DETAIL KOLEKSI

Analisis Tingkat Kebisingan Di Terminal Bus Kampung Melayu Jatinegara, Jakarta Timur Dan Area Pada Radius 500 Meter Dari Terminal


Oleh : Ghoribati Ashfiya Candra

Info Katalog

Penerbit : FALTL - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2017

Pembimbing 1 : Melati Ferianita Fachrul

Pembimbing 2 : Hernani Yulinawati

Subyek : Noise pollution;Enviromental noise - Analysis

Kata Kunci : noise level, LDN (24 Hours), bus terminal, public annoyance level


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 2017_TA_TL_08210012_Halaman-judul.pdf 1016.66
2. 2017_TA_TL_08210012_Bab-1.pdf 198.44
3. 2017_TA_TL_08210012_Bab-2.pdf 406.71
4. 2017_TA_TL_08210012_Bab-3.pdf 619.94
5. 2017_TA_TL_08210012_Bab-4.pdf 1341.93
6. 2017_TA_TL_08210012_Bab-5.pdf 186.82
7. 2017_TA_TL_08210012_Daftar--pustaka.pdf 210.27
8. 2017_TA_TL_08210012_Lampiran.pdf 2151.77

K Kebisingan adalah bunyi yang tidak diinginkan dari usaha atau kegiatan dalam tingkat dan waktu tertentu yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan manusia dan kenyamanan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kebisingan lingkungan dan lalulintas di Terminal Bus Kampung Melayu serta memperkirakan dampaknya terhadap penduduk sekitar. Pengambilan data dilakukan pada 9 titik sampling: 4 di dalam terminal dan 5 di area radius 500 meter dari terminal (fly over, pertokoan, permukiman, dan tempat peribadatan). Dalam satu hari dibagi menjadi 7 segmen waktu: 4 segmen mewakili kebisingan siang hari (LS) dan 3 segmen untuk mewakili kebisingan malam hari (LM) Data diolah menggunakan metode sesuai dengan KepMenLH 48/1996 untuk memperoleh kebisingan siang malam (LSM). Tingkat kebisingan kemudian dipetakan dalam bentuk kontur menggunakan software surfer 11. Pada penelitian ini ditinjau korelasi jumlah dan kecepatan kendaraan yang melintas di wilayah studi dengan kebisingan yang terjadi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Tingkat Kebisingan di Terminal Bus Kampung Melayu berkisar antara 78–83 dB(A) sudah melebihi baku mutu KepGub DKI Jakarta No. 551/2001 yaitu sebesar 70 dB(A). Begitu pula tingkat kebisingan di permukiman penduduk (75–77 dB(A)), pertokoan (79,7 dB(A)), dan tempat peribadatan (75,4 dB(A)), sudah melebihi baku mutu yaitu sebesar 55 dB(A), 70 dB(A) dan 55 dB(A). Kebisingan lalu lintas berkisar antara 75–77 dB(A), korelasi dengan kepadatan jalan (v/c ratio) cukup tinggi berdasarkan persamaan Y = 7,702x + 70,41 dan R2 = 0,708. Selain itu hasil kuesioner 100 responden yang diambil secara acak pada setiap titik sampling untuk mengetahui tingkat ketergangguan mereka terhadap bising yang ditimbulkan oleh aktivitas terminal maupun lalulintas menunjukkan bahwa sebanyak 91% responden terganggu dengan kebisingan yang terjadi. Penelitian ini menyarankan pengendalian kebisingan dengan pengendalian pada sumber maupun penerima dan pemasangan barrier pagar tanaman

N Noise is unwanted noise from operations and activities to the level of a certain time that can cause human health and environmental comfort problems. This study aimed to analyze the level of environmental noise and traffic in Kampung Melayu Bus Terminal as well as the estimated impact on the surrounding population. Data is collected on a 9 point sampling: 4 in the terminal and 5 in the area within 500 meters from the terminal (flyover, shopping mall, homes and places of worship). In one day is divided into seven segments of time: 4 segments represent noise during the day (LD) and 3 segments to represent noise night (LN) data was processed using the method according to KepMenLH 48/1996 to obtain a noise during the night (LMN). The noise level is then mapped in the form of contour using software surfer 11. In this study, also reviewed correlation between number and speed of vehicles passing in the study area with the noise that occurs. This study concludes that the level of noise in Kampung Melayu bus terminal ranged between 78-83 dB (A) already exceed the quality standards KepGub DKI Jakarta No. 551/2001 which is 70 dB(A). The noise level in residential areas (75-77 dB (A)), shopping (79.7 dB(A)), and places of worship (75.4 dB(A)), already exceeded the quality standard that is equal to 55 dB( A), 70 dB(A) and 55 dB(A). The correlation between traffic noise ranged between 75-77 dB(A) with the density of roads (v / c ratio) is significant based on the equation Y = 7,702x + 70.41 and R2 = 0.708. In addition the results of a questionnaire from 100 respondents drawn at random sampling point to determine the level of their annoyance against noise caused by the activity of the terminal and traffic shows that as many as 91% of respondents annoyed by noise going on. The study recommends noise control with control at source and the receiver and tree barrier installation.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?