DETAIL KOLEKSI

Perancangan lansekap Sekolah International Global Jaya , Pondok Aren Jawa Barat = Landscape Design/or Global Jaya International School, Pondok Aren, West Java)


Oleh : Diah Yulita Sari

Info Katalog

Penerbit : FALTL - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2002

Pembimbing 1 : Rustam Hakim

Subyek : Schools - Designs and plans;Landscape architecture

Kata Kunci : Global Jaya International School, outdoor space design, landscape design


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 2002_TA_SAL_08196022_Halaman-Judul.pdf 1131.37
2. 2002_TA_SAL_08196022_Lembar-Pengesahan.pdf 863.38
3. 2002_TA_SAL_08196022_Bab-1_Pendahuluan.pdf 901.73
4. 2002_TA_SAL_08196022_Bab-2_Studi-Kepustakaan.pdf 2062.46
5. 2002_TA_SAL_08196022_Bab-3_Identifikasi-Potensi.pdf 654.5
6. 2002_TA_SAL_08196022_Bab-4_Program-Pengembangan.pdf 738.5
7. 2002_TA_SAL_08196022_Bab-5_Konsep-Perancangan.pdf 916.65
8. 2002_TA_SAL_08196022_Bab-6_Hasil-Perancangan.pdf 1009.47
9. 2002_TA_SAL_08196022_Daftar-Pustaka.pdf 640.08
10. 2002_TA_SAL_08196022_Lampiran.pdf 12848.83

S Sekolah Intemasional Global Jaya yang memiliki luas 8 Ha ini dengan pembagian I 0,2 % ( 1 HaY lahan terbangun dan 89,8 % (7 Ha) lahan tak terbangun memiliki potensi yang besar untuk perancangan ruang luar dan ruang terbuka yang merupakan salah satu prasarana penting dan berperan dalam menunjang kegiatan pendidikan pada Sekolah Intemasional, baik pendidikan formal maupun informal. Sekolah ini memiliki tingkat pendidikan dari Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Umum (SMP) serta Sekolah Menengah Atas (SMA).Oleh karena itu maka pengembangan fungsi ruang luar ditekankan pada fungsi tapak sebagai pusat kegiatan belajar mengajar dengan program pengembangan fungsi ruang luamya diarahkan pada kebutuhan pemakai, kondisi tapak, fungsi bangunan dan penggolongan jenis pengunjung .Konsep dasar perancangan Sekolah International Global Jaya ini berlandaskan pada potensi ruang luar tapak, tema rancangan serta interpretasi lansekap yang digunakan. Berdasarkan hal tersebut maka Sekolah Internasional Global Jaya ini dapat dikembangkan menjadi suatu kawasan pendidikan yang terpadu dengan segala unsur- unsur pendukungnya yang menyatu dan saling mendukung untuk menjalankan sistem pendidikan yang baik.Rancangan yang dihasilkan berupa pembagian area yaitu area penerima yang bersifat umum dengan fasilitas pintu masuk, tempat turun mobil dan parkir, area pendidikan formal yang bersifat pribadi dengan fasilitas tempat diskusi, berinteraksi ruang luar dan kolam yang mengalir, area olahraga yang bersifat semi umum dengan fasilitas lapangan tennis, lapangan basket, lapangan volley, gedung olahraga yang bersifat semi pribadi dengan fasilitas parkir, tempat-tempat duduk ruang luar dan yang terakhir adalah area pendidikan informal yang bersifat pribadi dengan fasilitas untuk kegiatan pasif yaitu sarana interaksi, taman baca, sedangkan fasilitas untuk kegiatan aktif yaitu permainan-permainan tantangan yang merupakan taman bermain anak.

G Global Jaya International School having 8 Ha consisting of 10,2 % (1 Ha) built area and89,8 % (7 Ha) unbuilt area has great potential for outdoor space design and. open space as an important facility to support the formal and informal education activities in the International School. The education levels in this school consisting of Kindergarten, Primary School, Junior High School and Senior High School.Therefore the development of the outdoor space is emphasized on the site function as the center of the learn and teaching activities with development of outer function space program oriented to the user needs, site condition, building fuction and visitor classification.The basic design concept of the Global Jaya International School is based on the potential of space out of the site, design theme and landscape interpretation. Based on the condition, Global Jaya International School can be developed to be an intergrated education area with all of the unified and interrelated supporting elements to operate good education system.The final design constitutes a public reception area with an entrance, drop off and parking. lot, outdoor seatting space and personal informal education area with passive activities facilities such as interaction facilities, reading park, while the active activities facilities consist of outbound and challenging games as children play ground.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?