DETAIL KOLEKSI

Analisa Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Pada Pt. Formosa Internasional Investment


Oleh : Florence Chiu Fung

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2004

Pembimbing 1 : Hidayat Ardiwinata

Subyek : Customer satisfaction;Customer loyalty

Kata Kunci : customer satisfaction, customer loyalty, PT. Formosa International Investment


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 2004_TA_TI_06300038_Halaman-Judul.pdf 5214.29
2. 2004_TA_TI_06300038_Bab-1.pdf 2044.95
3. 2004_TA_TI_06300038_Bab-2.pdf 9803.24
4. 2004_TA_TI_06300038_Bab-3.pdf 3583.32
5. 2004_TA_TI_06300038_Bab-4.pdf 9893.11
6. 2004_TA_TI_06300038_Bab-5.pdf 6515.62
7. 2004_TA_TI_06300038_Bab-6.pdf 2031.71
8. 2004_TA_TI_06300038_Bab-7.pdf 1272.68
9. 2004_TA_TI_06300038_Daftar-Pustaka.pdf 1086.09
10. 2004_TA_TI_06300038_Lampiran.pdf 6376.43

P PT Formosa International lnvcst rncnt adalah salah satu pcrusahaan pcnya lu r produ k bubble tea. Pclanggan PT Fom1osa International Investment adalah toko/stan pcnjual minuman huhb/e tea yang terbatas jumlahnya , karena itu pcrusahaan harus bc rusaha mcm pcrtahan kan pelan ggan yang sudah ada, di sarnping beru saha untuk mendapat pelanggan bani. Pelanggan di dalam mcmbuat keputusan pcmbclian memperhatikan nilai-nilai yang menurntnya paling utama saja, sehingga pelanggan akan memprioritaskan penyalur produk bubble tea yang mempunya i nilai yang dianggap paling besar. Pcrusahaan yang dapat memberi nilai sepe1ti yang diharapkan oleh pelanggan, pada umumn ya akan memberi kcpuasan bagi pelanggan dalam mcngkonsumsi produk dari perusahaan tersebut. Kepuasan pelanggan tersebut berdampak pos itif, antara lain pelanggan dapat merekomendasikan perusahaan kcpada orang lain. menjadi lcbih set.ia pada peru sahaan dengan melakuka.n pemb clian ulang, serta memungkinkan untuk membayar pada harga yang lebih tinggi dibanding produk sernpa.Adapun penelitian ini bertujuan untuk men entukan nilai-nil ai utama yang diharapkan pelanggan dalam mcmilih pcnyalur produk bubble tea. mengctahui tingkat kcpuasan pelanggan terhadap produk dan pelayanan PT Formosa International Investm ent, mengetahui tingkat loyalitas pelanggan terhadap PT Fonnosa International Investment. dan sejauh mana kepuasan yang diharapkan pelanggan akan mampu menggerakkan pelan ggan untuk melakukan pembelian ulangPenelitian ini dimulai dengan melakukan pcnyebaran ku esioncr pcndahuluan untukmendapatkan atribut-atribut yang dianggap penting oleh konsumen dalam memilih perusabaan penyalur produk bubble tea. Dari informasi ini. dilanjutkan dengan penyebaran kuesioncr penelitian untuk mcnggali lebih lanjut. Adapun metodc yang digu nakan adalah dengan mctod e deskriptif, analisa kuadran , dan korelasi Spearman.Dari hasil analisa kuadran, disimpulkan bahwa atribut yang harus menjadi prioritas pemsahaan adalah kecepatan staf dalam melayan i da.n hadiah untuk pembelian tertentu . Dari hasil analisa tingkat loyalitas pelanggan, diperoleh 37. 14% respond en sangat setuju untuk melakukan pembelian ulang produk buhhle tea di PT Formosa International Investment, dan 62.86% responden sctuju . 54.28% respond en sangat setuju untuk mengatakan ha! positif mengenai produk dan pelayanan yang diberikan oleh PT Formosa International Investment, dan 45.72% setuju. 51.43% responden sangat setuju untuk mcrekom endasikan PT Fom1osa International Investment sebagai perusahaan pcnyalur produk bubble tea kepada relasinya, dan 48.57% responden setuju. Dari segi harga, ada kecendcrungan di mana responden menjadi tidak setuju ( l l.43%), ragu-ragu (65.71%), dan sctuju (22.86%). Mengenai hubungan antara tingkatkepuasan dan pcmbelian ulang, tcmyata tcrdapat korclasi yang kuat (koefisien korcl asi = 0.838)antara tingkat kepuasan pelanggan dcngan kcinginan mclakukan pemb elian ulan g .Berdasarkan basil pcngolahan data dan analisanya. maka dapat dibcrikan bcbcrapa usulan bagi PT Formosa International Investment. di antaranya menambah jumlah sales yang bertugas di kantor guna meningkatkan kccepatan staf dalam melayani , mcmberikan had iah bernpa suvenir kecil untuk pembelian tcrtcntu. dan mcmbcrikan kalender di akhir tahun.

P PT. Formosa International Investment is one of bubble tea distributors. Their customers are shop or people that sell bubble tea drinks. The nwnber is limited tl1erefore company has to maintain their customers besides that they have to searc11 new customers. Customers usually pay attention on value that is very important if they want to buy , therefore customers will choose the bubble tea distributors that have the highest value. Company that could give good value will make tl1eir customers satisfy. Customers satisfaction will impact positive results, such as they will recommend company to other people, become more loyal to the company by repurchasing the good s, and also they are willing to buy the same product in higher price.This research have several pmposes, such as to detennine the important value, to know customers satisfaction level for product and service, to know customers loyalty level, and to know how far customers satisfaction will motivate customers to repurchase agam .This research is done by distributing the introduction questimmaire to obtain attributes that is very important for customers to choose the bubble tea distnoutors. The next step is spreading the research questionnaire. Descriptive metltods, quadrant analysis, spearman correlation are used for this research.Based on quadrant analysis we could conclude that company has to put attention on two attributes that are very important. They are the speed of staff in serving customers and the present that company give to customers. Based on customers loyalty analysis we could conclude that 37.14% respondent are very agree and 62.86% respondent are agree to repurchase bubble tea product from PT. Formosa International Investment. 54.28% respondent are very agree and 45.72% respondent are agree to say positive about product and service from the company . 51.43% respondent are very agree and 48.57% respondent are agree to reconunend the company as bubble tea distributors to their mends. 11.43% respondent are not agree, 65.71% respondent are doubt, 22.86% respondent are agree to pay in higher price. There is a strong correlation (coefficient correlation = 0.838) between customers satisfaction and the desire to repurchase tl1e product again.There are several suggestions for the company. Company has to hire other sales to work in the office in order to increase the speed of staff in serving customers. Company should give present to customers such as souvenir for certain purcb.asing and also give calendar at the end of the year.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?