid a decrease in academic achievement.Methods:The study design was an observational analytic methods using cross sectionalapproach. This study involved 87 students in grade XII at Bosowa Bina InsaniSenior High School class of 2014-2015. Data analysis was performed usingunivariate and bivariate analysis with fisher test.Result:Respondents who had a good academic achievement are dominant in they whohad a normal Internet usage, 58 (66,7%) with p value 1,00. A motivation to learn,respondents who had a good academic achievement dominant in they who had alow motivation to learn, 54 (62,1%) with p value 0,536.Conclusion:The Internet usage and motivation to learn were not related to academicachievement.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?