DETAIL KOLEKSI

Evaluasi Kinerja Gate Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makasar


Oleh : Aghil Alifiansyah

Info Katalog

File Jurnal : 00000000000000096779.pdf

Penerbit : FTSP - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2019

Pembimbing 1 : Lucky Suracman

Subyek : Airport gate performance - Evaluation;Analysis of the condition of the apron gate

Kata Kunci : apron gate, parking stand, aircraft movement, ground handling, forecast.


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 2019_TA_TA_051001300120_Halaman-judul.pdf 2192.64
2. 2019_TA_TA_051001300120_Bab-1.pdf 807.08
3. 2019_TA_TA_051001300120_Bab-2.pdf 859.41
4. 2019_TA_TA_051001300120_Bab-3.pdf 580.26
5. 2019_TA_TA_051001300120_Bab-4.pdf 1353.44
6. 2019_TA_TA_051001300120_Bab-5.pdf 160.03
7. 2019_TA_TA_051001300120_Daftar-pustaka.pdf 131.85

G Gate memiliki peran penting sebagai tempat pesawat udara untuk parkir ketempat yang lebih dekat dengan terminal sehingga penumpang dapat dengan mudah dannyaman untuk masuk atau keluar dari pesawat udara, dengan adanya fasilitas garbaratayang merupakan salah satu solusi terbaik untuk meminimalkan risiko membahayakan bagipenumpang dari aktivitas pesawat udara yang sedang beroperasi dan terparkir di parkingstand area gate. Penggunaan gate yang efisien juga harus memperhatikan segi keamanandan pengoptimalan waktu dari aktivitas pelayanan (ground handling) pesawat udara yangterparkir, sehingga perlu adanya perhatian khusus sejak pesawat udara mendarat sampaiblock off dari parking stand agar waktu pemakaian gate oleh pesawat udara dapatdioptimalkan. Untuk mengetahui apakah penggunaan gate dapat mengakomodir denganbaik pergerakan pesawat yang beroperasi di Bandar Udara Internasional SultanHasanuddin Makassar maka dilakukan studi untuk mengevaluasi kinerja gate besertaapron yang tersedia. Evaluasi yang dilakukan berupa hasil dari pengumpulan danpengolahan data yang diperoleh diantaranya, penggunaan parking stand area gate, waktupenggunaan gate, jenis pesawat udara yang menggunakan gate, serta jadwalpenerbangan dari setiap maskapai. Dari hasil evaluasi yang dilakukan diambil kesimpulanbahwa dari jumlah 6 gate yang tersedia masih dapat menampung total 123 pesawat udaradimana dalam 24 jam waktu operasional bandara kapasitas maksimum gate yang tersediaadalah 144 pesawat udara. Dari hasil peramalan diketahui pada tahun 2035 gate danapron secara keseluruhan akan mengalami kejenuhan, dengan kondisi seperti itu dapatdisimpulkan bahwa gate tidak bisa memenuhi kebutuhan pergerakan pesawat udara yangberoperasi utamanya pada saat peak hour di bandara.Kata Kunci : Apron Gate, Parking Stand, Pergeraka

G Gate has an important role as a place for airplanes to park closer to the terminal so thatpassengers can be easily and comfortably entered or exited from an aircraft, with thepassenger boarding bridge facility which is one of the best solutions to minimize the riskthat can harm passengers from aircraft activities that are operating and parked in the gatearea. Efficiency of gate usage are also need to pay attention to security and theoptimization of service activities (ground handling) of parked aircraft, so special attentionneeds to be paid from aircraft when it block off position so that the time of gate use byaircraft can be optimized. To find out whether usage of the gate can accommodate themovement of aircraft operating at Sultan Hasanuddin International Airport in Makassar,studies are conducted to improve gate performance through available aprons. Theevaluation consists of collecting and processing the data obtained, the use of the gateparking area, gate occupancy time, the type of aircraft that uses the gate, and the flightschedules of each airlines. From the results of the evaluation carried out conclusions fromthe number of 6 available gates that can still accommodate a total of 123 aircraft in 24hours airport operational time the maximum available capacity is 144 aircraft. From theforecasting results known in 2035 the gate and the overall apron will be at over capacitycondition, with such conditions it can be denied that the gate cannot services themovement needs of aircraft operating at peak hours at the airport.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?