DETAIL KOLEKSI

Usulan penerapan metode failure mode and effect analysis (FMEA) dan perancangan sistem pakar untuk mengidentifikasi kegagalan pada proses painting untuk kendaraan tipe CJ-M di PT. Karma Yudha Ratu Motor


Oleh : Sathya Ramadhani Putri

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2011

Pembimbing 1 : Dedy Sugiarto

Pembimbing 2 : Winnie Septiani

Subyek : Failure analysis (engineering);Manufacturing resource planning;Manufacturing processes - Data processing

Kata Kunci : failure mode and effect analysis, fmea, identifying failure, painting process, vehicle.


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 2011_TA_T_06307012_Halaman-Judul.pdf 6152.33
2. 2011_TA_T_06307012_Daftar-Pustaka.pdf 1001.01
3. 2011_TA_T_06307012_Lampiran.pdf 17821.16

P PT. Krama Yudha Ratu Motor merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam proses perakitan dalam pembuatan produk berjenis kendaraan niaga. Berdasarkan pengamatan dan pengumpulan data cacat produk CJ-M pada bulan januari-maret 2011, diketahui bahwa terdapat kegagalan terbesar pada proses Painting berlangsung yang mengakibatkan kecacatan, untuk mengatasi kegagalan tersebut dilakukan analisys dengan menggunakan penerapan metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) untuk menganalisis risiko kegagalan pada proses Painting. Tahapan yang dilakukan menentukan efek yang ditimbulkan pada produk, jenis kegagalan, penyebab, kontrol yang dilakukan dan upaya penanggulangan yang hams dilakukan untuk menanggulangi jenis kegagalan, kemudian dilakukan perhitungan nilai RPN dari perkalian nilai severity, occurrence dan detection. Setelah dilakukan tahapan FMEA yang merupakan modal awal untuk merancang sistem pakar akan dilakukan perancangan sistem pakar untuk membantu dalam menelusuri dan mengidentifikasi penyelesaian risiko kegagalan proses. Tahapan yang dilakukan proses identifikasi dan pemilihan, pakar yaitu kepala Trouble ShootingPainting dan Senior Engineering. Selanjutnya Akuisisi pengetahuan, representasi yang diawali dengan efek pada produk jadi, jenis kegagalan dan penyebab, lalu didapat kesimpulan yang berisi penyebab utama dan upaya penanggulangan berdasarkan tingkatan nilai Occurance. Kemudian tahapan mekanisme inferensi yang digunakan adalah Forward chaining dan teknik pelacakan yang digunakan adalah Depth-first search.

P PT. Krama Yudha Ratu Motor is one of companies which creating a diversified commercial vehicle products. Based on data from defective products CJ-M in January-March in 2011, it is known that the largest percentage of defects found in the process of Painting, it is known that there is a failure during the process of Painting that resulted percentage of disability, to overcome the failure, it is using an application method: Failure Mode and Effect Analysis (FMEA). The methods are used to analyze the risk of failure from any process that occurs in Painting process. Initial stages of determining the effects on the product, then, failure modes and causes, control and reduction efforts undertaken should be done to tackle the type of failure, then the calculation of RPN values of multiplication the severity, occurrence and detection. After a stage of FMEA which is the initial capital of designing expert systems will be designed an expert system to assist in tracking and identifying completion the risk of process failure. In the selection process of identifying problems and the selection of experts, these chosen experts are chief Trouble Shooting Painting and Senior Engineering. Further acquisition of knowledge, then the representation that begins with the effects that occur on the finished product, then the type of failure and the cause, then obtained a conclusion that contains the main cause and the prevention efforts based on the level of value Occurance. Later stages of the nference mechanism used is forward chaining and tracking techniques used is Depth-first search.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?