DETAIL KOLEKSI

Perencanaan Suatu Kawasan Berbasis Transit Oriented Development (tod)

3.0


Oleh : Nismalia Fitriyani

Info Katalog

Penerbit : FTSP - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2016

Pembimbing 1 : F. Trisbiantara

Subyek : Traffic;Transit oriented;Public transportation

Kata Kunci : TRAFFIC; TRANSIT ORIENTED, PUBLIC TRANSPORTATION


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 05111030_Halaman-Judul.pdf 1597.5
2. 05111030_BAB-I.pdf 344.4
3. 05111030_BAB-II.pdf 931.97
4. 05111030_BAB-III.pdf 462.9
5. 05111030_BAB-IV.pdf 1605.02
6. 05111030_BAB-V.pdf 238.64
7. 05111030_Daftar-Pustaka.pdf 354.3

M Meningkatnya kebutuhan dan mobilitas terhadap kendaraan pribadi menyebabkankemacetan lalu lintas. Angkutan umum massal dengan ketepatan waktu tempuhdan kapasitas yang lebih banyak dibandingkan dengan kendaraan pribadi dapatmengurangi kemacetan.Merencanakan sebuah kawasan transit oriented development dengan akomodasi utama adalah angkutan umum massal dapat mengatasi masalah kemacetan. Kegiatan mobilitas dapat dipersingkat dengan adanya angkutan umum massal dan memperbanyak jenis kegiatan di titik transit. Perencanaan TOD dianalisis beberapa level. Perencanaan TOD pada level makro menganalisis kawasan segi kota dengan merencanakan sesuai tata transportasi. Perencanaan TOD pada level meso menganalisis segi koridor agar masing-masing TOD saling berpengaruh. Perencanaan level mikro merencanakan pada titik kawasan TOD tersebut.Perencanaan TOD akan berhasil apabila dapat melihat kebutuhan pasar dan keadaan lingkungan yang akan dibuat TOD. Kawasan TOD memeliki radius 400-800 M sesuai kapasitas orang berjalan kaki 10-15 menit. Pemilihan kawasan TOD harus berpotensi memiliki nilai ekonomi tinggi dan terintegrasi angkutan umum massal. Jenis bangunan yang berada dikawasan TOD (demand) harus sebanding dengan kapasitas angkutan umum massal, apabila tidakmaka masyarakat akan kembali menggunakan kendaraan pribadi untuk mobilitasnya

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?