DETAIL KOLEKSI

Kajian iklan televisi Xl Axiata bertajuk serba seribu versi halte


Oleh : Oktoverano H.Lengkong

Info Katalog

Nomor Panggil : 0024/T/2013

Subyek : Advertising as communication - Marketing;Creativity in advertising

Penerbit : FSRD - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2013

Pembimbing 1 : Agung Eko Budi Waspada

Kata Kunci : semiotics, XL, sign system, meaning.


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 2013_TS_MDP_191110019_Halaman-judul.pdf 806.08
2. 2013_TS_MDP_191110019_Bab-1.pdf 222.28
3. 2013_TS_MDP_191110019_Bab-2.pdf 1126.59
4. 2013_TS_MDP_191110019_Bab-3.pdf 270.97
5. 2013_TS_MDP_191110019_Bab-4.pdf 1337.91
6. 2013_TS_MDP_191110019_Bab-5.pdf 153.34
7. 2013_TS_MDP_191110019_Daftar-pustaka.pdf 172.88

T Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui makna – makna apa yang terkandung dalam lambang-lambang komunikasi pada iklan xl “serba seribu – versi halte” di media televisi, serta Penulis juga memperoleh penjelasan, bagaimana cara pesan – pesan yang disampaikan melalui isi pesan iklan XL “serba seribu-versi halte”Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisa semiotika. Sebagai sebuah penelitian deskriptif, penelitian ini hanya memaparkan situasi atau wacana, tidak mencari hubungan, tidak menguji hipotesis atau membuat prediksi. Data dalam penelitian ini adalah data kualitatif (data yang bersifat tanpa angka – angka atau bilangan), sehingga data bersifat kategori substansif yang kemudian diinterpretasikan dengan rujukan, acuan, danreferensi – referensi ilmiah.Dalam analisis data, penulis menggunakan sistem tatanan kedua yang dikemukakan olehRoland Barthes yang merupakan pengikut Saussurean yang berpandangan bahwa sebuah sistem tanda yang mencerminkan asumsi-asumsi dari suatu masyarakat tertentu dalam waktu tertentu.Semiotik, atau dalam istilah Barthes semiologi, pada dasarnya hendak mempelajari bagaimana kemanusiaan (humanity) memaknai hal-hal (things). Memaknai (to sinify) dalam hal ini tidak dapat dicampuradukkan dengan mengkomunikasikan (to communicate).Dari analisis yang telah dilakukan, dapat disimpulkan, makna pesan dari iklan XL “serbaseribu- versi halte” adalah operator XL memberikan kesan kepada masyarakat bahwa XL sangat peduli kepada masyarakat dalam hal komunikasi. Dengan cara memberikan layanan atau fitur paket yang murah untuk mengirim pesan singkat. Kesan yang ditanam ini dari pandangan penulis dinilai sukses karena mampu menyedot perhatian dari masyarakat. Dalam iklan ini ada satu bagian yang akhirnya sangat popular yaitu penggunaan bahasa yang diplesetkan, yaitu “ciyus miapah?” yangmembuat iklan ini begitu fenomenal.

T The purpose of this study was to find out the meaning - the meaning of what is containedin the symbols of communication in ad xl “serba seribu- versi halte”on television, and the authoralso obtain an explanation, how the message content of messages conveyed through advertisements XL.This type of research is descriptive qualitative research approach semiotic analysis. As adescriptive study, this study only describes the situation or discourse, not looking for arelationship, do not test hypotheses or make predictions. The data in this study is qualitative data(data that is without numbers), so the data is substantive categories are then interpreted by reference or scientific references.In the data analysis, the authors use a second order system proposed by Roland Bartheswho are followers of Saussurean’s, view that a system of signs that reflect the assumptions of a given society in a given time. Semiotic, or in terms of Barthes semiology, basically want to learn how humanity (humanity) to make sense of things (things). Meaning (to signify) in this case cannot be confused with communicating (to communicate).From the analysis result, it can be concluded, the meaning of the message of the ad XL"serba seribu-versi halte" is the operator XL gives the impression to the public that the XL is very caring to the community in terms of communication. By way of service or feature packs are cheap to send short messages. This planted the impression of the author considered a success because it can attract the attention of the public. In this ad there is a part that eventually verypopular, it is the use of language that spoofed, that say "ciyus miapah?" Which makes this ad sophenomenal.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?