DETAIL KOLEKSI

Perbaikan kualitas layanan pendidikan SMA Global Islamic School dengan pendekatan metode quality function deployment (QFD)


Oleh : Alvira Masya

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2020

Pembimbing 1 : Triwulandari

Subyek : Personnel service in education;School - Management

Kata Kunci : service quality , quality function deployment, analytical hierarchy process


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 2020_TA_STI_063001600098_Halaman-Judul.pdf 840.85
2. 2020_TA_STI_063001600098_Lembar-Pengesahan.pdf 204.67
3. 2020_TA_STI_063001600098_Bab-1_Pendahuluan.pdf 235.53
4. 2020_TA_STI_063001600098_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf 831.41
5. 2020_TA_STI_063001600098_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf 626.95
6. 2020_TA_STI_063001600098_Bab-4_Analisis-dan-Pembahasan.pdf 7078.33
7. 2020_TA_STI_063001600098_Bab-5_Kesimpulan.pdf 119.38
8. 2020_TA_STI_0636001600098_Daftar-Pustaka.pdf 181.44
9. 2020_TA_STI_063001600098_Lampiran.pdf 3460.2

S SMA Global Islamic School (GIS) merupakan sekolah nasional bertaraf internasional yang mengimplementasikan dasar-dasar ajaran islam sebagai budaya sekolah. Sebagai salah satu institusi pendidikan di DKI Jakarta, untuk dapatmeningkatkan pangsa pasarnya SMA GIS harus meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan berdasarkan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Pelayananpendidikan telah dilakukan sebagaimana mestinya, namun tidak seluruh pelayanan yang diberikan telah direspon baik oleh siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi atribut pelayanan yang dibutuhkan siswa dengan menggunakan metode Service Quality, menentukan respon teknis untuk atribut layanan yang akan diperbaiki dengan menggunakan metode Quality Function Deployment dan menentukan prioritas respon teknis sebagai usulan perbaikan kualitas pelayanan pendidikan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process. Metode Servqual digunakan untuk menentukan nilai gap, diperoleh rata-ratanilai gap tertinggi yaitu pada dimensi emphaty dengan nilai sebesar -0.36 danteridentifikasi 8 dari 35 atribut layanan pendidikan yang harus diperbaikikualitasnya. Selanjutnya mengembangkan House of Quality pada metode QFD.Integrasi metode QFD dengan AHP diperoleh hasil berupa prioritas respon teknistertinggi yaitu pendidikan dan pelatihan tenaga pendidik dengan bobot 0.293(29.3%). Rancangan usulan perbaikan yang diberikan adalah (1) pendidikan dan pelatihan tenaga pendidik, (2) pengembangan bahan ajar dan kegiatan pembelajaran dan (3) perbaikan website sekolah.

G Global Islamic School (GIS) Senior High is a national school that implements theprinciples of Islamic teachings as a school culture. As one of the educationalinstitutions in DKI Jakarta, to be able to increase its market share, SMA GIS mustimprove the quality of services provided based on the needs and desires ofcustomers. Educational services have been carried out as they should, but not allservices provided have been responded well by students. The purpose of this studyis to identify the service attributes needed by students using the Service Qualitymethod, determine the technical response to service attributes to be improved byusing the Quality Function Deployment method and determine the priority of thetechnical response as a proposed improvement in the quality of educationalservices using the Analytical Hierarchy Process method. The Servqual method isused to determine the gap value, the highest average gap value is obtained on theempathy dimension with a value of -0.36 and identified 8 out of 35 attributes ofeducation services that must be improved in quality. Furthermore, developing theHouse of Quality in the QFD method. The integration of the QFD method withthe AHP obtained results in the form of the highest priority technical response,the education and training of educators with a weight of 0.293 (29.3%). Theproposed improvement proposals given are (1) education and training ofeducators, (2) development of teaching materials and learning activities and (3)improve the school website

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?