DETAIL KOLEKSI

Kajian spektrum frekuensi kebisingan yang di akibatkan oleh sumber lalu lintas di dua lokasi pemukiman kota Bogor


Oleh : Farah Diba

Info Katalog

Penerbit : FALTL - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2005

Pembimbing 1 : Sintorini M.

Pembimbing 2 : Wisnu Eka Y

Subyek : Traffic noise;Transportation - Environmental aspects.

Kata Kunci : traffic, residential areas of Bogor, noise frequency spectrum


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 2005_TA_TL_08297022_Halaman-Judul.pdf 7486.28
2. 2005_TA_TL_08297022_Bab-1.pdf 2085.6
3. 2005_TA_TL_08297022_Bab-2.pdf 6565.93
4. 2005_TA_TL_08297022_Bab-3.pdf 2967.01
5. 2005_TA_TL_08297022_Bab-4.pdf 12598.23
6. 2005_TA_TL_08297022_Bab-5.pdf 1302.23
7. 2005_TA_TL_08297022_Daftar-Pustaka.pdf 1111.39
8. 2005_TA_TL_08297022_Lampiran.pdf 75336.16

K Kata bogor merupakan kota lama yang ditata sejak jaman Belanda oleh seorang Planner dari Inggris bernama Carsen yang difungsikan sebagai ''BUITENZORG" yang artinya "tempat peristirahatan". Oleh karena itu untuk menjaga kenyamanan dan kelestarian lingkungan pemukiman, diperlukan usaha-usaha manusia yang bertujuan untuk meminimumkan dampak negatif tersebut, terutama kebisingan. Untuk itu dibutuhkan pengukuran spektrum frekuensi yang diakibatkan oleh sumber lalu lintas di kota Bogar. Dengan adanya pengukuran yang dilakukan secara kontinyu selama 1 minggu tersebut, maka dapat diketahui sejauh mana kebisingan tersebut mengganggu lingkungan masyarakat.Doelle• (1993) menyatakan bunyi adalah sensasi pendengaran yang melewati telinga dan timbul karena penyimpangan tekanan udara.Frekuensi adalah jumlah getaran per satuan waktu, satuannya adalah Hertz (Hz). Telinga normal manusia dapat mendengar bunyi antara 20 sampai 20.000 Hz. Pertumbuhan transportasi darat yang semakin pesat menimbulkan bising yang cukup tinggi. Bukan hanya di kota-kota besar, tetapi pada masa yang akan datang akan dialami pada daerah pedesaan. Lalu lintas di jalan raya terdiri dari berbagai model, bentuk dan tahun pembuatannya. Kebisingan lalu lintas terasa semakin mengganggu dan semakin luas pengaruhnya karena peningkatan jumlah pemakainya.Penelitian dilakukan untuk mengumpulkan data tentang spektrum frekuensi kebisingan pada kawasan pemukiman dengan demikian dapat ditentukan spektrum kebisingan tertinggi dan terendah yang terjadi. Lokasi pengukuran dilakukan di kota Bogar. Lokasi tersebut dipilih berdasarkan pertimbangan sebagai berikut : . a) Pertimbangan keamanan peralatan yang terpasang karena pengukuran dilakukan selama 24 jam dengan lamanya pengukuran selama 1 minggu secara kontinyu. b) Kemudahan permohonan izin untuk penempatan alat. c) Posisi bangunan yang dekat dengan jalan raya.Jenis kendaraan yang merupakan sumber bising di pemukiman 1 adalah Mini Bus, Motor,Truk/Bus Besar sedangkan jenis kendaraan yang merupakan sumber bising di pemukiman 2 adalah Sedan dan Motor. Leq di pemukiman 1 maupun di pemukiman 2 pada umumnya masih berada di batas normal dapat diterima (dibawah 74 dB). Sedangkan Lsm di dua pemukiman tersebut sudah melebihi baku mutu Kep MENLH No.48/11/1996 kawasan pemukiman 55 dBA.Sebaiknya untuk kamar yang berhadapan jalan raya, disarankan untuk menanam tanaman atau memasang partisi jendela yang dapat menyerap bising.

T Town of bogor represent old town which arranged since Dutch era by a Planner of so called English of functioned Carsen as 11 BUITENZORG 11 with the meaning11 resort 11• Therefore to take care of freshment and continuity of settlement environment, needed by the effort human being with aim to minimize negative impact, especially noise. Is for that required by measurement of resulted from frequency spectrum the• source of traffic in town of Bogar. With existence of conducted measurement by continue during 1 week, hence can know how far the noise bother society environment.Doelle ( 1993) expressing sound is hearing sensation passing ear and arisingfrom deviation of pressure of air . Frequency is the amount of vibration per set of time, set of it is Hertz (Hz). Normal Ear of human being can hear sound between 20 until20.000 Hz. Growth of land transportation which fast to progressively generate noise which high enough. Not merely in metropoliss, but at a period of to come will experienceat rural area. Traffic roadway consists of various models, its making year and form. Noise of traffic felt progressively bother and progressively wide of its influence because make-up of the amount of its user.Research conducted to collect data about noise frequency spectrum atsettlement area thereby can be determined by highest noise spectrum and lower that happened. Measurement location conducted in town of Bogar. The Location selected pursuant to the following consideration : a) Consideration of attached equipments security because measurement conducted by during 24 hour with the duration measurement during 1 week by continue. b) Amenity of application of permit for the location of appliance. c) Position building which close to roadway. Vehicle type representing the source of noise in settlement 1 is Mini bus, Motor,Truck / Big bus whileVehicle type representing the source of noise in settlement 2 is Sedan and Motor.Leq in settlement 1 and settlement 2 in general still reside in normal boundary can be accepted below 74 dB. While Lsm in two the settlement have exceeded standard quality of Piece of MENLH No.48/11/1996 settlement area 55 dBA. Assess Leq in settlement 2 higher in comparison with settlement 1. Better for room chamber which look out on roadway, suggested to plant crop or install window partisi able to permeate noise.As recommendation, for room that look out on the highway,it is better to have any plants as noise absorber.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?