DETAIL KOLEKSI

Hubungan antara persepsi mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti pada proses tutorial dengan nilai Indeks Prestasi Kumulatif


Oleh : Mirad Aditya

Info Katalog

Nomor Panggil : 610.711/ADI/h

Penerbit : FK - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2015

Pembimbing 1 : Revalita Wahab

Subyek : Academic achievement;Problem-based learning

Kata Kunci : problem-based learning, tutorial, students


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 2015_TA_SKD_03010179_Halaman-judul.pdf 741.98
2. 2015_TA_SKD_03010179_Pengesahan.pdf 741.98
3. 2015_TA_SKD_03010179_Bab-1_Pendahuluan.pdf 764.74
4. 2015_TA_SKD_03010179_Bab-2_Tinjauan-literatur.pdf 756.1
5. 2015_TA_SKD_03010179_Bab-3_Kerangka-konsep.pdf 631.83
6. 2015_TA_SKD_03010179_Bab-4_Metode.pdf 672.65
7. 2015_TA_SKD_03010179_Bab-5_Hasil.pdf 748.99
8. 2015_TA_SKD_03010179_Bab-6_Pembahasan.pdf 730.33
9. 2015_TA_SKD_03010179_Bab-7_Kesimpulan.pdf 639.09
10. 2015_TA_SKD_03010179_Daftar-pustaka.pdf 710.27
11. 2015_TA_SKD_03010179_Lampiran.pdf 1242.8

L LATAR BELAKANG Problem based learning (PBL) adalah pada dasarnya merupakan desain sistem pembelajaran strategis, yang menggabungkan beberapa pelengkap pendidikan untuk penyampaian sebuah instruksi.(1)Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pemahaman mahasiswa pada proses pelaksanaan tutorial dalam pembelajaran mahasiswa. METODE Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Pada penelitian ini menggunakan rancangan phenomenology. Rancangan ini berupa deskripsi pengalaman dan persepsi subjektif dari mahasiswa sebagai pelaksanaan tutorial pada FK Trisakti mengenai salah satu pelaksana proses dari problem based learning. Pengambilan data dengan cara focus group discussion dan dengan jumlah sampel menggunakan sistem snowball sampling. HASIL Didapatkan dalam penelitian ini beberapa tema yaitu pemahaman dari PBL, Kendala dalam pelaksanaan tutorial, dan masukan untuk meningkatkan pelaksanaan tutorial kedepanya. KESIMPULAN Mahasiswa merasakan manfaat dari sistem PBL tutorial yang dipakai pada FK Trisakti. Nilai dari indeks prestasi kumulatif tidak berhubungan dengan persepsi mahasiswa tentang proses tutorial.

B BACKGROUND Problem based learning (PBL) is basically a strategic learning system design , which incorporates several complementary education for the delivery of an instruction . ( 1 ) This research aims to study the students' understanding of the process of implementing a tutorial in student learning. METHODS The method used is qualitative research . In this study, using the draft phenomenology . The design of this form of description of experience and subjective perception of students as the implementation of a tutorial on FK Trisakti about one of the implementing process of problem based learning. Collecting data by means of focus group discussion and the number of samples using snowball sampling system. RESULTS Obtained in this study some themes, namely understanding of PBL , constraints in the implementation of the tutorials , and feedback to improve the implementation kedepanya tutorial . CONCLUSION Students benefit from PBL tutorial system used on FK Trisakti . The value of the cumulative grade point unrelated to the student's perception about the tutorial

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?