DETAIL KOLEKSI

Identifikasi Faktor-faktor Pengadaan Material Yang Mempengaruhi Keterlambatan Pelaksanaan Konstruksi Gedung Di Dki Jakarta


Oleh : Jerry Sapan Samperante

Info Katalog

Nomor Panggil : 333

Penerbit : FTSP - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2015

Pembimbing 1 : Jan Agustina

Pembimbing 2 : Julia Damayanti

Subyek : Delay project;Procurement;Purchasing

Kata Kunci : procurement, purchasing, transportation, warehousing


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 2015_TA_TS_05108028_Halaman-Judul.pdf 3316.72
2. 2015_TA_TS_05108028_Bab-1.pdf 996.39
3. 2015_TA_TS_05108028_Bab-2.pdf 1854.14
4. 2015_TA_TS_05108028_Bab-3.pdf 2459.92
5. 2015_TA_TS_05108028_Bab-4.pdf 3181.39
6. 2015_TA_TS_05108028_Bab-5.pdf 718.15
7. 2015_TA_TS_05108028_Daftar-Pustaka.pdf 661.85

P Pada pelaksanaan proyek konstruksi selalu di hadapkan dengan banyak kendala,baik kendala yang sudah diperhitungkan, maupun yang diluar perhitunganperencana. Kendala tersebut dapat menjadi penyebab terhambatnya suatupekerjaan proyek, sehingga waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyekakan melebihi waktu yang di tentukan dalam dokumen kontrak pekerjaan, dengankata lain bahwa waktu penyelesaian proyek menjadi terlambat, salah satupenyebab keterlambatan proyek adalah material konstruksi. Seperti yang kitaketahui, bahwa proyek dapat dikatakan berjalan dengan baik jika proyek tersebutmemenuhi triple constraint yang ada, yaitu biaya, mutu dan waktu. Tripleconstraint tersebut saling memengaruhi satu sama lain. Apa jadinya jika salah satukinerja didalam triple constraint tersebut terhambat. Masalah keterlambatanpengadaan material jika dianakpanahkan akan berujung pada penguluran waktudan biaya. Tujuan penelitian mengidentifikasi faktor – faktor pengadaan materialapa yang menyebabkan keterlambatan pelaksanaan proyek konstruksi bangunan diDKI Jakarta. Dengan menyebarkan kuisioner kepada pelaksana pekerjaankonstruksi bangunan, analisa data dilalukan dengan metode SPSS. Dari hasilpengolahan data didapat, untuk faktor Pergudangan yang mempengaruhiketerlambatan pelaksanaan konstruksi gedung dalam pengadaan material tersebutadalah ukuran gudang untuk material, daftar persediaan kerusakan dan kehilanganmaterial, untuk faktor Transportasi yaitu Mengatur rute pengiriman,Keseimbangan dan ketidak seimbangan pengangkutan dipasar, untuk faktorPembelian yaitu alokasi kebutuhan material proyek, sistem pergudangan. Dapatdikatakan dalam penelitian ini faktor yang paling dominan terhadap keterlambatanpelaksanaan proyek adalah Pergudangan dengan presentase sebesar 40,0%,kemudian Pembelian 30,1%, setelah itu Transportasi 30,0%.

O On the implementation of construction projects always are faced with manyobstacles, both the constraints that have been taken into account, as well as thosebeyond calculation planner. These constraints may be the cause of delays a projectwork, so that the time required to complete the project will exceed the timespecified in the contract documents the work, in other words that the timing ofcompletion of the project to be late, one of the causes of delays in the project isconstruction material. As we know, that the project can be said to run well if theproject meets the triple constraint that exist, namely the cost, quality and time.The triple constraint mutually affect each other. What would happen if one of theperformance in the triple constraint is impeded. Delays in procurement of materialproblems if dianakpanahkan will lead to stretching of time and cost. The aim ofresearch to identify factors - factors material procurement what caused the delaythe implementation of building construction projects in Jakarta. By distributingquestionnaires to executing building construction work, analysis of the data ispassed to the method of SPSS. From processing the data obtained, forWarehousing factors affecting the delay of the construction of buildings in theprocurement of these materials is the size of a warehouse for materials, inventorylist of damage and material loss, for the transportation factor is Set delivery route,balance and imbalance transport market, to factors Purchases namely theallocation of project material requirements, warehousing system. It can be said inthis study the most dominant factor of the delay in the implementation of theproject was Warehousing with a percentage of 40.0%, then 30.1% Purchase, thenTransport 30.0%.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?