DETAIL KOLEKSI

Penerapan Strategi Perusahaan Pada Pt. Asuransi Jasa Indonesia


Oleh : Dicky Agustiawan

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2011

Pembimbing 1 : Wawan Kurniawan

Subyek : Insurance;Company Strategy

Kata Kunci : implementation of corporate, strategy, PT. Asuransi Jasa Indonesia


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 2011_TA_TI_06303291_1_Halaman-Judul.pdf 5319.17
2. 2011_TA_TI_06303291_10_Daftar-Pustaka.pdf 628.87
3. 2011_TA_TI_06303291_11_Lampiran.pdf 11268.54

P PT Asuransi Jasa Indonesia sebagai perusahaan BUMN dalam bidang asuransi umum memiliki berbagai kendala untuk mewujudkan setiap visi, misi serta tujuan yang ingin dicapai. Hal ini akan mendorong perusahaan untuk terus berusaha menerapkan strateginya ke arah yang lebih baik. Untuk itu, perusahaan memerlukan alternatif-alternatif strategi agar dapat diidentifikasi strategi mana yang sesuai. Secara umum penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mencari alternatif strategi perusahaan yang tepat untuk diimplementasikan oleh perusahaan ini. Tahapan awal dari penelitian ini yaitu dengan mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal yang cukup mempengaruhi kinerja perusahaan. Hasil dari identifikasi tersebut selanjutnya diolah dengan menggunakan beberapa analisis yaitu analisis IFAS dan EFAS, analisis SWOT, analisis matriks IE dan analisis matriks Grand Strategy. Pada tahapan akhir diperoleh beberapa hash' alternatif strategi yang diolah dengan menggunakan analisis matriks QSPM untuk menentukan strategi yang dianggap lebih baik untuk diterapkan. Berdasarkan hasil analisis matriks Grand Strategy dapat disimpulkan bahwa PT Asuransi Jasindo berada pada posisi yang mempunyai daya saing tinggi di dalam pasar yang mempunyai pertumbuhan cepat (kuadran I). Dengan demikian perusahaan direkomendasikan untuk menggunakan alternatif strategi insentif yaitu penetrasi pasar, pengembangan pasar dan pengembangan produk. Adapun hasil analisis akhir pada matriks QSPM menunjukkan bahwa PT. Asuransi Jasindo dapat menetapkan urutan prioritas strategi yaitu strategi pengembangan produk, strategi pengembangan pasar, dan penetrasi pasar. PT. Asuransi Jasindo dapat menerapkan salah satu atau kombinasi dari ketiga dari ketiga strategi utama direkomendasikan tersebut. Ketiga strategi perusahaan ini dianggap dapat mewakili penerapan strategi bagi PT. Asuransi Jasindo dan dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi baik untuk saat ini maupun mendatang.

P PT Asuransi Jasa Indonesia as a state-owned enterprise in the field of general insurance has various obstacles to realize every vision, mission and goals to be achieved. This will encourage the company to keep trying to apply its strategy to a better direction. For that, companies need strategic alternatives to identify which strategies are appropriate. In general, the research undertaken aims to find the right alternative corporate strategy to be implemented by this company. Initial stages of this research is to identify the internal and external factors that quite affect the company's performance. The results of the identification are further processed using several analyzes ie IFAS and EFAS analysis, SWOT analysis, IE matrix analysis and Grand Strategy matrix analysis. In the final stages, several alternative strategies have been obtained by using QSPM matrix analysis to determine which strategy is considered better to be applied. Based on the results of Grand Strategy matrix analysis can be concluded that PT Asuransi Jasindo is in a position that has high competitiveness in the market that has fast growth (quadrant I). Thus the company is recommended to use alternative incentive strategies such as market penetration, market development and product development. The final analysis result on QSPM matrix shows that PT. Jasindo Insurance can establish a priority sequence of strategies, namely product development strategy, market development strategy, and market penetration. PT. Jasindo Insurance can apply one or a combination of all three of the three recommended main strategies. These three corporate strategies are considered to represent the application of strategy for PT. Jasindo Insurance and can be adjusted to the situation and conditions both for the present and future.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?