DETAIL KOLEKSI

Faktor-faktor yang mempengaruhi profitabilitas pada industri bahan dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia


Oleh : Tedy Hermawan

Info Katalog

Nomor Panggil : 2015_TA_MJ_022100087

Penerbit : FEB - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2015

Pembimbing 1 : H. Bahtiar Usman

Subyek : Profitability;Financial management;Asset efficiency

Kata Kunci : profitability, return on asset, earnig per share, firm size, liquidity


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 2015_TA_MJ_022100087-Halaman-Judul.pdf 6515.68

P Penelitian ini membahas faktor – faktor yang mempengaruhi profitabilitas pada perusahaan industri bahan dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel yang digunakan sebanyak 36 perusahaan yang bergerak pada dalam industri sektor bahan dasar dan kimia yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama lima tahun dari 2009-2013. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis regresi linier. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif antara firm size terhadap profitabilitas yang diukur dengan return on asset. Serta terdapat pengaruh positif antara asset efficiency terhadap profitabilitas yang diukur dengan return on asset. Serta terdapat pengaruh negatif antara leverage terhadap profitabilitas yang diukur dengan return on asset. Serta terdapat pengaruh positif antara liquidity terhadap profitabilitas yang diukur dengan earning per share. Serta terdapat pengaruh negatif antara institutional ownership terhadap profitabilitas yang diukur dengan earning per share. Hasil tersebut mengindikasikan bahwa jika manajer keuangan ingin meningkatkan profitabilitas perusahaan dapat mempertimbangkan faktor – faktor yang mempengaruhi seperti firm size, liquidity, asset efficiency, leverage, dan institutional ownership.

P Penelitian ini membahas faktor - faktor yang mempengaruhi profitabilitas pada perusahaan industri bahan baku dan barang yang berada di Bursa Efek Indonesia. Sampel yang digunakan sebanyak 36 perusahaan yang bergerak pada industri bahan kimia dan bahan yang berada di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama lima tahun dari 2009-2013. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif antara. Terhadap laba. Serta ada pengaruh positif antara. Terhadap profitabilitas yang diukur dengan return on asset. Serta ada pengaruh negatif antara leverage terhadap profitabilitas yang diukur dengan return on asset. Serta ada pengaruh positif antara likuiditas terhadap profitabilitas yang diukur dengan earning per share. Serta ada pengaruh negatif antara kepemilikan institusional terhadap profitabilitas yang diukur dengan earning per share. Hasil tersebut dapat dimiliki jika manajer keuangan ingin meningkatkan profitabilitas perusahaan dapat faktor - faktor yang mempengaruhi ukuran perusahaan, likuiditas, efisiensi aset, leverage, dan kepemilikan institusional.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?