DETAIL KOLEKSI

Rebranding produk makanan ikan cakalang FUFU khas Manado untuk target market pasar lokal dan ekspor


Oleh : Reka Lestary Husain

Info Katalog

Nomor Panggil : 014/2-DKV/2020

Penerbit : FSRD - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2020

Pembimbing 1 : Virginia Setiadi

Pembimbing 2 : Bambang Triwardoyo

Subyek : Brand name products;Commercial art

Kata Kunci : product rebranding, skipjack fish food, Manado specialties, local markets, export markets


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 2020_TA_SDK_091301500042_Halaman-judul.pdf 643.85
2. 2020_TA_SDK_091301500042_Pengesahan.pdf 653.96
3. 2020_TA_SDK_091301500042_Bab-1_Pendahuluan.pdf 265.06
4. 2020_TA_SDK_091301500042_Bab-2_Landasan-teori.pdf 8011.19
5. 2020_TA_SDK_091301500042_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf 583.28
6. 2020_TA_SDK_091301500042_Bab-4_Data-dan-analisis.pdf 8715.9
7. 2020_TA_SDK_091301500042_Bab-5_Perencanaan-dan-perancangan-visual.pdf 11743.16
8. 2020_TA_SDK_091301500042_Bab-6_Kesimpulan.pdf 224.35
9. 2020_TA_SDK_091301500042_Daftar-pustaka.pdf 482.59
10. 2020_TA_SDK_091301500042_Lampiran.pdf 202057.32

M Maraknya pemasaran merek lokal saat ini khususnya pariwisata dan kuliner yang akan terus tumbuh membuat UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di berbagai wilayah Indonesia melakukan berbagai strategi agar produk yang mereka pasarkan dilihat oleh banyak konsumen salah satunya adalah melakukan visual branding. Menurut Alina Wheeler (2013), branding merupakan salah satu proses disiplin yang membangun kesadaran dan memperpanjang kesetiaan konsumen.Branding visual adalah cara brand untuk memperlihatkan identitas dan keunggulan yang mereka miliki dan memberi pengaruh terhadap persepsi audiens maka dari itu visual branding sangat penting untuk menentukan merek setiap produk. Jika pesan yang disampaikan oleh sebuah brand tidak sesuai dengan nilai produk dan brand itu sendiri maka para audiens akan bingung untuk menerjemah maksud dari brand tersebut lalu berakhir diabaikan oleh audiens.“Kazana: Cakalang Fufu” adalah salah satu UMKM berasal dari Manado Sulawesi Utara didirikan pada tahun 2017 yang menjual beberapa makanan khas Manado yaitu Cakalang Fufu dan Sambal Roa. Makanan ini sempat dipasarkan di Jakarta dan digandrungi banyak kalangan tetapi sempat tidak dipasarkan lagi di tahun 2019 yang disebabkan beberapa faktor yaitu pengiriman yang belum efektif dan identitas visual yang kurang.

T The rise of local brand marketing at this time, especially tourism and culinary that will continue to grow makes SMEs (Micro and Small and Medium Enterprises) in various regions of Indonesia carry out various strategies so that the products they market are seen by many consumers, one of them is doing visual branding. According to Alina Wheeler (2013), branding is one of the disciplinary processes that builds awareness and extends consumer loyalty. Visual branding is a way for brands to show the identity and excellence that they have and influence the audience's perception and therefore visual branding is very important to determine the brand of each product. If the message conveyed by a brand does not match the value of the product and the brand itself, then the audience will be confused to translate the intent of the brand and end up being ignored by the audience."Kazana: Cakalang Fufu" is one of the SMEs originating from Manado, North Sulawesi, established in 2017, which sells several special foods of Manado, namely Cakalang Fufu and Sambal Roa. This food was marketed in Jakarta and loved by many groups but was not marketed again in 2019 due to several factors, namely ineffective shipping and lack of visual identity.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?