DETAIL KOLEKSI

Usulan komputerisasi penanganan pesanan pelanggan berbasis intranet pada PT. Panamas Mitra Inti Lestari


Oleh : Yoseph Wahyu Ginanjar

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2004

Pembimbing 1 : Dadan Umar

Subyek : Management information systems;Customer service - Data processing

Kata Kunci : computerization, handling customer orders, intranet based, PT. Panamas Mitra Inti Lestari


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 2004_TA_TI_06399254_Halaman-Judul.pdf 4065.92
2. 2004_TA_TI_06399254_Bab-1.pdf 1828.04
3. 2004_TA_TI_06399254_Bab-2.pdf 6302.72
4. 2004_TA_TI_06399254_Bab-3.pdf 2098.44
5. 2004_TA_TI_06399254_Bab-4.pdf 3990.72
6. 2004_TA_TI_06399254_Bab-5.pdf 6204.87
7. 2004_TA_TI_06399254_Bab-6.pdf 9210.69
8. 2004_TA_TI_06399254_Bab-7.pdf 1213.92
9. 2004_TA_TI_06399254_Daftar-Pustaka.pdf 694.15
10. 2004_TA_TI_06399254_Lampiran.pdf 13664.03

D Dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat di era globalisasi tidak hanya dibutuhkan struktur permodalan yang baik, teknologi tinggi dan produk yang berkualitas, akan tetapi diperlukan adanya dukungan infrastruktur informasi sebagai kunci untuk menjadi yang terbaik dalam menghadapi kompetisi.PT. Panamas Mitra Inti Lestari sebagai salah satu perusahaan yang bergerakdibidang industri manufaktur peralatan rumah tangga, saat ini dalam melakukan proses penanganan pesanan pelanggan masih dilakukan secara konvensional. Penerimaan order dari pelanggan masih dilakukan oleh dua departemen yang berbeda yaitu Departemen Sales Marketing dan Plant Manager, hal tersebut mengakibatkan Departemen Sales Marketing tidak dapat menjalankan fungsinya secara maksimal sehingga penanganan pesanan pelanggan tidak berjalan dengan baik. lnformasi yang dibutuhkan pelanggan mengenai pemesanan barang tidak tersampaikan dengan baik selain itu sering terjadi kesalahan dalam penyampaian informasi antar departemen yang berhubungan dengan penanganan pesanan pelanggan. Penyimpanan data - data yang berhubungan dengan kegiatan penanganan pesanan pelanggan saat ini belum ditangani dengan baik sehingga menyebabkan sulitnya memanfaatkan kembali data -data atau Japoran yang telah ada.Berdasarkan basil penelitian yang dilakukan diperusahaan maka akandirancang suatu alternatif sistem informasi barn yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. Usulan komputerisasi penanganan pesanan pelanggan disusun menggunakan pendekatan metodologi campuran anatara tahapan yang ada didalam metodologi FAST (Framework for the Application of System Techniques) dengan aliran proses yang ada pada metodologi wateifall. Tahapan pertama adalah Investigasi Pendahuluan , akan mencari dan mengkategorikan setiap permasalahan yang berbubungan dengan penanganan pesanan pelanggan. Dilakukan pada tabapan kedua, Analisis Permasalahan , untuk memahami penyebab - penyebab dari setiap permasalahan dan menentukan sasaran perbaikan sistem. Berdasarkan basil dari tahapan tersebut akan disusun kebutuhan sistem yang barn serta bagaimana memenuhi kebutuhan tersebut melalui tahapan ketiga, Analisis Kebutuhan. Penentuan kandidat solusi, analisis terhadap terhadap kandidat - kandidat tersebut, dan memilih kandidat terbaik akan dilakukan pada Tahapan Analisis Keputusan (Tahapan Keempat). Selanjutnya akan dilakukan perancangan terhadap sistem yang barn pada tahapan sebelumnya diselesaikan, dan seperti arns pada metodologi ini akan dimulai setelah tahapan sebelumnya diselesaikan , dan seperti arns pada metodologi wateifall tidak ada perputaran kembali ketahapan sebelumnya. Harapan dari penelitian ini adalah memberikan suatu rancangan sistem informasi penanganan pesananan pelanggan bagi perusahaan yang dapat memberikan arus informasi yang lebib baik, lebih teratur dan lebih akurat.

I In order to face the tight business competition in this globalization era, is not only needed a good capitalization structure, high technology and qualified product, but it is obliged to have the support of information infrastructure as the key to e the best in facing the competition .PT. Panamas Mitra Inti Lestari as one of the player in household equipment industrial, currently still using it's conventional system to proceed the customer orderhandling. Order receiving from the customer is still doing by two different departments, which are Sales Marketing Department and Plant Manager. It makes Sales Marketing Department who 's in charged to handle customer order c.an't do its function completely .Due to the problem , the customer becomes confused because the information that is needed about the goods ordering can't be delivered well. Except that, mistakes often happen in delivering information between related customer orders handljng department. The saved data, which is related with customer order handling h<1cm 'tbeen handled w ll and it r.au5 5 the difficulties w re.use the avail::ihle. data arrdreports .Based on the research that has been done in this company, it will be designed the new alternative information system to answer all the current problems. The phases in the FAST (Framework for the Application of System Technology) methodology :md the flow of Waterfall methodology will be combined to arrange this infonnation to

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?