DETAIL KOLEKSI

Hubungan Antara Stunting Dan Sosial Ekonomi Keluarga Dengan Prestasi Belajar Murid Kelas 4 Dan 5 Sekolah Dasar


Oleh : Aulia Maruapey

Info Katalog

Nomor Panggil : S 1115

Penerbit : FK - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2017

Pembimbing 1 : Adi Priyana

Subyek : Nutrition

Kata Kunci : stunting, learning achievement, socio-economic, elementary school


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 2017_TA_KD_03013032_Halaman-judul.pdf 16832.84
2. 2017_TA_KD_03013032_bab-1-pendahuluan.pdf 534.87
3. 2017_TA_KD_03013032_bab-2-tinjauan-literatur.pdf 645.42
4. 2017_TA_KD_03013032_bab-3-kerangka-konsep.pdf 615.1
5. 2017_TA_KD_03013032_bab-4-metode.pdf 714.3
6. 2017_TA_KD_03013032_bab-5-hasil.pdf 558.56
7. 2017_TA_KD_03013032_bab-6-pembahasan.pdf 538.18
8. 2017_TA_KD_03013032_bab-7-kesimpulan.pdf 530.26
9. 2017_TA_KD_03013032_Daftar-pustaka.pdf 615.88
10. 2017_TA_KD_03013032_Lampiran.pdf 1118.88

S Stunting adalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu cukup lama akibat pemberian makanan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi. Beberapa penelitian menunjukkan adanya hubungan antara stunting, sosial ekonomi keluarga dengan prestasi belajar murid terutama pada murid sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Antara Stunting dan Sosial Ekonomi Keluarga Dengan Prestasi Belajar Murid Kelas 4 dan 5 Sekolah Dasar. Metode penelitian ini menggunakan studi analitik observasional dengan metode desain potong silang yang mengikut sertakan 89 murid sekolah dasar kelas 4 dan 5. Data dikumpulkan dengan cara mengukur tinggi dan berat berat, dan mengambil data siswa berupa hasil raport dan data sosial ekonomi keluarga. Analisis data dengan menggunakan SPSS dengan tingkat kemaknaan yang digunakan besarnya 0,05. Hasil penelitian dari 89 responden, menunjukkan responden dengan tubuh stunting yang mempunyai prestasi belajar kurang berjumlah 1 orang (14,3%), dan untuk sosial ekonomi keluarga tidak terdapat penurunan prestasi belajar pada murid yang sosial ekonomi keluarganya kurang baik. Dari data tersebut didapatkan hasil Fisher adalah p > 0,05 yang artinya adalah tidak terdapat hubungan antara stunting dan sosial ekonomi keluarga dengan prestasi belajar murid kelas 4 dan 5 sekolah dasar.Kesimpulan penelitian ini menunjukkan tidak ditemukannya hubungan antara stunting dan sosial ekonomi keluarga dengan prestasi belajar murid kelas 4 dan 5 sekolah dasar.

S Stunting is chronic malnutrition caused by insufficient nutrition in a long time due to feeding that is not in accordance with nutritional needs. Several studies have shown a relationship between stunting, socioeconomic family and student achievement, especially in elementary school students. This study aims to find out the relationship between stunting and family socioeconomic learning achievement of grade 4 and 5 elementary school students. This research method used an observational analytic study with a cross-cutting design method that included 89 elementary school students in grades 4 and 5. Data were collected by measuring height and weight, and taking student data in the form of report cards and socio-economic data of the family. Data analysis using SPSS with the significance level used is 0.05. The results of 89 respondents showed that the respondents with stunting bodies had less than 1 student's learning achievement (14.3%), and there were no decreases in learning achievement in the socioeconomic families in students with poor socioeconomic families. From the data, Fisher's result is p> 0.05, which means that there is no relationship between stunting and family socioeconomic learning achievement of grade 4 and 5 elementary school students. The conclusion of this study shows no relationship between family stunting and socioeconomic achievement grade 4 and 5 elementary school students.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?