DETAIL KOLEKSI

Analisis Tingkat Kebisingan Di Bandar Udara Internasional El Tari Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur


Oleh : Ignasius Maksimilian Klobor

Info Katalog

Penerbit : FALTL - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2019

Pembimbing 1 : Melati Ferianita Fachrul

Pembimbing 2 : Hernani Yulinawati

Subyek : Noise pollution;Environmental engineering

Kata Kunci : noise intensity, airport, WECPNL method, noise level contour


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 2019_TA_STL_08212030_Halaman-judul.pdf 2656.04
2. 2019_TA_STL_08212030_Bab-1.pdf 179.65
3. 2019_TA_STL_08212030_Bab-2.pdf 535.75
4. 2019_TA_STL_08212030_Bab-3.pdf 1035.89
5. 2019_TA_STL_08212030_Bab-4.pdf 634.87
6. 2019_TA_STL_08212030_Bab-5.pdf 100.5
7. 2019_TA_STL_08212030_Daftar-pustaka.pdf 221.12
8. 2019_TA_STL_08212030_Lampiran.pdf 8972.65

B Bandar Udara (Bandara) Internasional El Tari Kupang adalah bandar udara yang terletak di Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Bandara ini memiliki satu landasan pacu (runway) dengan dimensi 3.250 m × 45 m. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kebisingan di sekitar runway Bandara Internasional El Tari, Kupang dan permukiman sekitarnya; menghitung indeks kebisingan dengan metode Weighted Equivalent Continuous Perceived Noise Level (WECPNL) serta membuat kontur tingkat kebisingan (Noise Level Contour) di Bandara Internasional El Tari, Kupang. Data primer diperoleh dengan cara melakukan pengukuran langsung di lapangan, yaitu mengukur intensitas kebisingan dengan menggunakan alat Sound Level Meter (SLM) yang dilakukan selama 16 jam yaitu antara jam 06.00 – 22.00 WITA. Pengambilan data dilakukan saat pesawat melakukan aktivitas tinggal landas atau mendarat. Hasil penelitian menunjukan intensitas kebisingan tertinggi berada pada titik 5 dan titik 9 dengan jarak pengambilan sampel 1000 meter dari ujung landasan pacu 25. Nilai intensitas pada titik 5 sebesar 94,8 dB(A) dan titik 9 sebesar 94,6 dB(A). Intensitas kebisingan terendah berada pada pada titik 12 sebesar 72,3 dB(A) pada jarak 4000 meter dari ujung landasan pacu 27. Kontur kawasan kebisingan sesuai dengan Keputusan Menteri Perhubungan No. 48 Tahun 2002, Bandara Internasional El Tari Kupang memiliki 3 kawasan kebisingan sesuai dari hasil nilai Indeks WECPNL. Pengendalian kebisingan yang dapat dilakukan masyarakat sekitar adalah dengan menanam pohon berdaun rindang di sekitar rumah untuk meredam suara bising yang ditimbulkan.

E EL Tari, Kupang International Airport is an airport located in Kupang City, East Nusa Tenggara Province. It has one runway with dimensions of 3.250 m × 45 m. The purpose of this research are to analize the noise around El Tari, Kupang International Airport’s runway and settlements; to count noise index with Weighted Equivalent Continuous Perceived Noise Level (WECPNL) method; and to make noise level contour (Noise Level Contour). Primary data was obtained by direct measurement in the field, which measures noise intensity using a Sound Level Meter (SLM) that was carried out for 16 hours between 06.00 - 22.00 WITA. Data collection was carried out during aircraft activities such as takeoff or landing. The results showed that the highest noise intensity was at point 5 and point 9 with a sampling distance of 1000 meters from the end of the runway 25. Noise intensity at point 5 was 94.8 dB (A) and point 9 was 94.6 dB (A). The lowest noise intensity was at point 12 at 72.3 dB (A) at a distance of 4000 meters from the end of runway 27. Contour of noise area based of Ministry of Communications Decree No. 48 of 2002. El Tari, Kupang International Airport has 3 designated noise areas from the WECPNL Index value. The noise control can be done by planting leafy trees around the house to reduce the noise generated.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?