DETAIL KOLEKSI

Hubungan Antara Tipe Attention Deficit Hyperactivity Disorder Dengan Tingkat Kecerdasan Anak


Oleh : Dian Trisna Pratiwi

Info Katalog

Nomor Panggil : 616.858 9 Pra h

Penerbit : FK - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2015

Pembimbing 1 : Ronny Yoesyanto Pragono

Subyek : Attention deficit disorder with hyperactivity

Kata Kunci : attention deficit / hyperactivity disorder (ADHD), attention deficit disorder and hyperactivity (GP)


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 2015_TA_KD_03011077_Halaman-judul.pdf 3501.56
2. 2015_TA_KD_03011077_Bab-1-Pendahuluan.pdf 669.74
3. 2015_TA_KD_03011077_Bab-2-Tinjauan-literatur.pdf 1079.13
4. 2015_TA_KD_03011077_Bab-3-Kerangka-konsep.pdf 688.83
5. 2015_TA_KD_03011077_Bab-4-Metode.pdf 767.84
6. 2015_TA_KD_03011077_Bab-5-Hasil.pdf 723.73
7. 2015_TA_KD_03011077_Bab-6-Pembahasan.pdf 655.33
8. 2015_TA_KD_03011077_Bab-7-Kesimpulan.pdf 646.76
9. 2015_TA_KD_03011077_Daftar-pustaka.pdf 724.81
10. 2015_TA_KD_03011077_Lampiran.pdf 1096.25

S Salah satu gangguan yang menghambat proses belajar anak adalah gangguan pemusatan perhatian yang di dunia medis disebut dengan Attention Deficit/Hyperactivity Disorder (ADHD) atau Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas (GPPH). Stigma yang beredar di masyarakat adalah bahwa penderita ADHD sama dengan penderita autisme serta memiliki tingkat kecerdasan yang rendah. Menurut penelitian yang sudah pernah dilakukan, justru banyak ditemukan anak-anak yang menderita ADHD dengan tingkat kecerdasan yang tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan tingkat kecerdasan rata-rata pada penderita ADHD dengan berbagai tipe, dibandingkan dengan tingkat kecerdasan rata-rata anak normal. Jenis penelitian yang akan digunakan adalah analitik observasional dengan desain penelitian cross-sectional (potong silang), yaitu mencari hubungan dari variabel bebas yaitu tipe ADHD dengan variabel tergantung yaitu tingkat kecerdasan anak pada satu waktu tertentu. Penelitian ini dilakukan di ADHD Center – Concentration First yang berlokasi di Ruko Diamond blok DMD 3 no. 58-59 Gading Serpong, Tangerang. Penelitian ini mulai dilakukan pada September 2014 sampai Januari 2015. Analisa data menggunakan uji analisi melalui SPSS dan juga Microsoft Excel 2014.HASIL1. Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara tipe ADHD dengan tingkat kecerdasan anak, p = 0,545 (p > 0,05).2. Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara usia anak dengan tingkat kecerdasan anak, p = 0,407 (p > 0,05).3. Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara jenis kelamin dengan tingkat kecerdasan p = 0,238 (p > 0,05).Selain itu juga dapat disimpulkan bahwa hasil tingkat kecerdasan anak dengan ADHD dalam berbagai tipe mengikuti distribusi normal (normal distribution).Stigma yang mengatakan bahwa anak penderita ADHD memiliki tingkat kecerdasan yang lebih rendah merupakan asumsi yang salah. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa tidak ada hubungan antara tipe ADHD terhadap tingkat kecerdasan anak serta tidak ada hubungan dengan usia dan jenis kelamin.

O One of the disorders that hinder a child's learning process is a disorder of attention in the medical world called Attention Deficit / Hyperactivity Disorder (ADHD) or Attention and Hyperactivity Concentration (ADHD). Stigma circulating in the community is that people with ADHD are the same as people with autism and have a low level of intelligence. According to research that has already been done, it is found that many children who suffer from ADHD with a high level of intelligence. The purpose of this study was to determine differences in the average intelligence level in patients with ADHD with various types, compared with the average intelligence level of normal children. The type of research that will be used is observational analytic with cross-sectional research design, which is to find the relationship of the independent variable, namely the type of ADHD with dependent variables, namely the level of intelligence of the child at a given time. This research was conducted at the ADHD Center - Concentration First, located in Ruko Diamond blok DMD 3 no. 58-59 Gading Serpong, Tangerang. This research began in September 2014 until January 2015. Analysis of the data using analytical tests through SPSS and also Microsoft Excel 2014. HASIL1. There is no significant relationship between the type of ADHD and the level of intelligence of children, p = 0.545 (p> 0.05) .2. There is no significant relationship between the age of the child and the level of intelligence of the child, p = 0.407 (p> 0.05) .3. There is no significant relationship between sex with intelligence level p = 0.238 (p> 0.05). In addition, it can also be concluded that the results of the level of intelligence of children with ADHD in various types follow the normal (normal distribution) distribution. Stigma which says that children ADHD sufferers who have a lower level of intelligence is a wrong assumption. The results of this study state that there is no relationship between the type of ADHD to the level of intelligence of children and there is no relationship with age and sex.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?