DETAIL KOLEKSI

Perbedaan Tingkat Ph Plak Antara Metode Penyuluhan Metode Penyuluhan Dengan Atau Tapa Pendamping Pada Anak Usia 8-10 Tahun (laporan Penelitian)


Oleh : Rahma Eddina

Info Katalog

Nomor Panggil : 617.645 EDD p

Penerbit : FKG - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2016

Pembimbing 1 : Dr. drg. Fatimah B. Sp.KGA.

Subyek : Pedodontics

Kata Kunci : dental health education, caries , pH plaque, children, mentoring method.


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 2016_TA_KG_04012147_Halaman-Judul.pdf 1319.9

P Penyuluhan kesehatan gigi dan mulut adalah cara untuk memberikan informasi agar tercipta kesadaran masyarakat tentang kesehatan gigi dan mulut. Pemberian penyuluhan dapat dilakukan dengan banyak metode salah satunya dengan pendampingan. Kurangnya pengetahuan tentang kesehatan gigi dan mulut dapat menyebabkan penurunan pH plak yang dapat menyebabkan meningkatnya risiko terjadinya karies gigi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan tingkat pH plak antara metode penyuluhan dengan atau tanpa pendampingan pada anak usia 8-10 tahun. Metode penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan rancangan randomized post-test design pada anak usia 8-10 tahun di SDN 03 Pagi Tambora. Jumlah subyek penelitian adalah 80 murid. Hasil penelitian: Uji Chi-square menunjukkan ada perbedaan tingkat pH plak yang bermakna antara metode penyuluhan dengan atau tanpa pendampingan (p<0,05). Kesimpulan: Ada perbedaan tingkat pH plak antara metode penyuluhan dengan atau tanpa pendampingan cara menyikat gigi pada anak usia 8-10 tahun di SDN 03 Pagi Tambora, Jakarta Barat.

D Dental Health Education is a method to give information aimed to create awareness in general community for oral and dental health. The education can be done through many methods, and one of them is by using individual demonstration. The lack of knowledge on dental and oral health may lead to, a continuous decrease in plaque pH that in the long term might increase the risk of dental caries. The purpose of this study is to determine whether there is a difference in plaque PH between dental health education methods with and without individual tooth brushing demonstration on children aged 8-10 years in SDN 03 Pagi Tambora, West Jakarta. Methods: The research was an experimental study with randomized post-test design. The subjects were 80 schoolchildren aged 8-10 years in SDN 03 Pagi Tambora. Results: ChiSquare test showed a significant difference in plaque PH between dental health education methods with and without individual tooth brushing demonstration (p<0,05). Conclusion: There is a difference in plaque PH between dental health education methods with and without individual tooth brushing mentoring in children aged 8-10 years in SDN 03 Pagi Tambora, West Jakarta.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?