DETAIL KOLEKSI


Pengaruh Pendidikan Kesehatan Gigi Dengan Metoda Demonstrasi Terhadap Pengetahuan Pemeliharaan Kesehatan Gigi Dan Mulut (laporan Penelitian)


Oleh : Afira Andjani

Info Katalog

Nomor Panggil : 658 And p

Penerbit : FKG - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2014

Pembimbing 1 : Prof. Dr. drg. Tri Erri Astoeti, M.Kes.

Subyek : Manajemen

Kata Kunci : DHE, Method of Demonstration, Knowledge


File Repositori
No. Nama File Ukuran Status
1. 2014_TA_KG_04010004_Halaman-Judul.pdf 1403.64 (KB)
2. 2014_TA_KG_04010004_Bab-1.pdf 94.02 (KB)
3. 2014_TA_KG_04010004_Bab-2.pdf 188.27 (KB)
4. 2014_TA_KG_04010004_Bab-3.pdf 93.62 (KB)
5. 2014_TA_KG_04010004_Bab-4.pdf 91.28 (KB)
6. 2014_TA_KG_04010004_Bab-5.pdf 302.9 (KB)
7. 2014_TA_KG_04010004_Bab-6.pdf 142.17 (KB)
8. 2014_TA_KG_04010004_Bab-7.pdf 76.89 (KB)
9. 2014_TA_KG_04010004_Daftar-Pustaka.pdf 1672.49 (KB)
10. 2014_TA_KG_04010004_Lampiran.pdf 649.72 (KB)

H Hasil penelitian yang diperoleh oleh Riskesdas, 2007 menunjukkan bahwa prevalensi masalah kesehatan gigi dan mulut pada kelompok umur 6-12 tahun mencapai 69% dan yang menerima perawatan hanya 27,4%. Pengetahuan kesehatan gigi dan mulut sebaiknya diberikan sejak usia dini, agar mereka mengerti akan pentingnya menjaga kesehatan dan akan menjadi kebiasaan yang dapat mempengaruhi keadaan kesehatan gigi dan mulutnya. Anak usia sekolah dasar perlu diberikan pendidikan kesehatan gigi (PKG). PKG dapat dilakukan dengan berbagai metoda, metoda yang paling efektif adalah metoda demonstrasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan gigi dengan metoda demonstrasi terhadap sikap murid sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan pre and post test design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah murid kelas V SD Bakti Mulya 400 Jakarta dengan jumlah 51 murid. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dimana murid mengisi kuesioner sebelum dan sesudah menerima PKG. Analisis data yang digunakan untuk menganalisis hasil penelitian adalah uji beda (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan bermakna terhadap pengetahuan murid sebelum dan sesudah dilakukan PKG dengan hasil nilai p sebesar 0,0000000042 (4,2x10-8) (p<0,05). Rata-rata nilai pengetahuan murid mengalami peningkatan 3,363 poin yaitu dari 34,60 menjadi 38,23. Dengan demikian, penyampaian PKG dengan menggunakan metoda demonstrasi memberikan peningkatan yang siginifikan terhadap pengetahuan murid.

T The results obtained by Riskesdas, 2007 showed that the prevalence of oral health problems in the age group of 6-12 years reach 69% and only 27.4% of them received treatment. Oral health knowledge should be given at an early age, so that they understand the importance of maintaining health and become a habit that can determine the state of health of the teeth and mouth. Primary school age children needs to be given dental health education (DHE). DHE can be done by various methods, the most effective one is the method of demonstration. The purpose of this study was to determine the effect of dental health education with a demonstration method on the attitudes of elementary school students. This research is an experimental study with pre and post test design. The population used in this study were 51 pupils of the fifth grade elementary school students in Bakti Mulya 400, Jakarta. Data collection techniques used in this study was a questionnaire in which students fill out a questionnaire before and after receiving PKG. Analysis of the data that used to analyse the results of the study was different test (t-test). The results showed that there were significant differences in the knowledge of students before and after receiving PKG with p value of .0000000042 (4.2 x10-8) (p <0.05). The average value of student’s knowledge increased 3.363 points, that is from 34.60 into 38.23. Thus, the delivery of PKG using demonstration method gave a significant improvement to student’s knowledge.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?