DETAIL KOLEKSI

Hubungan antara waktu sekolah dengan atensi pada siswa kelas 4 Sekolah Dasar


Oleh : Ina Uli Tondi Tarigas Siahaan

Info Katalog

Nomor Panggil : S 1248

Penerbit : FK - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2018

Pembimbing 1 : Riani Indiyarti

Subyek : Attention;Education psychology

Kata Kunci : school time, attention, elementary school children


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 2018_TA_KD_03014094_Halaman-judul.pdf 1139.28
2. 2018_TA_KD_03014094_Pengesahan.pdf 881.1
3. 2018_TA_KD_03014094_Bab-1-Pendahuluan.pdf 700.56
4. 2018_TA_KD_03014094_Bab-2-Tinjauan-literatur.pdf 993.45
5. 2018_TA_KD_03014094_Bab-3-kerangkakonsep.pdf 827.71
6. 2018_TA_KD_03014094_Bab-4-Metode.pdf 1009.1
7. 2018_TA_KD_03014094_Bab-5-Hasil.pdf 702.07
8. 2018_TA_KD_03014094_Bab-6-Pembahasan.pdf 694.88
9. 2018_TA_KD_03014094_Bab-7-Kesimpulan.pdf 692.03
10. 2018_TA_KD_03014094_Daftar-pustaka.pdf 885.52
11. 2018_TA_KD_03014094_Lampiran.pdf 1668.13

L LATAR BELAKANG: Waktu sekolah adalah saat dimana seseorang belajar di sekolah dan merupakansalah satu faktor yang dapat mempengaruhi atensi pada siswa. Gangguan padaatensi akan berdampak buruk terutama pada usia anak-anak. Penelitian inidilakukan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, maka perlu dilakukanpenelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara waktu sekolahdengan atensi.METODE:Jenis penelitian ini merupakan analitik observasional dengan pendekatan studicross-sectional (potong lintang) dengan uji analisis menggunakan chi-square.Penelitian ini dilakukan kepada 64 siswa di kelas 4 SD Negeri Jelambar 06. Datadikumpulkan dengan cara mengisi kuesioner yang meliputi jenis kelamin danwaktu sekolah. Tes atensi dilakukan dengan menggunakan lembar vigilance test.Data diolah dengan menggunakan uji Chi-square dan tingkat kemaknaan yangdigunakan besarnya 0,05.HASIL:Terdapat hubungan bermakna secara statistik antara waktu sekolah dengan atensipada anak sekolah dasar dengan p value=0,000.KESIMPULAN:Terdapat hubungan yang bermakna antara waktu sekolah dengan atensi padasiswa kelas 4 Sekolah Dasar (SD).

B BACKGROUND:School time is the time when a person is studying at school and is one of thefactors that can affect attention to students. Disruption of attention will be badespecially at the age of the children. This research was conducted to improvestudent achievement, it is necessary to do research that aims to know therelationship between school time with attention.METHOD:This type of research is an observational analitical approach with cross-sectionalstudy (cross sectional) with analysis test using chi-square. This research wasconducted to 64 students in grade 4 of State Elementary School Jelambar 06. Datacollected by filling questionnaires covering gender and school time. Attentiontests are performed using a vigilance test sheet. Data analysis using Chi-squareand significance level used is 0.05.RESULTS:There was a statistically significant relationship between school time and attentionin primary school children with p value = 0,000.CONCLUSION:There is a significant relationship between school time and attention to grade 4elementary school students (SD).

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?