DETAIL KOLEKSI

Desain Interior Taman Kanak-kanak Katolik Tarakanita Di Kelapa Gading Jakarta Utara


Oleh : Deasy Yulianti

Info Katalog

Nomor Panggil : 0008/DI/2014

Penerbit : FSRD - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2014

Pembimbing 1 : Asih Retno D

Pembimbing 2 : AzisTirtaatmadja,

Subyek : Kindergarten facilities - Designs and plans;Kindergarten facilities - Decoration

Kata Kunci : interior design, kindergarten Catholic, Tarakanita


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. TA_DI_09108003_halaman-judul.pdf 123.15
2. TA_DI_09108003_bab-1.pdf 38.28
3. TA_DI_09108003_bab-2.pdf 1235.75
4. TA_DI_09108003_bab-3.pdf 15643.11
5. TA_DI_09108003_bab-4.pdf 54.28
6. TA_DI_09108003_bab-5.pdf 26.39

T Taman Kanak-kanakmerupakan salah satu bentuk dari pendidikanprasekolah yang menyediakan program pendidikan dini bagi anak usia 2-6 tahunsampai memasuki pendidikan dasar yang dimana usia prasekolah ini merupakanusia emas karena pada usia tersebut anak-anak mulai membentuk kepribadiandirinya. Anak merupakan generasi penerus bangsa yang diharapkan tumbuhmenjadi manusia yang berkualitas baik dari segi fisik maupun mentalnya. Sekolahdan pendidikan merupakan hal penting yang harus diperhatikan, mengingat masaprasekolah adalah masa-masa persiapan dan masa seorang anak belajar mengenallingkungan sekitarnya.Memperhatikan pentingnya sebuah pendidikan untuk anak-anak, Jakartasebagai kota besar memerlukan lebih banyak Taman Kanak-kanak yang dapatmewadahi anak-anak untuk belajar dimana selain aman dan nyaman juga dapatmeningkatkan kreatifitas dan belajar bersosialisasi dengan baik. Untukmendukung aktifitas-aktifitas diatas, maka dibutuhkan sekolah yang menunjangsegala kegiatan yang dibutuhkan, tanpa melupakan fungsi penting dari sekolahtersebut. Sebagian besar penduduk Jakarta merupakan kalangan menengah keatas,yang mempunyai keinginan agar anaknya mendapatkan sekolah terbaik. Ditambahdengan adanya keanekaragaman agama yang terdapat di Indonesia serta pesatnyaperkembangan zaman dan pola hidup, menyebabkan kebutuhan masyarakat untukmemasukkan anaknya kedalam suatu lembaga pendidikan dengan berdasarkanagama tertentu.Tujuan dalam mendesain Interior Kelompok Bermain dan TK KatolikRicci II adalah untuk memenuhi kebutuhan pendidikan, mengenalkan agama sejakdini kepada anak dan menumbuhkan kreatifitas anak-anak melalui ruanginteriornya. Sekolah berbasis agama memiliki kurikulum yang sama dengansekolah di Indonesia pada umumnya, hanya saja terdapat perbedaan dalam matapelajaran agama tertentu yang diajarkan. Sekolah Ricci II merupakan sekolahkatolik, namun tetap menerima murid dengan latar belakang agama yang berbeda,dengan konsekuensi mengikuti pelajaran agama katolik. Karena sekolah Ricci IImerupakan lembaga pendidikan swasta yang dikelola oleh yayasan yang sudahberdiri sejak lama dan berkembang secara pesat serta berlandaskan agama katolik,namun fasilitas yang ada pada sekolah Ricci II dirasa kurang memadai dari segipemenuhan kebutuhan. Sehingga menuntut adanya pembaharuan desain dankonsep. Pembaharuan desain disini diaplikasikan pada konsep yang baru dansesuai dengan karateristik anak. Dengan menggunakan perpaduan antara konsepbermain sambil belajar, dengan citra atau suasana taman kanak-kanak yang kreatifdan menyenangkan sesuai dengan sifat anak yang dinamis dan mengacu pada misisekolah Ricci 2 itu sendiri serta bergaya modern geometris, menggunakan warnawarnaceria dan bentuk-bentuk yang akrab dimata anak, maka diharapkan dapatmembangkitkan keceriaan dan juga menunjang sistem edukasi bagi anak.

K Kindergarten is one of pre-school education that provides early educationfor childre aged 2 – 6 before they are enrolled in primary education. This ageperiod is a golden period for children as they start to form their personality.Children are the next generation of a nation who are expected to grow into a highquality being, both from their physical and mental aspect. School and educationare very important concern, especially so in pre-school as this is when and wherea child prepare themself for study and to get to know their environment.With such importance on early education for children, Jakarta, as a megacity, needs more of Kindergarten that can accommodate children, a place that notonly offers comfort and safety, but also one that can evoke their creativity andtheir ability to socialize. To support these activities, a school that can supportsuch activities without abandoning the main function of a school is needed. Amajor part of Jakarta consists of middle to upper-middle class population, withthe want for their children to have the best school. Different religions observed inIndonesia combined with the rapid changes in the era and development in lifestyle create the needs for a certain group of population to enroll their childreninto a religious-based educational institution.The objective in designing the Ricci II Catholic Play-Group andKindergarten is to fulfill the needs for education, introducing children early toreligion and to develop children creativity throught the design of the interior.Religious-based school has the same curricula as other schoold in Indonesia witha difference in the certain religion being thaught. Ricci II is a catholic school thatalso enroll children with different religion background with the consequence ofthose children receiving education in catholic. Ricci II is a school run by privatecatholic institution that has been established for quite a long time and isexpanding, but at present, it seems that it could not really accommodate theneeds. A concept and design upgrade is neccesary. The design revitalization isimplemented in new concept that accommodate children’s characteristic,combining the learn by playing concept and creating an atmosphere of fun andcreative. This gets the school closer to the dynamic nature of the children and toits own mission. The concept is applied in geometric modern style, using brightcolors and shapes which the children are familiar with, with the aim of evokingthe children’s happiness and at the end, supporting their education.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?