DETAIL KOLEKSI

Perancangan Sistem Penilaian Kinerja Dan Pengukuran Kinerja Pt. Persada Dengan Model Balanced Scorecard


Oleh : Dina Khairani

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2013

Pembimbing 1 : Didien Suhardini

Subyek : Performance - Measurement;Business;Human engineering

Kata Kunci : performance assessment, performance measurement, balanced scorecard model


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 2013_TA_TI_06305181_Halaman-Judul.pdf 222.01
2. 2013_TA_TI_06305181_Daftar-Pustaka.pdf 14.43
3. 2013_TA_TI_06305181_Lampiran.pdf 743.19

P PT. Persada (Personel Alih Daya) merupakan perusahaan outsourcing yang mengelola lebih dari 8000 tenaga kerja. Persaingan dunia bisnis terutama pada bidang penyediaan tenaga kerja yang semakin ketat membuat PT. Persada harus lebih peduli terhadap strategi yang dijalankan agar mampu bertahan dan terus berkembang. PT. Persada membutuhkan sistem pengukuran kinerja yang dapat menggambarkan seluruh aspek yang mempengaruhi kondisi perusahaan secara keseluruhan untuk menghadapi tantangan persaingan bisnis yang semakin ketat dengan berdasarkan aspek keuangan, pelanggan, proses bisnis internal dan pembelajaran dan pertumbuhan, yaitu dengan perancangan model Balanced Scorecard (BSC) bagi PT. Persada.Perancangan BSC untuk PT. Persada diawali dengan pendefinisian bisnis, perkembangan, dan peran perusahaan yang diikuti dengan penerjemahan visi, misi, tujuan, dan strategi. Perumusan strategi dilakukan dengan menggunakan analisis SWOT. Selanjutnya ditentukan tujuan strategis perusahaan sesuai dengan perspektif BSC. Tujuan strategis diwujudkan dengan suatu ukuran yang dapat dicapai. Ukuran tersebut adalah tolok ukur dan target. Tolok ukur dibagi menjadi ukuran hasil (lag indicator) dan ukuran pendorong (lead indicator). Untuk mencapai target yang telah ditentukan dibutuhkan rencana-rencana pencapaiannya yang disusun dalam inisiatif-inisiatif strategis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan kinerja PT. Persada termasuk dalam kategori Baik menurut Skala Likert dengan hasil pengukuran nilai kinerja akhir 4,02. Dengan rinician masing-masing perspektif antara lain kinerja perspektif keuangan memiliki nilai 4,33 (Sangat Baik), kinerja perspektif pelanggan memiliki nilai 4 (Baik), kinerja perspektif proses bisnis internal memiliki nilai 3,67 (Baik), dan kinerja perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dengan nilai 3 (Cukup Baik).

P PT. Persada (Personnel Alih Daya) is an outsourcing company that manages more than 8000 workforce. Competition of the business world, especially in the field of labor supply is increasingly strict makes PT. Persada should be more concerned about the strategy that is run in order to survive and continue to grow. PT. Persada requires a performance measurement system that can describe all aspects that affect the overall condition of the company to face the increasingly tough business competition challenges based on the financial, customer, internal business and learning and growth aspects, by designing Balanced Scorecard (BSC) model for PT . Persada.Pengancangan BSC for PT. Persada begins with the definition of business, development, and the role of the company followed by the translation of vision, mission, goals, and strategies. Strategy formulation is done by using SWOT analysis. Further determined the strategic objectives of the company in accordance with the perspective of BSC. Strategic objectives are realized with a measure that can be achieved. They are benchmarks and targets. The benchmark is divided into the outcome measure (lag indicator) and the size of the trigger (lead indicator). In order to achieve the targets that have been determined, it is necessary to achieve the achievements set out in strategic initiatives. The results of this study indicate that overall performance of PT. Persada is included in the Good category according to Likert Scale with the result of final performance value measurement 4.02. With the rinician of each perspective, among others, the performance of the financial perspective has a value of 4.33 (Excellent), the performance of customer perspective has a value of 4 (Good), internal business process perspective performance has a value of 3.67 (Good), and performance perspective of learning and growth with a value of 3 (Good Enough).

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?