DETAIL KOLEKSI

Analisis kinerja dengan metode balanced scorecard terhadap Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti


Oleh : Melliza Adisty

Info Katalog

Penerbit : FEB - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2012

Pembimbing 1 : Bambang Soedaryono

Subyek : Management - Accounting

Kata Kunci : balanced scorecard, financial perspective, customers perspective, business internal perspective, lea


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 2012_TA_AK_023080404_7.pdf 1492.74
2. 2012_TA_AK_023080404_6.pdf 781.8
3. 2012_TA_AK_023080404_5.pdf 901.48
4. 2012_TA_AK_023080404_4.pdf 833.66
5. 2012_TA_AK_023080404_3.pdf 967.51
6. 2012_TA_AK_023080404_2.pdf 812.86
7. 2012_TA_AK_023080404_1.pdf 1324.99

T Tujuan dari penelitian ini adalah : 1). Mengetahui kinerja Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti dengan menggunakan Balanced Scorecard. 2). Memberikan sebuah alternatif sistem pengukuran kinerja yang dapat memberikan pemahaman manajemen tentang kinerja secara tepat dan menyeluruh serta dapat diimplementasikan pada Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti. 3).Untuk memberikan nilai tambah bagi manajemen dalam pengukuran kinerja dengan menggunakan konsep Balanced Scorecard. Dalam hal ini metode yang dapat digunakan adalah Balanced Scorecard. Tujuan penggunaan metode Balanced Scorecard adalah untuk mengukur kinerja perusahaan dari empat perspektif, yaitu: perspektif pertumbuhan dan pembelajaran, perspektif proses bisnis internal, perspektif pelanggan, dan perspektif keuangan. Penulis melakukan pengukuran pada Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti dengan menggunakan data tahun 2008-2010 untuk menganalisis perspektif keuangan, sedangkan untuk perspektif lainnya menggunakan data perusahaan dan perhitungan kuesioner yang disebarkan kepada pelanggan dan karyawan Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti pada tahun berjalan. Dari hasil pengukuran yang telah dilakukan diketahui bahwa kinerja Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti secara keseluruhan sudah cukup baik, hal tersebut ditunjukkan dengan nilai Scorecard yang dihasilkan dari tiap-tiap perspektif. Kesimpulan yang dapat diambil melalui analisis yang sudah dilakukan adalah bahwa Balanced Scorecard merupakan metode yang terbaik dalam melakukan penilaian terhadap kinerja perusahaan, karena Balanced Scorecard mengangkat aspek-aspek penting yang diabaikan oleh pengukuran kinerja secara tradisional, seperti aspek sumber daya manusia, sistem yang digunakan dalam perusahaan, proses operasional, dan aspek kepuasan pelanggan, sehingga hasil pengukuran dengan Balanced Scorecard akan lebih akurat. Hasil pengukuran kinerja yang akurat sangat penting bagi manajemen, baik dalam proses perencanaan, pengambilan keputusan, dan pengendalian, serta dalam mewujudkan visi dan misi perusahaan.

T The purpose of this study is: 1). Determine the performance of the Faculty of Economics, Trisakti University by using the Balanced Scorecard. 2). Provide an alternative performance measurement system may provide an understanding of the management and rigorous performance and can be implemented at the Faculty of Economics, University of Trisakti. 3). To provide added value to the management of performance measurement using the Balanced Scorecard concept. In this case, the method which can be used is the Balanced Scorecard. The objective of the Balanced Scorecard method is to measure the performance of the company from four perspectives, namely: learning and growth perspective, internal business process perspective, customer perspective and financial perspective. The researcher conducted the research on Faculty of Economics of Trisakt i University using the data from 2008-2010 to analyze the financial perspective, while for other perspectives using company data and calculation of questionnaires distributed to customers and employees of Faculty of Economics of Trisakti University. The results of the research reveals that the overall performance of Faculty of Economics of Trisakti University is good enough, it is indicated by the value generated from the respective scorecards of each perspective. The conclusion that can be derived through the analysis is that the Balanced Scorecard is the best method in assessing the performance of the company, since the Balanced Scorecard raises the important aspects that are ignored by the traditional performance measurement, such as aspects of human resources, systems used in a corporation, operational processes, and aspects of customer satisfaction, so that the measurement results of the Balanced Scorecard is more accurate. Accurate performance measurement is very important for management, both in the process of planning, decision making, and controlling, and in realizing the vision and mission of the corporation.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?