DETAIL KOLEKSI

Analisa faktor yang mempengaruhi preferensi nasabah dalam memilih menggunakan Bank Syariah


Oleh : Niken Purbasari

Info Katalog

File Jurnal : 00000000000000016160.pdf

Nomor Panggil : 2019_TA_AK_0231252128

Penerbit : FEB - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2019

Pembimbing 1 : Slamet Wiyono

Subyek : Banks and banking - Islam;Consumer behavior

Kata Kunci : religious, social, service, location, product, preference, affect, using islamic bank

P Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari faktor agama, sosial, pelayanan, produk, dan lokasi terhadap preferensi nasabah dalam memilih untuk menggunakan bank syariah. Penelitian ini menggunakan data primer yang mana menggunakan kuesioner sebagai sarana pengumpulan data. Kuesioner ini menggunakan nasabah bank syariah di Tangerang Selatan sebagai respondennya. Pengambilan sampelnya menggunakan metode convinience yang mana mudah dilakukan. Penelitian ini menggunakan 104 responden yang akan dianalisis dengan uji t dan regresi berganda dengan menggunakan software SPSS 25.Dapat disimpulkan bahwa agama, produk, lokasi dan pelayanan berpengaruh signifikan terhadap preferensi nasabah dalam memilih bank syariah secara parsial. Sementara variable sosial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap preferensi nasabah dalam memilih bank syariah.Penelitian ini memiliki keterbatasan yang mana terbatasnya faktor-faktor yang menjadi variabel penelitian tidak menggunakan semua faktor yang ada di lapangan, jurnal yang digunakan pun tidak banyak didapatkan oleh penulis, dan jawaban responden yang kurang untuk mencerminkan keadaan sebenarnya.Impilikasi praktis penelitian ini diharapkan bisa membantu marketing bank syariah dalam mendapatkan nasabah.Implikasi dari teoritis penelitian ini adalah memperkuat teori dari variabel agama, lokasi, pelayanan dan produk tetapi tidak memperkuat teori untuk variabel sosial. Diharapkan peneliti selanjutnya dapat membuat penelitian dengan variabel yang lebih banyak.

T This study aims to determine the affect of religious, social, service, product and location on customer preferences for choosing tu use islamic bank. This study use primary data which questionnaire use as data colection. This questionnaire using islamic bank customer at South Tangerang as respondent. The sampling method use convenience method which easy to use. This study use 104 people as respondent and analyzed by t test dan multiple regression using SPSS 25 as software.In conclusion that religious, product, location, and service affect significantly as partialy costumer preferences in choosing to use islamic bank. Then social variable not affect significantly customer preferences in choosing to use islamic bank. This study has limitation where factors that use to this reasearch not cover all factors in real life, writer can’t get many journal for this study. Last limitation is the answer from respondent can’t describe the real circumstances. Practice implication from this study is can help islamic bank marketer to provide customer, and theory impilication is strengthen theory for religious, location, service, and product variable but not for the social variable. For the next reasearcher can make reasearch with more variable that can tell the real circumstamces.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?