DETAIL KOLEKSI

Kajian Tingkat Kebisingan Di Sekitar Terminal Bus Pinang Ranti, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur


Oleh : Rydwan Akbar Putra

Info Katalog

Penerbit : FALTL - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2016

Pembimbing 1 : Melati Ferianita Fachrul

Pembimbing 2 : Asih Wijayanti

Subyek : Noise level measurement

Kata Kunci : noise level, vehicles number (volume), vehicles speed, street service level, disturbance level


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 2016_TA_TL_08209018_Halaman-judul.pdf 909.11
2. 2016_TA_TL_08209018_Bab-1.pdf 328.98
3. 2016_TA_TL_08209018_Bab-2.pdf 894.17
4. 2016_TA_TL_08209018_Bab-3.pdf 1475.79
5. 2016_TA_TL_08209018_Bab-4.pdf 901.96
6. 2016_TA_TL_08209018_Bab-5.pdf 227.89
7. 2016_TA_TL_08209018_Daftar-pustaka.pdf 119.62
8. 2016_TA_TL_08209018_Lampiran.pdf 788.76

T Terminal Bus Pinang Ranti merupakan Terminal kelas B terletak di jalan Pondok Gede Raya, Kelurahan Pinang Ranti, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur. Terminal ini merupakan Terminal angkutan umum antar Provinsi, angkutan kota dan juga sebagai Pool sekaligus shelter keberangkatan awal Bus Transjakarta Koridor 9. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji tingkat kebisingan di sekitar Terminal Bus Pinang Ranti, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur. Metode pengambilan data primer menggunakan Sound Level Meter untuk mengukur tingkat kebisingan ekuivalen (Leq) di 10 lokasi lingkungan terminal dan Leq lalu lintas di 2 lokasi di Jl. Pondok Gede Raya pada bulan Desember 2015. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Leq tertinggi terjadi pada hari Selasa di terminal sebesar 71,6 dB(A) yang artinya telah melewati baku tingkat kebisingan (berdasarkan KepGub DKI Jakarta No. 551/2001) sebesar 70 dB(A). Tingkat kebisingan lalu lintas dipengaruhi oleh 2 faktor yaitu volume dan kecepatan kendaraan. Analisis regresi linier berdasarkan nilai Koefisien determinasi (R²) menunjukkan bahwa kecepatan kendaraan hampir tidak memiliki pengaruh terhadap kebisingan dimana nilai R² adalah 0,247. Volume kendaraan yang cukup tinggi dapat diatasi dengan tingkat pelayanan jalan yang baik berdasarkan hasil analisis V/C ratio yang menunjukkan pelayanan jalan di kategori A. Namun kebisingan yang terjadi adalah akibat dari kecepatan kendaraan yang melintas. Kebisingan tersebut memiliki pengaruh terhadap ketergangguan masyarakat. Perlu penelitian lebih lanjut untuk pemisahan kategori jenis kendaraan yang juga berpengaruh terhadap kebisingan yang ditimbulkan.

P Pinang Ranti Bus Terminal is Terminal B class located in roads Raya Pondok Gede, Pinang Ranti Village, Makasar Sub-district, East Jakarta. This terminal is an inter-provincial public transportation terminals, public transportation and shelter as well as the early departure at the same Pool Transjakarta Corridor 9. The purpose of this study was to assess the noise level around the Bus Terminal Pinang Ranti, Makasar Sub-district, East Jakarta. The method of collecting primary data using a Sound Level Meter to measure the equivalent sound pressure level (Leq) in 10 neighborhood locations and Leq terminal traffic at two locations on Jl. Raya Pondok Gede in December 2015. The results of this study showed that the highest Leq occurred on Tuesday in the terminal 71.6 dB (A) which means it has passed the standard noise levels (based KepGub DKI Jakarta No. 551/2001) of 70 dB (A). Traffic noise level is influenced by two factors: the volume and speed of the vehicle. Linear regression analysis based on the coefficient of determination (R ²) indicate that the vehicle speed has almost no impact on the noise which the value of R² is 0.247. Volume high enough vehicle can be overcome with a good level of service based on the results of the analysis of the V / C ratio, which shows the service road in category A. However, the noise that occurs is the result of the speed of passing vehicles. Such noise has an influence on society investment. Further studies on the separation of categories of vehicle types also affect the noise generated.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?