DETAIL KOLEKSI


Evaluasi Biaya Garansi Produk Transformator Di Pt.faco Global Engineering


Oleh : Pieter Kurnia

Info Katalog

Nomor Panggil :

Subyek : Quality control;Project management;Management operations;Cost benefit analysis;Economic analysis;Project evaluation.

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2013

Pembimbing 1 : Dr.Dedy Sugiarto,S.Si,MM

Pembimbing 2 :

Kata Kunci : perbaikan, kualitas, quality control, evaluasi, industrial, cost benefit, economic project.


File Repositori
No. Nama File Ukuran Status
1. 2013_TA_TI_06309054_1.pdf 2565.06 (KB)
2. 2013_TA_TI_06309054_2.pdf 1187.18 (KB)
3. 2013_TA_TI_06309054_3.pdf 2663.81 (KB)
4. 2013_TA_TI_06309054_11.pdf 903.52 (KB)

P Pada umumnya, setiap produk yang memiliki ketahanan yang kuat akan dijual dengan jaminan atau garansi. Garansi adalah suatu perjanjian dengan konsumen dan perusahaan dimana perusahaan harus memberikan kompesasi jika produk tersebut gagal di tangan kosumen. Dengan kondisi kebijakan garansi ini, perusahaan dapat mengambil keuntungan dengan menawarkan produk bergaransi sebagai promosi yang tentu meningkatkan ketertarikan dan kepercayaan pelanggan. Namun, biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk garansi terkadang melebihi budget dan mengurangi profit perusahaan. PT FACO GLOBAL ENGINEERING merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang _fabrikasi yang memproduksi transformator memiliki garansi kepada konsumen. Tetapi, terjadi biaya garansi yang sangat besar karena komplain oleh konsumen. Berdasarkan data historis selama 2 tahun, sebanyak 20 persen penjualan di komplain oleh konsumen dengan nilai rata-rata biaya garansi yang dikeluarkan perusahaan adalah Rp. 3.153.333. tiap klaim. Sedangkan secara teoritis biaya yang harus dikeluarkan adalah Rp. 2.091.436. terjadi selisih yang cukup besar. Oleh sebab itu, dilakukan analisa biaya garansi pada produk transformator. Analisa dan usulan dilakukan dengan menggunakan .failure mode and effect analysis (EMEA) untuk mencari akar masalah klaim garansi dan menentukan prioritas penanganan yang sesuai. Tiga penyebab utama adalah klaim karena ketebalan cat tidak sesuai, klaim part/ aksesoris transformator tidak sesuai, dan benturan saat proses pengiriman.

T The products that have good durability, generally, will be sell in warranty. Warranty is the agreements between the costumer and the Firm while the firm must give compassion if the product fails oversell. The firm will take advantage of warranty as a promotion meanwhile the costumer will be given compassion if the product fails. However, the firm might give additional cost because of the warranty's compassion. The cost may be over budget for the firm. If the firm don't meet up the expectation of the costumer about the compassion, the firm will be lost their costumers PT FACO GLOBAL ENGINEERING is company which fabricate transformer's product. The transformator is sold with a warranty policy. However, there are number of claims that PT FACO GLOBAL ENGINEERING loses theirs profits. According to the historical data for 2 years, there is 20% claims from the consuments. PT FACO GLOBAL ENGINEERING must give compassion because of the warranty claim ,on avarage, Rp 3.153.333 but, theorically,the warranty cost must be Rp 2.091.436. The purpose of this research is looking the root causes from the warranty claim using failure mode and effect analysis (FMEA). There are three root causes may be occured. There are warranty claim on thickness of the layer in painting proses, pan/ accesoris is missing and damage because of the delivering proses

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?