DETAIL KOLEKSI

Evaluasi Pencapaian Target Produktivitas Alat Gali Muat Dan Alat Angkut Untuk Pemindahan Overburden Di Pt Global Makara Teknik Site Bre, Kalimantan Selatan


Oleh : Gerhans Julianto Tobing

Info Katalog

Nomor Panggil : 627/TT/2019

Penerbit : FTKE - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2019

Pembimbing 1 : Hermanto Saliman

Pembimbing 2 : Christin Palit

Subyek : Productivity target;Dig tool productivity

Kata Kunci : productivity target, productivity, overburden, velocity.


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 2019_TA_TB_073001400044_Halaman-Judul.pdf 3632.15
2. 2019_TA_TB_073001400044_Bab-1.pdf 531.56
3. 2019_TA_TB_073001400044_Bab-2.pdf 1601.12
4. 2019_TA_TB_073001400044_Bab-3.pdf 732.4
5. 2019_TA_TB_073001400044_Bab-4.pdf 1856.73
6. 2019_TA_TB_073001400044_Bab-5.pdf 501.12
7. 2019_TA_TB_073001400044_Daftar-Pustaka.pdf 689.75
8. 2019_TA_TB_073001400044_Lampiran.pdf 2788.82

P PT Global Makara Teknik selaku kontraktor dari PT Bhumi Rantau Energi telah menetapkan target produktivitas alat gali muat dan alat angkut sebesar 220 BCM/jam. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi ketidaktercapaian produktivitas alat gali muat dan alat angkut yang digunakan untuk pemindahan overburden di PT GMT site BRE Pit Ebony. Proses pemindahan material overburden pada front 1 menggunakan 2 unit alat gali muat Komatsu PC 400 dan Hitachi 470, 7 unit alat angkut Hino FM 260 JD dan 7 unit alat angkut Quester CWE 370 dengan jarak hauling rata-rata yaitu 2900 meter, sedangkan pada front 2 menggunakan 1 unit alat gali muat Hitachi 470 dan 1 unit alat angkut Hino FM 260 JD, 6 unit Quester CWE 370 dengan jarak hauling rata-rata yaitu 3000 meter, pada front 3 menggunakan 2 unit alat gali muat Komatsu PC 400 dan Hitachi 470, 5 unit Hino FM 260 JD, serta 7 unit Quester CWE 370 dengan jarak hauling rata-rata yaitu 2500 meter. Setelah melakukan kegiatan penelitian maka perlu dilakukan evaluasi untuk mengetahui tingkat pencapaian target produktivitas dari alat gali muat dan alat angkut penggalian material overburden. Berdasarkan data aktual hasil didapatkan data produktivitas pada front 1 fleet 1 sebesar 213 BCM/Jam dengan target produktivitas 220 BCM/Jam dan tingkat ketercapaiannya 97%. Sedangkan produktivitas pada front 1 fleet 2 sebesar 207BCM/Jam dan tingkat ketercapaiannya 94%. Pada front 2 produktivitas sebesar 220 BCM/jam, tingkat ketercapaiannya 100%. Sedangkan pada front 3 fleet1 sebesar 216 BCM/jam dengan tingkat ketercapaiannya 98% dan pada front 3 fleet 2 sebesar 211 BCM/jam dengan tingkat ketercapaiannya 96%. Berdasarkan data aktual, produktivitas alat gali muat dan alat angkut belum tercapai sehingga perlu dilakukan evaluasi serta langkah optimasi agar target tercapai. Melalui simulasi perbaikan parameter-parameter produktivitas, seperti simulasi perbaikan kecepatan alat angkut muatan isi menjadi 25 km/jam , muatan kosong menjadi 30 km/jam dan penambahan 1 populasi unit alat angkut pada setiap fleet Pit Ebony didapatkan produktivitas rata-rata setiap fleet sebesar 236 BCM/Jam.

P PT Global Makara Teknik as a contractor from PT Bhumi Rantau Energi has set a target for productivity of loading and unloading equipment and transportation equipment at 220 BCM / hour. This study aims to evaluate the inaccessibility of productivity of loading and unloading equipment and transportation equipment used for overburden removal at PT GMT site BRE Ebony Pit. The transfer process of overburden material on the front 1 uses 2 units of PC 400 and Hitachi 470 Komatsu loading equipment, 7 units of Hino FM 260 JD hauling equipment and 7 units of Quester CWE 370 hauling equipment with an average hauling distance of 2900 meters, while on front 2 using 1 Hitachi 470 loading and unloading unit and 1 unit Hino FM 260 JD, 6 units of Quester CWE 370 with an average hauling distance of 3000 meters, on the front 3 using 2 units of PC 400 and Hitachi 470, 5 Hino FM 260 JD units, as well as 7 units of Quester CWE 370 with an average hauling distance of 2500 meters. After conducting research activities, an evaluation is needed to determine the level of achievement of productivity targets from the loading digging tool and the overburden material excavation equipment. Based on the actual data results obtained productivity data on the front of 1 fleet 1 amounted to 213 BCM / hour with a productivity target of 220 BCM / hour and the level of achievement was 97%. While productivity on the front of 1 fleet 2 is 207BCM / hour and the achievement rate is 94%. On front 2 productivity is 220 BCM / hour, the level of achievement is 100%. Whereas on front 3 fleet1 is 216 BCM / hour with an achievement level of 98% and on the front 3 fleet 2 is 211 BCM / hour with an achievement rate of 96%. Based on the actual data, the productivity of the loading and unloading equipment and transportation equipment has not been achieved so that it is necessary to evaluate and optimize steps so that the target is achieved. Through a simulation of improving productivity parameters, such as simulating the improvement of speed of cargo loading content to 25 km / h, empty load to 30 km / h and adding 1 population of transport units on each fleet Pit Ebony obtained an average productivity of each fleet of 236 BCM / Hour.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?