DETAIL KOLEKSI

Desain Interior Kantor Pos Pusat Di Jakarta Pusat


Oleh : Hilman Raedi Putra

Info Katalog

Nomor Panggil : 0006/DI/2018

Penerbit : FSRD - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2018

Pembimbing 1 : Tetty Sekaryati

Pembimbing 2 : Aing R. Nayadilaga

Subyek : Postal sevice - Designs and plans;Postal sevice - Decoration

Kata Kunci : interior design, post office, central Jakarta


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 2018_TA_DI_091.12.024_Halalaman-Judul.pdf 929.37
2. 2018_TA_DI_091.12.024_Bab-1.pdf 137.31
3. 2018_TA_DI_091.12.024_Bab-2.pdf 820.99
4. 2018_TA_DI_091.12.024_Bab-3.pdf 121.16
5. 2018_TA_DI_091.12.024_Bab-4.pdf 376.98
6. 2018_TA_DI_091.12.024_Bab-5.pdf 1630.71
7. 2018_TA_DI_091.12.024_Bab-6.pdf 81.72
8. 2018_TA_DI_091.12.024_Daftar-Pustaka.pdf 99.93
9. 2018_TA_DI_091.12.024_Lampiran.pdf 17337.38

P PT. Pos Indonesia merupakan salah satu perusahaan milik negara yang bergerak dibidang jasa pengiriman surat dan paket ke dalam negri maupun luar negri. Pada awalnya PT Pos Indonesia hanya bergerak di bagian jasa pengiriman surat dan paket untuk dalam negri saja. namun, seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi layanan pada PT Pos Indonesia juga ikut bertambah dan berkembang. PT. Pos Indonesia kini dapat mengirim surat, paket, uang dan dokumen ke seluruh dalam negri maupun luar negri. Tidak hanya dapat mengirim surat, paket, dokumen dan uang kedalam dan luar negri kini PT. Pos Indonesia juga dapat menerima pemabayaran listrik, telepon, air, cicilan kendaraan mengambil bantuan dana pemerintah dan pensiunan serta dapat membeli logam mulai atau emas dari PT. Antam. Tujuan perancangan Kantor Pos pusat di Jakarta Pusat adalah untuk menemukan perancangan interior Kantor Pos yang tepat dan sesuai dengan kondisi kegiatan aktifitas dan fungsi pada setiap ruangannya agar dapat lebih fungsional dan menarik. Sehingga dapat meningkatkan daya produktifitas pekerja dan dapat menarik pengguna jasa layanan Kantor Pos kembali. Dalam prosesnya, perancangan Kantor Pos pusat, Jakarta Pusat melalui beberapa tahapan, diawali dengan pengumpulan data literature, pengamatan di lapangan, analisa data literatur dan lapangan, membuat konsep, membuat keputusan desain, hingga tahap visualisasi dari keputusan desain berupa gambar kerja, gambar presentasi, serta maket.Konsep yang diambil adalah “The Transformation Of Pos Indonesia” yaitu konsep yang ingin menampilkan perubahan pada Kantor Pos pusat, Jakarta Pusat yang lebih maju, modern dan fungsional dari segi desain, bentuk dan pelayanannya sehingga dapat mempercepat dan mempermudah pelayanan daripada sebelumnya. Hasil akhir yang diharapkan dari perancangan interior Kantor Pos pusat, Jakarta Pusat agar menjadi pilihan jasa pengiriman utama di Indonesia yang memiliki fitur yang canggih dan desain yang modern sehingga dapat meningkatkan kinerja pekerja dan dapat menarik pengunjung kembali menggunakan jasa layanan Kantor Pos.

P PT. Pos Indonesia is one of the state-owned companies engaged in mail and package delivery services into the country or abroad. Initially, PT Pos Indonesia was only engaged in the domestic mail delivery service and package. Over time, along with the development of technology, the services of PT Pos Indonesia are also increased and developed. PT Pos Indonesia can now send letters, packages, money, and documents all over the country and abroad. They can also provide services in terms of electricity payment, telephone payment, water payment, retired funds, vehicle installments from the government, and purchasing gold from PT. Antam. The purpose of designing the Central Post Office in Central Jakarta is to discover appropriate, functional, and interesting interior design which meets the needs of Central Post Office in line with the condition and function of activities from each room. By then, it is hoped to increase the productivity of the workers and the attraction of users towards the services provided by the Central Post Office. The design has undergone several stages, it begins with the collection of literature data, field observation, data analysis, concept development, design decision, until visualization stage of the design in the form of working drawings, as well as mockups development. The theme as "The Transformation of Post Indonesia" is a concept that represents the changes of Central Post Office, in Central Jakarta. The changes signify the more advanced, modern, and functional look in terms of design, form, and service so as to accelerate and facilitate services than it used to be. The expected outcome of the interior design of Central Post Office in Central Jakarta is to become the preferred primary delivery service provider in Indonesia that features sophisticated and modern designs which can improve worker performance and can attract returning visitors.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?