DETAIL KOLEKSI

Usulan Perbaikan Mengenal Analisa Segmentasi Dan Bauran Pemasaran Pada Toko Pakaian Muslim "sumber Rejeki"


Oleh : Yusak Leonardi Budiharja

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2005

Pembimbing 1 : Wawan Kurniawan

Pembimbing 2 : Ismed Abdurrahman

Subyek : Marketing - Management.;Consumer behavior;Market surveys

Kata Kunci : market segmentation analysis, marketing mix, Muslim clothing, Sumber Rejeki store


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 2005_TA_TI_06397307_Halaman-Judul.pdf 5340.74
2. 2005_TA_TI_06397307_Bab-1.pdf 1941.77
3. 2005_TA_TI_06397307_Bab-2.pdf 15832.19
4. 2005_TA_TI_06397307_Bab-3.pdf 14265.56
5. 2005_TA_TI_06397307_Bab-4.pdf 10700.07
6. 2005_TA_TI_06397307_Bab-5.pdf 8416.5
7. 2005_TA_TI_06397307_Bab-6.pdf 2184.84
8. 2005_TA_TI_06397307_Bab-7.pdf 675.47
9. 2005_TA_TI_06397307_Daftar-Pustaka.pdf 357.6
10. 2005_TA_TI_06397307_Lampiran.pdf 8129.56

T Toko Pakaian Muslim "Sumber Rejeki" didirikan pada tanggal 3 Agustus 2000 oleh Bapak Djayadi Budiharj a dan ist.rinya Ibu Elsy Mercia yang bergerak di bid ang fashion yaitu pakaian muslim khususnya wanita di Pasar Kebon Kembang di Blok E No. 363 dan 366 Bogor. Omzet rata-rata dari toko tersebut termasuk diatas rata-rata bila dibandingkan dengan kompetitornya. Tetapi yang terjadi saat ini adalah terjadinya penurunan omzet hal ini diakibatkan oleh karena persaingan yang ketat dengan kompetitor yang lain hal ini disebabkan oleh karena pakaian yang diju al merupakan pakaian yang sejenis dan satu merk sehingga haruslah dilakukan antisipasi terhadap masalah tersebut sehingga tidak berkelanjutan. Antisipasi yang dilakukan ialah dengan cara melakukan evaluasi kembali segmen pasar yang akan dimasuki agar mendapatkan strategi pemasaran yang lebih tepat, terarah dan efektif.Maka atas dasar data umum peru sal1aan dan data dari Dinas Kependudukan danDinas Catatan Sipil Bogor yang dipergunakan sebagai data sekunder dilakukanlah uji Post Hoc yang ditambahkan dengan data yang diperoleh dari hasil pengisian kuesioner penelitian oleh konsum en yang akan dipergunakan sebagai data primer. Dari kedua data tersebutlah maka dilakukan perhitungan statistika yang terdiri dari perhitungan frekuensi, analisa cluster, pemilihan segmen konsumen, analisa diskriminan, Uji Crosstab dan Chi-Square, serta analisa kuadran. Dari uji yang dilakukan tersebut kemudian dilakukan analisa statistika sesuai perhitungan yang adadikaitkan terhadap bauran pemasaran yang biasa disebut sebagai 4 P yang terdiri dari Produk, Harga, Distribusi dan Promosi yang akan memudahkan didalam perumu san strategi pemasaran yang tepat dan terarah bagi Toko Pakaian Muslim "Sumber Rejeki".Dari hasil pengolahan data yang ada maka konsumen yang ada dapat dibagimenjadi 3 segmen, yaitu antara lain terdiri dari : segmen pertama yang mengutamakan semua atribut yang ada, segmen ke-2 yang mengutamakan atribut bentuk/tamp ilan, ragam/jenis, image/citra, dan daya tarik promosi, sedangkan pada segmen ke-3 mengutamakan atribut pelayanan penjualan.Dari dilakukannya analisa kuadran maka kita dapat mengetahui kepuasan konsumen terhadap toko tersebut. Melalui hasil dari analisa kuadran maka diketahuibahwa konsumen yang ada sudah merasa puas merasa puas terhadap atribut harga jual, image/citra, frekuensi promos i, bahan, bentuk!tampilan, ragam/jenis, kebersihan, pelayan penjualan dan lokasi. Sedangkan yang masih harus diperbaiki karena konsumen masih merasa belum puas adalah atribut warna dan daya tarik promosi. Melalui hasil pengolahan dan analisa data tersebut maka diberikanlah beberapa usulan strategi pemasaran yang memungk inkan untuk dilakukan. Usulan strategi pemasaran yang dilakukan adalah memilih segmen 2 dan 3 sebagai segmen pasar dalam pemasaran pakaian muslim serta mempertahankan atribut-atribut yang menja di keunggulan dan daya tarik hila dibandingkan dengan kompetitor yang dirasa sudah memuaskan bagi konsumen serta meningkatkan atribut-atribut yang dirasakan masih kurang dari Toko Pakaian Muslim "Sumber Rejeki" apabila dibandingkan dengan kompetitor.

S Sumbcr Rejeki.. Moslem clothe store which started on 3rd August, 2000 by.t vlr. Djayadi Budiharja and his wife Mrs . Elsy Mercia, focus on fashion especially on "•omen Moslem clothe at Pasar Kebon Kembang Blok E No.363 and No.366 Bogor. A pproximate of selling "Sumber Rejeki" Moslem clothe store is quite good compared t o it competitor becau se "Sumber Rejek i" Moslem clothe store is new player in this lield according its used to be knowing as "Sumber Rejeki" cake shop. At the present, there is a slight issue that in the past recent month its had decreasing of the selling because of tight competition and selling one kind of clothe and from one label and so that must be taken some action to solve the problem which can be continuing. The of cause decreased of selling is there are another store that selling the same kind of clothe so "Sumber Rejeki" Moslem clothe store needs to be evaluate its target market so that can find the right marketing strategy which more directly and efficient.This research is post hoc segmentation which worked based on general data store and data from Dinas Kependudukan and Dinas Catatan Sipil Kota Bogar as secondary data and questionnaire result as primary data. From those data are measured by some of statistical method such as Frequencies, Cluster Analysis, Consumer Segmentation , Discriminated Analysis, Cross tab Test, Chi-square Test and Quadrant Analysis. From this method, its taken statistic analysis and combine with marketing mixed therefore will make easier to take the best marketing strategy.The r sult of this measured data has distribute the "Sumber Rejeki" Moslem clothe store consumer into.3 segment, that is the consumer who consider to all attribute, second segment is who consider the type, variety, image, and promotion appeal, the third segment is who consider the selling service.The result for using the quadrant analysis is to know the satisfaction of consumer to this store. And therefore the consumer of "Sumber Rejeki" Moslem clothe store are satisfied to the price list, image, promotion frequency, material, type, variety, cleanness, selling service and location attribute. The thing which should be correct to more pleasing the consumer are the color of clothe and promotion appeal. Therefore, the suggestion which can be do by "Sumber Rejeki" Moslem clothe store i s focusing to segment 2 and segment 3 as target consumer and maintaining the strengthens of "Sumber Rejeki" Moslem clothe store attribute which had satisfied consumer and to increase attribute which less from other competitor .

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?