DETAIL KOLEKSI


Pengaruh Biaya Tanggung Jawab Sosial Dan Kinerja Lingkungan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Tata Kelola Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi


Oleh : Hendar Muhammad Rifoaffa

Info Katalog

Nomor Panggil : 2017_TA_AK_023131044

Penerbit : FEB - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2017

Pembimbing 1 : Raden Rosiyana Dewi

Subyek : Financial accounting;Company value;The cost of corporate social responsibility

Kata Kunci : environmental performance, independent commissioner, sales growth


File Repositori
No. Nama File Ukuran Status
1. 2016_TA_AK_023131044_Halaman-judul.pdf 876.31 (KB)
2. 2016_TA_AK_023131044_Bab-1.pdf 655.53 (KB)
3. 2016_TA_AK_023131044_Bab-2.pdf 981.72 (KB)
4. 2016_TA_AK_023131044_Bab-3.pdf 872.77 (KB)
5. 2016_TA_AK_023131044_Bab-4.pdf 1009.45 (KB)
6. 2016_TA_AK_023131044_Bab-5.pdf 614.09 (KB)
7. 2016_TA_AK_023131044_Daftar-pustaka.pdf 722.31 (KB)
8. 2016_TA_AK_023131044_Lampiran.pdf 734.45 (KB)

P Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh biaya corporate social responsibility dan kinerja lingkungan dengan corporate governance sebagai variabel pemoderasi terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Variabel independen dalam penelitian ini adalah biaya corporate social responsibility , dan kinerja lingkungan. Variabel dependen yang digunakan adalah nilai perusahaan diukur menggunakan Tobins’Q. Variabel moderating dalam penelitian ini adalah corporate governance diukur dengan menggunakan proksi rasio. keahlian komite audit di bidang akuntansi dan/atau keuangan, dan jumlah komisaris independen. Penelitian ini menggunakan variabel kontrol pertumbuhan penjualan, leverage dan reputasi kantor akuntan publik.Data untuk penelitian ini diperoleh dari laporan tahunan perusahaan, Indonesian Capital Market Directory (ICMD) dan situs Bursa Efek Indonesia. Sampel yang digunakan adalah 102 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 3 tahun (2013-2015). Teknik pengambilan sampel penelitian yang digunakan adalah purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Alat analisis yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah SPSS 15.Hasil perhitungan regresi linear berganda menunjukkan bahwa biaya corporate social responsibility berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Sedangkan, kinerja lingkungan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Hasil pengujian pada variabel moderating adalah komisaris independen dan keahlian komite audit di bidang akuntansi dan/atau keuangan dapat memoderasi hubungan antara biaya corporate social responsibility dan nilai perusahaan. Variabel kontrol reputasi kantor akuntan publik berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan, variabel control pertumbuhan penjualan dan leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.

T The purpose of this research is to determine the influence of the cost of corporate social responsibility and environmental performance on company value with corporate governance as moderating variable. The independent variables in this model are the cost of corporate social responsibility and environmental performance. The dependent variable is compoany value as measured by Tobins’Q. The moderating variable is independent commissioner, and audit committee effectiveness used the skill of the financial and accounting of audit committee. This research also uses control variables such as sales growth, leverage and audit firm reputation.Data for this research were obtained by the company's annual reports, Indonesian Capital Market Directory (ICMD), and the Indonesia Stock Exchange homepage. Sample that used in this research are 102 manufacturing companies that listed on the Indonesia Stock Exchange for three years period (2013-2015). The sampling technique used was purposive sampling method. This research uses multiple linear regression analysis. An analytical tool that used to analyze the hypothesis is SPSS 15.Multiple linear regression calculation results show that the cost of corporate social responsibility has a positive influence to company value. Meanwhile environmental performance does not have any influence to company value. The results on moderating variable show that the independent commissioner, and the skill of the financial and accounting of audit committee can only moderate the relationship between the cost of corporate social responsibility and company value. Audit firm reputation as the control variable does have any influence to company value. Meanwhile, sales growth, and leverage as the control variabel does not qffect the company value.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?