DETAIL KOLEKSI

Hubungan Kemampuan Multibahasa Dengan Hasil Prestasi Akademik Pada Anak Smp


Oleh : Aninda Dinar Widiantari

Info Katalog

Nomor Panggil : S 721

Penerbit : FK - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2016

Pembimbing 1 : Hannah

Subyek : Academic Achievement - Multilingual ability

Kata Kunci : multilingualism, academic achievement, Junior High School Student.


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 2016_TA_KD_03012024_Halaman-judul.pdf 1344.06
2. 2016_TA_KD_03012024_Bab-1-Pendahuluan.pdf 780.53
3. 2016_TA_KD_03012024_Bab-2-Tinjauan-literatur.pdf 860.13
4. 2016_TA_KD_03012024_Bab-3-Kerangka-konsep.pdf 705.55
5. 2016_TA_KD_03012024_Bab-4-Metode.pdf 781.77
6. 2016_TA_KD_03012024_Bab-5-Hasil.pdf 785.96
7. 2016_TA_KD_03012024_Bab-6-Pembahasan.pdf 619.51
8. 2016_TA_KD_03012024_Bab-7-Kesimpulan.pdf 612.81
9. 2016_TA_KD_03012024_Daftar-pustaka.pdf 706.17
10. 2016_TA_KD_03012024_Lampiran.pdf 1930.14

I Indonesia merupakan negara multikultural dan memiliki 726 bahasa daerah.(5) Di era globalisasi ini, masyarakat Indonesia juga dituntut untuk dapat berbahasa asing. Sebuah riset yang dipublikasikan pada bulan Februari 2015 memperlihatkan bahwa Indonesia merupakan negara dengan 57,3% penduduknya berbicara dua bahasa (6) Penelitian yang dilakukan pada anak-anak di Amerika Serikat menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara anak yang berbicara multibahasa dan yang tidak berkaitan dengan prestasi akademik mereka di sekolah. Dalam studi tersebut juga diperlihatkan anak yang berbicara multibahasa memiliki kemampuan matematika lebih menonjol dibanding yang lain. Penelitian ini dilakukan di SMP Islam Al-Azhar Kelapa Gading pada bulan Desember 2015 menggunakan desain cross-sectional. Sebanyak 120 data primer yang didapatkan dari hasil pengisian kuisoner untuk menguji kemampuan multibahasa dan data sekunder untuk mengetahui hasil prestasi akademis berhasil dikumpulkan secara stratified random sampling. Analisis statistik menggunakan uji T independen dengan batas kemaknaan p <0,05. Berdasarkan sosiodemografik, sampel adalah laki-laki (52,5%) dan perempuan (47,5%). Keseluruhan responden berasal dari keluarga menengah ke atas dan sebagian besar memiliki orang tua dengan latar pendidikan yang tinggi. Kemampuan multibahasa dimiliki oleh sebagian besar siswa yaitu sebanyak 97 orang (80,8%) dengan nilai rata-rata kemampuan matematika adalah 3,37. Kelompok siswa yang tidak memiliki kemampuan multibahasa terdiri dari 23 orang (19,2%) dengan nilai rata-rata kemampuan matematika 3,36. Tidak terdapat hubungan bermakna antara kemampuan multibahasa dengan prestasi akademik (p=0,603) Tidak terdapat hubungan bermakna antara kemampuan multibahasa dan prestasi akademik.Kata kunci : multibahasa, prestasi akademik, anak SMP.

I Indonesia is a multicultural country and has 726 regional languages. (5) In this era of globalization, Indonesian people are also required to speak foreign languages. A study published in February 2015 showed that Indonesia was a country with 57.3% of the population speaking two languages ​​(6) Research conducted on children in the United States showed a significant difference between children who spoke multilingual and those not related to their academic achievements at school. In the study also shown that children who speak multilingual have mathematical abilities that are more prominent than others. This research was conducted at Al-Azhar Kelapa Gading Islamic Middle School in December 2015 using a cross-sectional design. A total of 120 primary data were obtained from the results of filling out the questionnaire to test multilingual skills and secondary data to find out the results of academic achievement successfully collected by stratified random sampling. Statistical analysis used an independent T test with a significance limit of p <0.05. Based on sociodemography, the sample was male (52.5%) and female (47.5%). All respondents came from upper middle class families and most had parents with high educational backgrounds. Multilingual ability is owned by most students as many as 97 people (80.8%) with an average value of mathematical abilities is 3.37. The group of students who did not have multilingual abilities consisted of 23 people (19.2%) with an average score of 3.36 mathematical abilities. There was no significant relationship between multilingual ability and academic achievement (p = 0.603) There was no significant relationship between multilingual ability and academic achievement. Keywords: multilingual, academic achievement, middle school children.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?