DETAIL KOLEKSI

Usulan sistem layanan informasi pelanggan berbasis short message service (sms) pada PT. Goodway Network internasional


Oleh : Adi Suhendro Gunawan

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2004

Pembimbing 1 : Sucipto Adisuwiryo

Subyek : Information systems;Customer service - Data processing;Text messages (Cell phone systems)

Kata Kunci : information service systems, customers, short message services (sms), PT. International Goodway Netw


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 2004_TA_TI_06300238_Halaman-Judul.pdf 7401.74
2. 2004_TA_TI_06300238_Bab-1.pdf 2275.15
3. 2004_TA_TI_06300238_Bab-2.pdf 9462.04
4. 2004_TA_TI_06300238_Bab-3.pdf 1673.18
5. 2004_TA_TI_06300238_Bab-4.pdf 3948.62
6. 2004_TA_TI_06300238_Bab-5.pdf 29031.1
7. 2004_TA_TI_06300238_Bab-6.pdf 16093.37
8. 2004_TA_TI_06300238_Daftar-Pustaka.pdf 913.53
9. 2004_TA_TI_06300238_Lampiran.pdf 35265.67

P PT. Goodway Network International (GNI) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang Multi Level Marketing (MLM) produk-produk kesehatan. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang MLM, posisi pelanggan menjadi begitu penting sehingga perusahaan perlu berusaha menyediakan pelayanan bagi pelanggan dalam segala hal.Dalam menjalankan bisnis MLM sehari-harinya, pelanggan memilikikebutuhan untuk mengakses informasi yang berkaitan dengan bisnis yang digelutinya. Infonnasi prestasi pribadi seperti point dan bonus dan infonnasi umum lain yang berkaitan dengan bisnis MLM sangat penting bagi pelanggan untuk dapat terns bertumbuh dalam bisnis MLM ini.Menjawab kebutuhan tersebut, PT. GNI telah menyediakan suatu layananinfonnasi pelanggan yang berbasis website. Melalui layanan ini pelanggan dapat memperoleh informasi-infonnasi yang dimaksud.Namun, layanan infonnasi dalam bentuk website tersebut belum dapat memenuhi kebutuhan pelanggan yang seringkali terbentur pada masalahketersediaan media untuk mengakses informasi serta relatif tingginya biaya untuk mengakses informasi tersebut. Untuk menggunakan layanan yang sekarang, pelanggan harus menggunakan komputer yang terhubung ke jaringan internet yang biaya aksesnya relatif tinggi.Oleh karena itu, penulis berusaha merancang suatu alternatif sistem layanan informasi pelanggan di mana sistem tersebut dapat memecahkan batasan ketersediaan media akses informasi dan biaya.Dengan menggunakan Short Message Service (SMS) sebagai basismedianya, pelanggan dapat dengan mudah mengakses informasi lewat teleponseluler pribadinya dengan biaya yang relatif rendah.Untuk perancangan sistem informasi ini penulis menggunakan metodologiModel Driven Development Route (MDDR), sedangkan teknik perancangannya menggunakan Object Modelling Technique (OMT). Pada metode OMT pemodelan mencakup tiga macam model yaitu model fungsional, model objek, dan model dinamis. Untuk pemodelan tersebut, penulis menggunakan notasi Unified Modelling Language (UML) yang sudah menjadi standar bahasa untuk pemodelan objek.Implementasi sistem menggunakan bahasa pemrograman Visual Basicdengan MySQL sebagai database dan telepon seluler sebagai terminal sistem .Pada implementasinya , Sistem Layanan lnformasi Pelanggan berbasis SMStersebut diharapkan dapat meningkatkan pelayanan perusahaan bagi pelanggannya .

P PT. Goodway Network International (GNI) is a company which distribute their products through Multi Level Marketing (MLM) strategy. As an MLM company, its customers have a very important position so that PT. GNI needs to provide services for its customers to meet their needs.To run their daily MLM business, customers need to access informationrelated to the business . Personal achievement informations such as point and bonus and other informations that related to MLM business become very important for customers in order to keep growing in the business .Answering that, PT. GNI is currently providing a web-based customer information service system . Through this service, customers can access information they need.Unfortunately, the web-based customer information system could notanswer the customers needs which often constrained to disavailability of the media to access the information and the cost of the access . To use current service, customers must be connected to internet which relatively high in cost.Because of that, the author tried to design an alternative for the customer information service system which by can solve the constraints of media disavailibility and cost.By using Short Message Service (SMS) as the media, customers can easilyaccess information through their cell phone with a relatively low cost.For the design of the information system, the author uses methodology called Model Driven Development Route (MDDR). Meanwhile, for the design technique, the author uses Object Modelling Technique (OMf). In OMT, there are three models which are functional model , object model, and dynamic model for modelling the system. For notation, the author uses Unified Modelling Language which has become standardized language for object modelling.The system implementation uses Visual Basic for programming language and MySQL for the database, and also a cell phone as system terminal.In the implementation , the SMS-based customer information service systemis expected can improve the quality of service of the company for its customers .

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?