DETAIL KOLEKSI

Perancangan model dan pengukuran kinerja departemen human resource dengan menggunakan metode human resources scorecard pada PT. XYZ


Oleh : Fransnico Sitorus

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2020

Pembimbing 1 : Triwulandari

Pembimbing 2 : Imam Kisowo

Subyek : Industry;Personnel management

Kata Kunci : balanced scorecard, and human resources scorecard, performance measurement


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 2020_TA_STI_063001500078_Halaman-Judul.pdf 280.31
2. 2020_TA_STI_063001500078_Lembar-Pengesahan.pdf 280.05
3. 2020_TA_STI_063001500078_Bab-1_Pendahuluan.pdf 366.01
4. 2020_TA_STI_063001500078_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf 1186.11
5. 2020_TA_STI_063001500078_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf 89.44
6. 2020_TA_STI_063001500078_Bab-4_Analisis-dan-Pembahasan.pdf 2316.31
7. 2020_TA_STI_063001500078_Bab-5-_Kesimpulan.pdf 238.64
8. 2020_TA_STI_063001500078_Daftar-Pustaka.pdf 288.27
9. 2020_TA_STI_063001500078_Lampiran.pdf 558.97

P PT. XYZ adalah sebuah perusahaan industri yang bergerak dibidang produksi ubin keramik. Permasalahan yang dialami oleh PT. XYZ yaitu tingkat produksi yang menurun dan tidak tercapainya hasil produksi terhadap target produksi. Tujuan penelitian ini adalah melakukan perancangan model dan pengukuran kineja Departemen Human Resources dengan metode Human Resources Scorecard. Langkah awal dari perancangan model Human Resources Scorecard adalah menerjemahkan visi, misi, dan strategi Departemen Human Resources kedalam perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, kemudian mengidentifikasi Human Resources Deliverable dan merancang peta strategi, kemudian diselaraskan Human Resources Architecture dengan Human Resources Deliverable. Setelah itu, dirancang sistem pengukuran strategi sumber daya manusia yang terdiri dari tujuan strategis, pengukuran, dan inisiatif. Pembobotan untuk masing-masing tujuan strategis dilakukan dengan menggunakan metode Pairwise Comparison, kemudian bobot yang didapat dikalikan dengan nilai tujuan strategis. Nilai kinerja Human Resources diperoleh dengan menjumlahkan hasil kali nilai kinerja masing-masing perspektif dengan bobot perspektif. Berdasarkan model Human Resources Scorecard yang telah dirancang untuk dijadikan alat pengukuran yaitu terdapat 7 sasaran strategis pada keempat perspektif dan memiliki ukuran, target, dan insiatif masing-masing tujuan strategis, maka didapatkan nilai perspektif keuangan adalah 2, perspektif pelanggan adalah 3.25, perspektif bisnis internal adalah 3.64, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan adalah 4. Setelah melakukan perancangan model dan pengukuran Human Resources Scorecard, didapatkan hasil score 3.20 yang berarti strategi tersebut memasuki kategori dalam skala 2.8 – 3.6, yaitu cukup baik.

P PT. XYZ is an industrial company enganged in the ceramic tiles production. Problems experienced by the company, which is a decreasing production level and the company’s target aren’t achieving. The purpose of this study is to design the model and measurement the performance of the Human Resources Department by using the Human Resources Scorecard Method. The first step to designing the Human Resources Scorecard are describing the vision, mission, and strategy of the Human Resources Department into a financial perspective, customer perspective, internal business perspective, and learning and growth perspective, then identify the Human Resources Deliverables and design the strategy map, then the Human Resources Scorecard is aligned with Human Resources Deliverables. After that, a Human Resources strategy system designed that consist of objectives strategy, measurement, and initiative. The weighting for each objectives strategy is carried out by using the Pairwise Comparison Method, then the weight obtained is multiplied by the value of the objectives strategy. The value of Human Resources Performance is obtained by adding up the times the performance value of each perspective with the weight of the perspective. Based on the Human Resources Scorecard model that has been designed to be used as a measurement tool, there are 7 strategic goals in all four perspectives and has the size, target, and initiative of each objectives strategy, the value obtained from a financial perspective is 2, customer perspective is 3.25, internal business perspective is 3.64, and the learning and growth perspective is 4. After designing the Human Resources Scorecard model and measurement, it’s obtained a score of 3.20, which means that the strategy entered the category on a scale of 2.8 – 3.6, which is quite good.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?