DETAIL KOLEKSI

Usulan Perawatan Pencegahan Untuk Meminimasi Downtime Pada Departemen Pressing Pt. Indomobil Suzuki International Plant Tambun Ii


Oleh : Irvan Fardani

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2004

Pembimbing 1 : Pudji Astuti

Subyek : Machinery in industry - Maintenance and repair;Industrial equipment - Maintenance and repair

Kata Kunci : engine preventive maintenance, downtime, Pressing Department, PT. Indomobil Suzuki International


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 2004_TA_TI_06399278_Halaman-Judul.pdf 5571.99
2. 2004_TA_TI_06399278_Bab-1.pdf 1814.19
3. 2004_TA_TI_06399278_Bab-2.pdf 10105.97
4. 2004_TA_TI_06399278_Bab-3.pdf 1974.68
5. 2004_TA_TI_06399278_Bab-4.pdf 14781.58
6. 2004_TA_TI_06399278_Bab-5.pdf 4163.81
7. 2004_TA_TI_06399278_Bab-6.pdf 1039.55
8. 2004_TA_TI_06399278_Daftar-Pustaka.pdf 695.01
9. 2004_TA_TI_06399278_Lampiran.pdf 25315.69

P P.T Il\1DOMOBIL SUZUKI INTERNATIONAL salah satu pabrik perakitan mobil yang berada di Indonesia yang cukup besar, yang memproduksi merk SUZUKI jenis Futura, Escudo 2.0, serta Baleno. Dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat akan transportasi darat yang memadai P.T INDOMOBIL SUZUKI INTERNATIONAL dituntut untuk dapat memenuhi kebutuhan tersebut dengan mengoptimalkan kinerja produksinya, hingga akhir September 2003 angka produksinya mencapai 51.848 unit. Proses perakitan mobil terdiri dari beberapa tahap, yaitu proses pressing, proses welding, proses painting, proses assembling, dan tahap pengetesan.Permasalahan yang dihadapi peru sahaan saat ini ialah, meskipun sudahmelakukan tindakan perawatan yang terjadwal dan perbaikan mesin-mesin produksi yang rusak tapi belum dapat memin imasi breakdown yang terjadi dikarenakan jadwal penggantian komponen ditunggu hingga kira-kira komponen tidak dapat beroperasi lagi. Dengan berhentinya mesin produksi maka akan menyebabkan penambahan waktu untuk mengejar target produksi yang ditentukan .Untuk mengatasi permasalahan yang terjadi maka perlu dilakukan tindakanperawatan pencegahan dengan melakukan penggantian komponen dengan waktu yangtepat sehingga diharapkan tidak terjadi breakdown yang diluar dugaan.Data yang digunakan untuk melakukan penelitian ialah data kerusakan mesin di bagian pressing lini 1200, 500, dan 400 dari bulan Januari 2003 - Mei 2004. Dengan menggunakan diagram pareto didapat lini kritis dan mesin kritisnya ialah, lini 500 mesin (331-076) Fukui 300Ton dan mesin (331-075) Fukui 300Ton. Dan dengan diagram pareto lagi didapat komponen kritis untuk masing-masing mesin ialah, mesin (331-076) Fukui 300Ton: Clamper Dies dan Seal Lubrication Pump dan mesin (331-75) Fukui 300Ton: Clamper Dies.Langkah perhitungan untuk mendapatkan jadwal penggantian dan pemeriksaan komponen tersebut adalah penentuan distribusi data dengan least square curve fitting, penentuan parameter MTTF dan MTTR dengan A1LJ:,', kemudian pengujian distribusi (goodness offit).Penentuan interval waktu penggantian pencegahan berdasarkan metodeminimasi downtime dengan model age replacement ialah sebagai berikut: mesin (331-76) Fukui 300Ton; komponen Clamper Dies diganti tiap mesin berjalan 803jam ,komponen Seal Lubrication Pump diganti tiap mesin berjalan 697jam , dan mesin (331-75) Fukui 300Ton; komponen Clamper Dies diganti tiap mesin berjalan 1270jam. Sedangkan untuk mengoptimalkan penggantian pencegahan komponen, dilakukan pemeriksaan untuk komponen-komponen tersebut. Untuk mesin (331-076) Fukui 300Ton; komponen Clamper Dies dan Seal Lubrication Pump diperiksa tiap 235jam (2kali per bulan), sedangkan untuk mesin (331-075) komponen Clamper Dies diperiksa tiap 235jam (2kali per bulan).

P PT. INDOMOBIL SUZUKI INTERNATIONAL is one of the automobile assembly in Indonesia which is well known, and producing the SUZUKI, Futura brand, Escudo 2.0, and Baleno. With the highly increasing needs of the people of the land transportation, PT. INDOMOBIL SUZu"'KI INTERNATIONAL is demanded to fulfill the need by optimizing the production's performance, until the end of September 2003, the production level has reached 51.848 unit. The automobile assembly process are consists of several steps: press;ng process, •weld;ng process, pa;nting process, assembling process, and testing process_The issue that has been experiencing by the company, even though the company has implemented a well scheduled maintenance action and production machines service could not minimizing the breakdown is because the component switching schedule is expected until the components worn out. And when the production machine stops working, thus created a time additional to pursue the production target that has been set before .In order to overcome this issue, the prevention maintenance action is required byimplementing the component's switching with the time punctualit y and it is expectednot to create a breakdown beyond expectation.Data was used in this research is the machine damage data on the line pressing department of 1200, 500, and 400 from January 2003- May 2004. By using the Pareto diagram, the critical line and critical machine are, machine line 500 (331-076) Fukui 300 tons and Fukui machine 300 tons (331-075). And with the Pareto Diagram obtained the critical components for each machines, which are: Fukui 300 tons machine (331- 076): Clamper Dies and Seal Lubrication Pump and Fukui 300 tons machine (331-075): Clamper Dies.The measurement which was used to obtained the switching schedule and thecomponent's checking is the data distribution settlement with the least square curve fitting, the MTTF and MTTR parameter settlement with MLE, thus, testing the distribution (goodness of fit).The settlement of the prevention switching time interval was made based on thedowntime minimizing with the age replacement model , which are as follows: Fukui 300 tons machine (331-076) ; Clamper Dies component was replaced every 803 hours the machine is running, the Seal Lubrication Pump was replaced ever 697 hours the machine is running and Fukui 300 tons machine (331-075); Clamper Dies component was replaced every 1270 hours the machine running. While to optimized the component prevention replacement , the examination was implemented for those components . For the Fukui 300 tons machine (331-076): the Clamper Dies and Seal Lubrication Pump components was examined every 23 5 hours (twice per month).

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?