DETAIL KOLEKSI

Perancangan Sistem Pengukuran Kinerja Pt Cemara Indah Menggunakan Metode Performance Prism


Oleh : Bonifasius Gilang Ardana

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2012

Pembimbing 1 : Didien Suhardini

Pembimbing 2 : Pudji Astuti

Subyek : Design performance measurement system;Performance prism method

Kata Kunci : performance prism, importance And performance matrix, key performance indicator


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 2012_TA_TI_06307113_1_Halaman-Judul.pdf 4853.86
2. 2012_TA_TI_06307113_10_Daftar-pustaka.pdf 595.27
3. 2012_TA_TI_06307113_11_Lampiran.pdf 11707.92

S Sebagai salah satu distributor media cetak di Bekasi, PT Cemara Indah belum memiliki identifikasi yang mendalam terhadap proses bisnisnya yang dapat mengakomodasi seluruh stakeholders yang terkait dengan PT Cemara Indah. Salah satu metode pengukuran kinerja yang berorientasi terhadap perspektif para stakeholdersnya adalah metode Perfomance prism. Performance prism memiliki lima segi yaitu untuk atas clan bawah adalah stakeholders satisfaction dan stakeholders contribution. Sedangkan untuk ketiga sisi berikutnya adalah strategy, process dan capability. Tujuan penelitian ini yaitu untuk merancang dan mengukur kinerja serta memberi usulan perbaikan kinerja PT. Cemara Indah. Penelitian ini dimulai dengan pembuatan kuesioner pendahuluan dan kuesioner penelitian untuk mengetahui tingkat kepuasan dan tingkat kepentingan. Selanjutnya didapat rata-rata tingkat kepuasan dan rata-rata tingkat kepentingan. Hasil kuesioner penelitian tersebut selanjutnya dibuat ke dalam importance and performance matrix untuk mengetahui atribut mana yang tetap dipertahankan dan atribut mana yang perlu ditingkatkan, dipertimbangkan dan dikurangi. Perancangan model performance prism dilakukan dengan mengidentifikasi stakeholder, mengidentifikasi perspektif stakeholders satisfaction, stakeholders contribution, strategy, process, capability, menerjemahkan perspektif ke dalam key performance indicator (KPI), menentukan tolok ukur dan target, membuat pohon pembobotan, melakukan pembobotan dengan menyebar kuesioner kepada 3 orang responden. Hasil pembobotan dimasukkan ke dalam pohon pembobotan. Pengukuran kinerja menggunakan skala likert untuk penilaiannya. Pengukuran kinerja pertama dilakukan dengan menghitung nilai kinerja setiap key performance indicator (KPI) setiap perspektif, kemudian menghitung nilai kinerja setiap stakeholder dan menghitung nilai kinerja peformance prism PT. Cemara Indah. Nilai kinerja performance prism PT. Cemara Indah adalah 3,33 atau "Cukup Baik". Key performance indicator (KPI) yang mempunyai nilai rendah yaitu peningkatan penjualan, penyediaan modal investasi, pertumbuhan perusahaan, efisiensi biaya, loyalitas pelanggan, penurunan keterlambatan pengiriman (customer), persentase peningkatan pembelian surat kabar, ketepatan waktu dalam pengiriman (supplier) perlu dilakukan evaluasi.

A As one of the print media distributor in Jakarta, PT Cemara Indah does not have a deep the identification of business processes that can accommodate all stakeholders associated with the PT. Cemara Indah. One method of measuring performance-oriented perspective is a method of stakeholders perfomance prism. Performance Prism has five aspects, namely for the top and bottom are the stakeholders satisfaction and stakeholder contribution. As for the next hand is the third strategy, process and capability. The purpose of this study is to design and measure performance and provide performance improvements proposed PT. Cemara Indah. The study began with a first questionnaire and a research questionnaire to determine the level of satisfaction and importance. Subsequently obtained an average level of satisfaction and the average rate of interest. The results of the research questionnaire is then made to the importance and performance matrix to determine which attributes will be retained and which attributes need to be improved, to be considered and mitigated. Prism design of the model performance is done by identifying stakeholders, identifying the stakeholders satisfaction perspective, stakeholder contribution, strategy, process, capability, translating perspective into key performance indicators (KPI), to determine benchmarks and targets, making the tree weighting, weighting with spread to the questionnaire to 3 respondents. Weighting the results incorporated into the weighting tree. Measurement of performance using a Likert scale for the assessment. The first performance measurement is done by calculating the value of the performance of each key performance indicator (KPI) of each perspective, and then calculate the performance of each stakeholder and calculate the performance of PT Cemara Indah. Value of the performance prism PT Cemara Indah was 3.33 or "Good Enough". Key performance indicators (KPI) that have a low value of the increase in sales, capital investment, growth, cost efficiency, customer loyalty, decrease delays in delivery (customer), the percentage increase in the purchase of newspapers, timeliness in delivery (supplier) should be evaluate.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?