DETAIL KOLEKSI

Analisis pondasi jembatan dengan menambahkan jangkar tiang tegak lurus pada jembatan cisomang tol purbaleunyi


Oleh : Muhammad Zaidi

Info Katalog

Penerbit : FTSP - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2017

Pembimbing 1 : Tjahja Husada

Pembimbing 2 : Christy Anandha

Subyek : Carrying capacity;Horizontal loads - Cisomang bridges

Kata Kunci : bridges, anchors, highway purbaleunyi


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 2017_TA_SP_05112066_Halaman-Judul.pdf 2230.6
2. 2017_TA_SP_05112066_Bab-1.pdf 1162.48
3. 2017_TA_SP_05112066_Bab-2.pdf 4832.94
4. 2017_TA_SP_05112066_Bab-3.pdf 1068.05
5. 2017_TA_SP_05112066_Bab-4.pdf 3825.37
6. 2017_TA_SP_05112066_Bab-5.pdf 821.56
7. 2017_TA_SP_05112066_Daftar-Pustaka.pdf 145.79
8. 2017_TA_SP_05112066_Lampiran.pdf 537.6

J Jembatan merupakan salah satu bagian terpenting dalam sistem transportasi darat. Maka jembatan harus dibuat cukup kuat dan tidak mudah rusak Kerusakan jembatan terutama struktur bagian bawah seperti pangkal jembatan, pilar dan pondasi akan berakibat fatal terhadap struktur jembatan. Pondasi harus dapat menahan beban horizontal yang timbul akibat tekanan tanah. Pada analisa Jembatan Cisomang ditinjau pondasi di tiang titik P0 dengan penambahan jangkar untuk menahan beban horizontal. Jenis pondasi yang digunakan adalah pondasi tiang bor. Langkah awal yang dilakukan adalah menghitung beban horizontal yang timbul akibat tekanan tanah seperti penurunan air tanah secara tiba-tiba. Dari hasil perhitungan, beban horizontal yang timbul sebesar 43,33 tonf. Langkah kedua yang dilakukan adalah menganalisis daya dukung tekan dari hasil uji N-SPT dengan nilai daya dukung tekan sebesar 516 tonf pada pondasi utama, dengan diameter tiang sebesar 120 cm dan kedalaman 30 m. Setelah itu, langkah selanjutnya adalah meninjau pondasi jangkar dengan menghitung nilai daya dukung lateral, dengan keadaan tanah stiff. Didapat nilai daya dukung sebesar 49.66 tonf dengan jenis pondasi yang digunakan pondasi tiang bor diameter 120 cm dan kedalaman 21 m, sehingga diperoleh jumlah pondasi sebanyak 2 tiang.

B Bridge is one of the most important parts of the land transportation system. So that should be built strong enough and not easily damaged. Damage to bridges, especially the structure of the bottom as abutments, pillars and foundation will be fatal to the bridge structure. The foundation must be able to withstand horizontal loads resulting from earth pressure. In reviewing the analysis Cisomang Bridge pile foundation at point P0 and the foundation added anchor to withstand horizontal loads. The type of foundation used is the foundation pile. The first step is to calculate the horizontal loads resulting from earth pressure as a decrease in ground water suddenly. From the calculation result, the horizontal load is 43,33 tonf. The second step is analyzing the compressive carrying capacity of the N-SPT test with the value of push support capacity of 516 tonf on the main foundation, with a pile diameter of 120 cm and depth of 30 m. After that, the next step is to review the anchors foundation to calculate the lateral bearing capacity, with a stiff soil conditions. The value of carrying capacity of 49.66 tonf with the type of foundation used is a pile diameter of 120 cm and depth of 21 m, so it can get 2 piles.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?