DETAIL KOLEKSI


Penerapan Sistem Pengukuran Kinerja Perusahaan Bakso Kusno Menggunakan Metode Balanced Scorecard


Oleh : M. Natsir Farhani

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2012

Pembimbing 1 : Didien Suhardini

Pembimbing 2 : Wisnu Sakti Dewobroto

Subyek : Performance - Measurement;Balanced scorecard (management);Organizational effectiveness - Measurement

Kata Kunci : performence measurment system, balanced scorecard, bakso kusno


File Repositori
No. Nama File Ukuran Status
1. 2012_TA_TI_06307083_1_Halaman-Judul.pdf 8109.96 (KB)
2. 2012_TA_TI_06307083_10_Daftar-Pustaka.pdf 917.92 (KB)
3. 2012_TA_TI_06307083_11_Lampiran.pdf 16873.83 (KB)

B Bakso Kusno merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri makanan. Produk yang dihasilkan Bakso Kusno adalah bakso dan otak-otak dalam bentuk kemasan. Dalam pengukuran kinerjanya, Bakso Kusno menggunakan pengukuran kinerja tradisional yang mengukur dari aspek keuangannya. Selain itu pada periode 2009-2010, Bakso Kusno mengalami penurunan penjualan. Oleh sebab itu perlu dilakukan pengukuran kinerja menggunakan metode Balanced Scorecard, karena metode ini mampu memberikan penilaian kinerja perusahaan berdasarkan empat perspektif (Keuangan, Pelanggan, Proses Bisnis Internal, dan Pembelajaran serta Pertumbuhan). Perancangan Balanced Scorecard pada Bakso Kusno diawali dengan penjabaran visi, misi, tujuan dan srategi yang dirumuskan berdasarkan SWOT. Proses perencanaan dilanjutkan dengan penurunan visi, misi, tujuan dan strategi perusahaan ke tujuan strategis kedalam empat perspektif Balanced Scorecard. Proses dilanjutkan dengan membuat peta strategi yang menggambarkan keterkaitan antar tujuan strategi. Proses selanjutnya adalah membuat hubungan sebab akibat antar tujuan strategis untuk mengetahui keterkaitan antar tujuan strategis dan penentuan tolok ukur dan target yang ingin dicapai pada tiap tujuan strategis. Setelah proses perancangan model Balanced Scorecard selesai, dilanjutkan dengan pengukuran nilai kinerja Bakso Kusno. Khusus untuk perspektif pelanggan dilakukan analisis tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan menggunakan Importance Performance Matrix (1PM). Berdasarkan pengukuran kinerja dengan metode Balanced Scorecard maka diperoleh skor pada perspektif keuangan 1, perspektif pelanggan 1,020, perspektif proses bisnis internal 4,248, pada proses pembelajaran 1,754 dan nilai kinerja perusahaan Bakso Kusno secara keseluruhan adalah 2,005 (tidak baik). Bakso Kusno harus melakukan perbaikan pada keempat perspektif dengan memfokuskan tujuan strategis yang tidak mencapai target yaitu peningkatan produktifitas karyawan, percepatan pengembalian modal, peningkatan pertumbuhan pendapatan, pengurangan present

B Bakso Kusno is a food company industry that produce meatball. At the time Bakso Kusno decreasement sales and performance based on financial performance only, financial perspective is none only one perspective in measurenment corporate. performance. Therefore it is necessary to use Balanced Scorecard performance measurement, because this method is able to provide an assessment of the company performance based on four perspectives (Financial, Customer, Internal Business, and Learning and Growth).the methodology of Balanced Scorecard at Bakso Kusno begins with the translation of the vision, mission, purpose and enhanced by SWOT srategy to look at strengths, weaknesses and opportunities and threats the company. The planning process start with the Bakso Kusno vision, mission, objectives and strategy into strategic objectives into the four Balanced Scorecard perspectives. The process is continued by creating a strategy map which describes the linkages between strategic objectives. The next process is to make a causal relationship between the strategic objectives to determine the relation to one another and defining benchmarks and targets for each strategic goal. After the Balanced Scorecard design process model is completed. Previously carried out analysis of interests and satisfaction using the Importance Performance Matrix (1PM). Based on the measurement of performance with the Balanced Scorecard method of the obtained score at 1 of financial perspective, score at customer perspective is 1,020, score for internal business process perspective is 4,248 and score for learning and growth is 1,754. Score for whole performance Bakso Kusno is 2.005 (Bad). Bakso Kusno should find a solution to incarase each perspectives by focusing strategic objectives that do not reach the target of increseng employee productivity, accelerating return on capital, increase revenue growth, cost reduction and improved presentation of customer satisfaction.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?