DETAIL KOLEKSI

Usulan Strategi Meningkatkan Brand Equity Dan Kepuasan Pelanggan Produk Daihatsu Xenia Pada Pt. Astra International Tbk-multibrand


Oleh : Lian Husen

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2005

Pembimbing 1 : Wawan Kurniawan

Subyek : Automobile industry and trade - Management;Consumer satisfaction;Brand name products

Kata Kunci : brand equity, Daihatsu Xenia, customer satisfacton


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 2005_TA_TI_06399361_Halaman-Judul.pdf 4761.92
2. 2005_TA_TI_06399361_Bab-1.pdf 1007.07
3. 2005_TA_TI_06399361_Bab-2.pdf 10460.42
4. 2005_TA_TI_06399361_Bab-3.pdf 1351.39
5. 2005_TA_TI_06399361_Bab-4.pdf 6901.26
6. 2005_TA_TI_06399361_Bab-5.pdf 7274.96
7. 2005_TA_TI_06399361_Bab-6.pdf 1683.06
8. 2005_TA_TI_06399361_Bab-7.pdf 1431.57
9. 2005_TA_TI_06399361_Daftar-Pustaka.pdf 346.36
10. 2005_TA_TI_06399361_Lampiran.pdf 18314.26

K Keberhasilan suatu perusahaan untuk dapat unggul dalam persaingannya dengan perusahaan­ perusahaan lain ditentukan oleh beberapa hal dimana salah satunya adalah melalui strategi pemasaran yang dilakukan dengan perusahaan dalam memasarkan produk-produknya. Salah satu cara dalam merencanakan strategi pemasaran adalah dengan strategi peningkatan ekuitas merk dan pengukuran kepuasan pelanggan . Dengan semakin kuatnya brand equity suatu produk, maka semakin kuat pula daya tarik produk untuk menarik minat konsumen dan jika customer satisfaction sudah tercapai maka akan membuat pelanggan akan loyal.•Daihatsu Xenia memiliki atribut-atribut menarik yang merupakan suatu nilai (asset) yangberarti. Dimana nilai itu ialah nilai yang didapat pada suatu produk bagi perusahaan atau pelanggan perusahaan serta didapat dari sekwnpulan asset yang hubungkan dengan merek, nama dan simbol produk yang dikenal dengan nama brand equity.Penelitian equity merek dilakukan dengan menggunakan kuesioner sebagai saran untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan dalam penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah•judgment sampling. dari data yang diperoleh melalui kuesioner tersebut maka dilakukan pengolahandat.aYlP\_g meliputi statistika deskriptif (mean,frekuensi, dan persentase) dan uji cochran.•..:Berdasarkan basil pengolahan data diketahui bahwa usia responden terbanyak berusia 24 - 30tahun, dengan tingkat pendidikan terakhir S1. Responden terbanyak adalah karyawan swasta. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa brand awareness Daihatsu Xenia paling tinggi dari merek lainnya, dengan persentase brand recall 23%. Brand image yang terbentuk dari Daihatsu Xenia harga jual yang bersaing, harga puma jual yang tinggi desain bentuk yang elegan, Ketahanan Mesin I tidak cepat rusak (kehandalan dan bertenaga), kelengkapan tambahan (Roof Rack, Blower, Spoiler), Image (persepsi terhadap suatu merek atau pengharaan yang !elah diperoleh suatu merek) , Iklan di mediacetak dan media elektronik, Adanya asuransi kendaraan, Mudah untuk perawatan dan kenyamanan mengendarai. Dari bran loyalty atau kesetiaan terhadap Daihatsu Xenia tergolong tinggi dengan nilai switcher sebesar 79%, habitual buyer sebesar 36%, satisfied buyer sebesar 57%, likes the brand sebesar 76% dan committed buyer sebesar 54%.Adapun usulan strategi Daihatsu Xenia secara keseluruhan adalah sebagai berikut: (a) Penayangan iklan sebaiknya secara berkesinambungan baik melalui media cetak atau media elektronik dan pada saat acara-acara yang diminati. (b) Melakukan perbaikan dan pembaharuan teknologi untuk meningkatkan kucyitas (c) Melakukan evaluasi secara kontinu untuk mengetahui keinginan dan harapan konsumeri dengan meninjau dan memonitor kekuatan dan kelemahan kompetitor lain (d) perusahaan harus dapat mempertahankan harga Daihatsu Xenia.Kesimpulan dari penelitian adalah berdasarkan perceived quality harga jual Daihatsu Xenia lebih unggul dari pesaingnya, untuk peningkatan produk harus melakukan pengembangan bahan bakar agar lebih hemat dan mesin lebih handal serta bertenaga, sedangkan pada tingkat customer satisfaction bagi pengguna mobil Xenia sangatlah bagus karena dari nilai rata-rata menunjukkan bahwa setiapatribut yang ditanyakan semuanya termasuk dalam kategori memuaskan.

S Success of of company to exceed in it's competition with other compenies, detennined with several things, where one of them by marketing strategy. One of the ways in planning marketing strategy is strategy brand equity and measurement customer satisfaction. The strength of brand equity makes the product fascination draw consumer enthusiasm. if customer satisfaction has been reached, il will make the consumer loyalDaihatsu Xenia own attribute drawing representating a value (asset) meaning. Valuewhich got by a product for company or customer (client) of the company, which got from a groupof asset which is attnbuted by a brand, name, and symbol of product recognized by the name of brand equity.The brand equity research was conducted by using questioner as medium to obtaininformation required for the research. Judment sampling is the method which is used for research. From data obtained trough the questioner, there for a data processing covering descriptive stastistika (mean. frequency, and the percentage) and test cochran was conducted.Persuant to the result of data processing known that most of the responder age have range between 24-30 year, with bachelors degree at least. Most of respondents came from the private sector employees. Data Preparation produce that Daihatsu Xenia brand awareness is the highest than others, with persentation brand recall 23o/o, brand image that formed from Daibatsu Xenia selling brand that competitive, complete selling price that high, elegant design. engine endurancenot easely broke (reliable and powerful), extra equipment (roof rack, blower, spoiler), image (perseption about a brand or appreciaton that already a brand has), advertisement on a mass media and electrinics, insurance vehicle, maintenance and pleasant to ride on. From brand loyally or loyally lo Daihatsu Xenia is very high with persentation switcher 79%, habitual buyer 36%, satisfied buyer 57%, likes the brand 76%and c<>mmited buyer 54%. .As for proposal of strategy for Daihatsu Xenia as a whole shall be as follows: (a) displaying of advertisement better inthe good continuity trough mass media and at the enthused events. (b) Conduct technological renewal and repair to increase the sound quality and the better picture. (c) Conduct a continuous evaluation in objective to know the desire and expectation from consumer with evaluating and monitoring strength and feebleness olher competitor. (d) Company have establish the price of Daihatsu Xenia .The conclution from the observation based on perceived quality selling price ofDaihatsu Xenia is excellent than the compettitor, to increase product must do chemical en lle innovation in order to econo Wcal and more reliable and powerful, in level consumer satisfaction Xenia is very good because of average value show that every attnoute that is asking all of ihem include in satisfying category .

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?