DETAIL KOLEKSI

Studi Sistem Pencahayaan Landasan Pacu Pesawat Terbang Di Bandara Minangkabau Padang


Oleh : Dian Novita Sari

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2011

Pembimbing 1 : Chairul G. Irianto

Pembimbing 2 : S. Gunawan

Subyek : Runway lighting system - support the proper;Supporting electricity equipments

Kata Kunci : ICAO, power supply, lighting system


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 2011_TA_EL_06207046_1_Halaman-Judul.pdf 4419.27
2. 2011_TA_EL_06207046_7_Daftar-Pustaka.pdf 739.52
3. 2011_TA_EL_06207046_8_Lampiran.pdf 2156.7

D Di era pembangunan pada saat ini, sangat di butuhkan adanya sarana dan prasarana pendukung yang memadai. Salah satunya adalah adanya sarana transportasi yang tertib, lancar, aman dan nyaman. Dalam dunia penerbangan seorang pilot memerlukan panduan dalam melakukan kegiatan penerbangan terutama pendaratan. Runway sebagai tempat pendaratan pesawat harus dilengkapi dengan sarana baik visual maupun non visual untuk memberikan rambu-rambu yang dibutuhkan oleh pilot. Dalam membentuk rambu-rambu yang dikenal dengan istilah sistem penerangan landasan pacu (Airfield Lighting System) diperlukan pencahayaan yang baik dan intensitas lampu penerangan sesuai dengan fungsi masing-masing yang telah di standarkan oleh Organisasi Internasional yang menangani masalah penerbangan sipil, yaitu ICAO (International Aviation Organisation) dan mengetahui seberapa besar catu daya yang dipakai pada setiap lampu lIdasan Meangkabu. Tugas akhir ini akan difokuskan pada intensitas minimum lampu pcnerangan landasan Minangkabau, perhitungan kuat intensitas lampu clan perband in L4an dengan nilai pencahayaan yang telah disyaratkan oleh ICAO, penentuan lokasi PAP! (Precision Approach Indicator Path), serta peralatan listrik penunjang.

I In the era of development at this point, it is in need of facilities and infrastructure to support the proper. one of them is a means of transport which is orderly, smooth, safe and coinfortablein flights, a pilot needs navigation to fly the plane, especially in landing. Runway as the place where planes land must be equiped with both visual and non visual things to give signs needed by the pilot. The process of making those signs, which is known as airfield lighting system, needs good lighting system and some certain intensity of lamps in lighting based on each lamps's function that already had been standarized by international organization in civil flights, International Civil Aviation Orga ation ( ICAO) and knowing how big the power supply used on every runway lights in Minangkabu. This final assignment is focused on minimum lamp inieiisity of runway, calculation of lamp's strongness intencity and comparson with required values, determination of PAPI (Precision Approach Indicator Path) location, and supporting electricity equipments.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?