DETAIL KOLEKSI

Pemotretan makanan dengan teknik low key sebagai media promosi instagram Restauran Ara Jakarta


Oleh : Yulianto

Info Katalog

Nomor Panggil : 002/SR/2020

Penerbit : FSRD - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2020

Pembimbing 1 : Silviana A. A. Tahalea

Pembimbing 2 : Ratih Chandrastuti

Subyek : Photography of food

Kata Kunci : low key


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 2020_TA_SFG_092001500005_Halaman-judul.pdf 4286.75
2. 2020_TA_SFG_092001500005_Pengesahan.pdf 3500.39
3. 2020_TA_SFG_092001500005_Bab-1_Pendahuluan.pdf 433.58
4. 2020_TA_SFG_092001500005_Bab-2_Tinjauan-data-dan-landasan-teori.pdf 753.86
5. 2020_TA_SFG_092001500005_Bab-3_Proses-berkarya.pdf 685
6. 2020_TA_SFG_092001500005_Bab-4_Deskripsi-karya.pdf 1560.03
7. 2020_TA_SFG_092001500005_Bab-5_Kesimpulan-dan-saran.pdf 94.28
8. 2020_TA_SFG_092001500005_Daftar-Pustaka.pdf 23.42
9. 2020_TA_SFG_092001500005_Lampiran.pdf 1395.43

P Penciptaan karya ini bertujuan untuk meningkatkan minat pecinta Japanesee Fushion untuk memilih restoran Nara Jakarta sebagai tempat makan dan mengaplikasikan image restoran Nara Jakarta melalui media fotografi makanan. Nara merupakan sebuah restoran dengan konsep Japanese Fusion dan memiliki target market kelas menengah keatas. Japanese Fusion adalah penggabungan teknik masak maupun bumbu-bumbu yang berasal dari dua negara atau lebih. Proses penciptaan karya ini penulis menggunakan teknik low key yang didominasi oleh warna hitam dan styling makanan yang sederhana agar dapat menimbulkan kesan minimalis. Hal ini sesuai dengan konsep dan image dari restoran nara yang mempunyai target market mengeah keatas.Penciptaan karya ini bertujuan sebagai media promosi online berupa Instagram, karena platform tersebut mudah dijangkau dan tingkat engagement-nya tinggi. Penulis melakukan riset tentang foto-foto yang digunakan oleh restoran Nara Jakarta dalam promosi sebelumnya dan menyimpulkan bahwa foto-foto tersebut rendah enggament karena tidak sesuai dengan image restoran Nara sendiri dan secara konseptual tidak sesuai untuk taste mesyarakat menengah keatas.Dalam pembuatan karya ini menggunakan metode pendekatan observasi secara langsung ke restoran Nara Jakarta dan untuk memilih makanan yang menjadi signature dari restoran tersebutdan eksperimentasi dalam studio foto untuk pencahayaan yang tepat untuk tehnik low key.Setelah melakukan riset dan melakukan pemotretan penulis menyimpulkan bahwa tehnik lowkey dengan styling makanan yang sederhana membuat tampilan makanan lebih high end sehingga lebih sesuai dengan image dan target market restoran Nara Jakarta.

T This project aims to boost the interest of Japanese Fusion lovers on Nara Restaurant in Jakarta as their dining option and to apply the image of the restaurant through food photography media. Nara is a restaurant with Japanese Fusion concept targeting the upper middle class. Japanese Fusion is the combination of two or more cooking techniques as well as spices originated from different countries. In this project, writer used low key technique that is predominantly black and simple food styling to create minimalist impression. This is in accordance with the concept and image of Nara Restaurant which targeting the upper middle class.In addition, Instagram was chosen as a platform of online promotional media for it is reachable and its high level of engagement. Writer conducted a research on previous promotional photographs which had low level of engagement because they did not represent Nara’s image and conceptually were not suitable for the taste of the upper middle class.To complete this project, writer used observation method by coming directly to the restaurant to choose their signature dish and experimented in studio to find proper lighting for the low key technique.After some researches and photo shoots it can be concluded that low key technique and simple styling create high end image of the food so that it is more suitable for the image and target market of the Nara Jakarta restaurant.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?