DETAIL KOLEKSI

Analisis Kapasitas Terminal Penumpang Bandar Udara Mutiara Sis Al – Jufri Palu


Oleh : Muhammad Akbar Riyad

Info Katalog

Penerbit : FTSP - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2016

Pembimbing 1 : Luky Surachman

Subyek : Airport;Passenger terminal;Peak hour;Capacity

Kata Kunci : Passenger Terminal; Airport; Peak Hour; Capacity


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 2016_TA_TS_05109029_Halaman-Judul.pdf 3625.92
2. 2016_TA_TS_05109029_Bab-1.pdf 518.28
3. 2016_TA_TS_05109029_Bab-2.pdf 910.15
4. 2016_TA_TS_05109029_Bab-3.pdf 583.08
5. 2016_TA_TS_05109029_Bab-4.pdf 1018.46
6. 2016_TA_TS_05109029_Bab-5.pdf 63089.27

S Seiring dengan meningkatnya perkembangan industri, perdagangan maupunpariwisata, mobilitas penduduk di kota Palu pun meningkat yang mengakibatkantendorongnya tuntutan untuk kegiatan masyarakat yang semakin cepat danmempunyai lingkup yang semakin luas. Oleh karena itu waktu merupakan halpenting yang harus diperhatikan seefisien mungkin dimana seseorang harus dapatberpindah dari satu tempat ke tempat lainnya dengan cepat.Saat ini jumlah penumpang, barang dan pesawat udara di Bandar UdaraMutiara Sis Al-Jufri Palu terus meningkat. Oleh karena itu agar permintaan jasatransportasi udara dapat terpenuhi secara optimal, di lakukan tinjauan untukmenganalisa kecukupan akan kapasitas terminal, sehinggga di harapkan secara tidaklangsung dapat meningkatkan pendapatan daerah dimasa yang akan datang.Tipe penumpang yang berbeda menimbulkan permintaan yang berbeda pulapada berbagai bagian bandar udara. Tipe penumpang secara garis besar dapatdigolongkan kedalam penumpang-penumpang dalam negeri dan luar negeri dankemudian digolongkan ke dalam penumpang transit, transfer, langsung, penumpangyang naik ke pesawat dan yang turun dari pesawat. Berbagai pengelompokanpenumpang tersebut dibuat berdasarkan fasilitas-fasilitas di dalam terminal yangpada umumnya digunakan oleh setiap tipe penumpang. Data historis dan prakiraanmengenai pembagian jumlah total yang disusun dari setiap tipe penumpang yangberbeda berguna dalam menentukan parameter-parameter yang dibutuhkan untukrancangan dari berbagai fasilitas.Dari hasil analisis yang telah dilakukan berdasarkan jumlah penumpang jampuncak, dapat simpulkan bahwa Bandar Udara Mutiara Sis Al-jufri Palu untuk saatsekarang masih dapat menampung jumlah penumpang yang ada saat ini. Luas yangdibutuhkan untuk penumpang waktu sibuk 5.200 m2 15.196,72 m2 (luas terminalyang ada), dapat disimpulkan bahwa terminal Bandar Udara Mutiara Sis Al-JufriPalu masih bisa menampung jumlah penumpang yang ada. Sedangkan pada tahun 2032 , jumlah penumpang waktu sibuk untuk kedatangan domestik adalah 1536PWS, dan keberangkatan domestik adalah 1690 PWS. Sehingga total luas terminalyang di butuhkan pada tahun 2032 adalah 15.222,35 m2 ≥ 15.196,72 m2 (luasterminal yang ada), dapat di simpulkan terminal penumpang Bandar Udara MutiaraSis Al-jufri Palu sudah over capacity di tahun 2032.

A Along with the increasing development of industry, trade and tourism. themobility of people in the city of Palu also increased resulting a big grow in demandsfor faster and wider community activities scope. Therefore, time is an importantthing that must be considered as efficient as possible in which a person should beable to move from one place to another quickly.Currently, the quantity of passengers, goods and aircraft at the Mutiara SisAl-Jufri Palu Airport continues to increase. Therefore, to fully optimal the demand inair transportation services, there must be an action of review to analyze the adequacyof the terminal's capacity, so as expected the result may indirectly generate regionbenefit in the future.Different passenger types pose a different demands in different parts of theAirport. Passenger type can be classified into domestic passengers and internationalpassengers, and then sub-classified into transit passengers, transfer passengers,direct, passengers, and passengers that board to the plane and off the plane. Variousgrouping is made based on the passenger facilities at the terminal which is generallyused by every type of passenger. Historical data and forecasts on the division of thetotal amount drawn from each different type of passenger is useful in determining theparameters necessary for the design of various facilities.From the analysis that has been carried out based on the number ofpassengers at the peak hours, it can be concluded that the Mutiara Sis Al-jufri PaluAirport can accommodate the quantity of passengers that exist today. Space neededfor passengers at peak hour is 5.200 m2 ≤ 15196.72 m2 (existing terminal spacearea), it can be concluded that the Mutiara Sis Al-Jufri Palu Airport terminal can stillaccommodate the number of passengers. Meanwhile, in year 2032, the number ofpassengers at peak hour for domestic arrivals is 1536 passenger, and domesticdeparture is 1690 Ppassenger. So the total terminal space area needed in 2032 is 15196.72 m2 ≥ 15222.35 m2 (existing terminal space area), it can be concludedpassenger terminal at Mutiara Sis Al-jufri Palu Airport is already over capacity in2032.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?